Cara Membuat Tulisan SEO Friendly
Rabu, 6 Februari 2019
Add Comment
Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun hanya akibat masih ada di pencarian masih dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dari master Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam sebuah penulisan yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi situs kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas isi dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, walaupun tanpa memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara penulisan artikel SEO Sobat, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.
Ini kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Kejadian yang sering terjadi di blog lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku alasannya melihat dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
Misalnya contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan ketika membuat ide artikel karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan not readable dan aneh saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Mungkin sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut kurang efektif.
Maksud admin yaitu tulisan yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp blognya turun kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog kawan sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kamu menjual sesuatu).
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah tulisan.
kamu malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kamu sedang membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain kalau anda menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. anda juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.
Namun pada prakteknya, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Terkadang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor bingung dan langsung pergi karena artikel yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ide terpenting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu konten.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama artikel itu.
Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, sobat bisa memasukkan keyword anda di meta deskripsi kalau user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet pada google.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan membaca artikel kita.
Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada mesin yang melakukan crawling di konten tersebut.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak duplikat dengan gambar yang anda download tersebut. Jika harus, kawan juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web .
Tambah menarik informasi yang kawan sajikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek konten anda sebagai artikel yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.
Inonasi Keyword ini membuat artikel kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan mampu bertahan di page one. Misalnya pada tulisan yang admin buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan alat supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu wajar, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page konten kalian hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, apalagi si raksasa Google memakai berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu dapat merajai page one.
Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun hanya akibat masih ada di pencarian masih dipakai. Banyak faktor yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting
Dari master Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
Related
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi dasar dalam sebuah penulisan yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine milik google.
Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi situs kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas isi dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, walaupun tanpa memakai produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun cara penulisan artikel SEO Sobat, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan user experience? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword pada Judul Artikel
Ini kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Kejadian yang sering terjadi di blog lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku alasannya melihat dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung
Misalnya contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan ketika membuat ide artikel karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan not readable dan aneh saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Mungkin sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Anda memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan tapi kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut kurang efektif.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Maksud admin yaitu tulisan yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam artikel
Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar yang Sesuai
Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp blognya turun kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog kawan sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kamu menjual sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah tulisan.
kamu malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).
Simak Penjelasan berikut ini
Contoh, kamu sedang membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain kalau anda menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kalian bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. anda juga dapat menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada tulisan kita.
Namun pada prakteknya, banyak yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Terkadang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor bingung dan langsung pergi karena artikel yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ide terpenting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu konten.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama artikel itu.
Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, sobat bisa memasukkan keyword anda di meta deskripsi kalau user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet pada google.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan membaca artikel kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada mesin yang melakukan crawling di konten tersebut.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak duplikat dengan gambar yang anda download tersebut. Jika harus, kawan juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web .
14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kawan sajikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek konten anda sebagai artikel yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.
Inonasi Keyword ini membuat artikel kalian menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih
Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan mampu bertahan di page one. Misalnya pada tulisan yang admin buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan alat supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang kita lakukan pada tulisan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu wajar, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page konten kalian hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, apalagi si raksasa Google memakai berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu dapat merajai page one.
0 Response to "Cara Membuat Tulisan SEO Friendly"
Catat Ulasan