16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya bisa digunakan dan seringkali trik bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, di bawah ini adalah cara membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita masukkan sebagai poin paling penting karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab selain kendali kita sebagai penulis konten. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon pengguna saat mereka menjelajahi blog sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, semakin lama dan enjoy mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tanpa menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun cara penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword perlu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku intinya kata pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat judul artikel sebab jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, akan terkesan kurang ciamik dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Jika sobat user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk SEO.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine biasanya melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar menulis artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda ulas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap artikel malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Sesuai


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Karena takut Serp blognya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda untuk web-web authority yang sesuai dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog anda sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau kamu merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari sebuah tulisan.

kamu malah harus waspada jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, sobat lagi membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kawan bisa menambahkan kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Serupa di atas, jika sobat menuju keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau anda bisa memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di artikel kamu.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, namun dari pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung silau dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ide paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu halaman.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, kalian bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang melakukan crawling di artikel itu.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kalian menggunakan image dari Google, pastikan mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak duplikat dengan gambar yang kamu download itu. Jika harus, sobat juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping image agar file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda ulas, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan sobat menjadikannya artikel yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten anda menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator konten yang modern


Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa membuat ribuan konten bukan copas dan mantap bersaing menempati pejwan. Seperti pada artikel yang admin buat ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai alat keren ini.

Namun untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang saya buat pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan anda cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google dengan berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan sobat bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel