12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi karena masih nongkrong di pencarian tetap digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan cara menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kami tuliskan sebagai poin dasar karena kami anggap sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat website kita. So, tidak heran jika UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing website kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing sobat, meski tanpa memakai alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun cara penulisan tulisan SEO Sobat, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Seringnya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun judul konten karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan sulit terbaca dan aneh saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Jika Anda pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda bersikeras membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu tersebut tidak akan tepat.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar poin yang anda ulas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap postnya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap post malah memudahkan pembaca sebaiknya buat saja.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Kalau ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena takut ranking blognya turun jika memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu untuk web-web authority yang sesuai dengan isi artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs sobat sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

External link ke situs yang berkaitan dengan topik bahasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu merekomendasikan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk menilai nilai dari suatu postingan.

kamu malah wajib waspada jika tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kalian sedang membuat tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Serupa di atas, jika sobat menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik jika kalian bisa mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kawan juga dapat menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada tulisan kita.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat membingungkan.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan ide paling penting pada suatu halaman website.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu halaman.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan itu.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, kamu bisa menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pemakai wp sering menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan membaca tulisan yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada mesin yang melakukan crawling pada konten tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian memakai image berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image sobat tidak sama dengan gambar yang sobat download tersebut. Jika perlu, kamu juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit editan gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu berikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel sobat sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara terpisah di satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat creator artikel yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada konten yang kita posting ini, kita melansir artikel rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik memakai alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat kamu membuat artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada postingan ini. Jika kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu bagus, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten anda bisa merajai page one.

0 Response to "12 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata..."

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel