12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Cara penulisan artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, namun hanya akibat masih nongkrong di page one masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dibuat master Seo, di bawah ini merupakan trik membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu penulisan yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab selain kontrol kamu sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi website kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing user, meski tanpa menggunakan properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun teknik pembuatan artikel SEO Sobat, jika tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Ini perlu dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Kejadian yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin baik pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke poin pertama, tergantung dari user experiencenya.

Kalau Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu bersikeras menulis artikel dengan banyak kata cuma untuk memenuhi target SEO (diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian merasa 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang memberi saran tidak update pengalaman SEOnya.

Lihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang salah kaprah masalah ini. Karena takut Serp webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs kamu sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau kawan menjual sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk menilai nilai dari sebuah tulisan.

kamu malah kudu berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Misal, kawan sedang menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kawan dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Contoh lain jika anda membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya jika kawan bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. sobat juga bisa menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi pada prakteknya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk segi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor silau dan cepat-cepat mencari website lain akibat konten yang dibaca tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan gagasan paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu artikel.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama konten itu.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang indah.

Agar tidak menggangu, sobat bisa memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata...

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada robot yang bekerja indeking pada artikel itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kalian menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang anda unduh tersebut. Jika bisa, kalian juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit potongan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat berikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi artikel sobat sebagai postingan yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan konten kawan menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan konten unik dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang admin buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat tulisan dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang admin lakukan pada konten ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu baik, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten anda hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin tidak terbantahkan, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kawan bisa merajai page one.

0 Response to "12 Trik Menulis Tulisan SEO Friendly, Ternyata..."

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel