3 Hal yang mempengaruhi CPC dan CPM Naik

Berikut ini adalah tiga hal yang membuat CPC atau cpm Adsense itu naik atau turun. Apa saya sampaikan ini berdasarkan langsung dari Jenny dari Adsense. Jadi ada tiga hal yang membuat CPC Indonesia atau cpm jadi naik. Tentunya ketika CPC naik maka pendapatan atau penghasilan sebagai publisher Adsense Bu naik ya kan ketika turun yang miris hasilnya apalagi kalau targetnya Indo. Jadi mulai sekarang kalau kamu publisher Adsense dengan target indonesia ada baiknya juga memperhatikan hal-hal agar CPC tetap stabil.

Yang pertama adalah perubahan permintaan dari advertiser. 

Yang pertama diperhatikan dari perubahan permintaan advertiser ini adalah musim. Saya Gambarkan dengan bulan Januari. bulan Januari Ini adalah bulan pertama, jadi wajar saja lah kalau pada bulan Januari atau Pebruari itu  cPC pasti turun. Saya bilang turun itu maksudnya dibandingkan dengan bulan Desember tapi kalau dibandingkan dengan bulan Januari atau Februari tahun lalu belum tentu. Bandingkan nya itu dengan bulan Januari atau Februari tahun lalu baru bisa dibilang turun.

Untuk negara Indonesia termasuknya memiliki CPC yang besar dibanding dengan negara lain yang sama-sama buat, jangan dibandingkan dengan negara developer seperti US, UK beda dong.

Bandingkan CPC itu bukan dengan bulan Desember tetapi dengan bulan Januari pada tahun lalu ada peningkatan atau tidak. Peninggalan dengan bulan Desember sudah pasti berbeda-beda karena apa banyak orang menghabiskan anggaran untuk iklan. Beda juga dengan bulan puasa. Pasti cPC,  juga beda lagi. Karena pada bulan ini banyak pengiklan yang  menggelontorkan anggarannya untuk adSense.

Selain itu ada juga pada liburan anak sekolah itu juga pasti cPC naik. Dan bocorannya nih, perusahaan Indonesia itu membuat anggaran untuk iklan itu pada bulan Januari dan Februari sehingga ketika pada bulan itu anggarannya belum jadi ini kata Jeni bukan kata saya jadi tentu saja CPCnya turun karena bidnya sedikit yang isi.


Pertimbangan advertiser antara lain adalah ukuran iklan, dan view  ability yang tinggi, dan target yang sesuai dengan advertiser itu sendiri

Jadi Intinya kamu harus tahu kamu buat blog untuk siapa targetnya untuk siapa cocoknya pada musim apa itu kamu harus tahu. Karena tidak mungkin setiap tahun CPC  itu selalu di atas. Kamu mempunyai blog yang banyak. Atau target yang banyak. Tapi bukan berarti blog kamu bukan gado-gado. Karena blog gado-gado bingung targetnya mau diisi apa iklannya nggak jelas. Gado-gado nyangkut nya sedikit nggak apa-apa. Jangan kamu bahas bunga tiba-tiba posting game. Nyambung bunga untuk cewek game untuk cowok nanti targetnya nggak jelas.

Dan pastikan satu bulan  sebelum musim yang kamu target, kamu sudah optimal sehingga CPCNYA akan naik bro.


Yang kedua, perubahan pemirsa blog kamu. 

Karena perubahan perilaku user itu juga mempengaruhi CPC untuk situs kamu. Saya Gambarkan misalkan kamu udah punya situs yang berusia 10 tahun. Dan masih ada yang loyal ke situs Kamu setiap hari berkunjung, dulu tentu dia berumur 10 tahun atau 14 tahun nah sekarang dia sudah berumur 20 atau 24 tahun. Tentunya hal ini mempengaruhi. Dulu nggak suka shopping online sekarang jadi suka. Perubahan perilaku ini bisa jadi mempengaruhi iklan yang tertarget oleh advertiser.

Selain itu yang diperhatikan dari CPC adalah profilnya user, umur  user, lokasi user.


Yang ketiga, perubahan Supply Publisher 

Yang mempengaruhi adalah kompetisi dari publisher itu sendiri. Semakin banyak publiser hati harganya semakin murah harga iklannya.

Semakin kecil VIEW abilitynya berarti semakin murah iklan yang muncul.

Semakin buruk kontennya semakin murah iklan yang muncul. Konten yang bagus itu seperti apa sih? Konten yang bagus itu, konten yang membuat betah orang yang membacanya. Dari konten yang tidak bagus konten copas, konten robot, content Scraper, tingginya BOUNCE RATE (baru dibuka langsung ditutup, itu namanya Bounce rate). Dan itu mempengaruhi cpc. Jadi intinya semakin betah orang di blog kamu maka nilai CPC nya semakin tinggi.

Untuk menggambarkan naiknya CPC  itu bisa digambarkan dengan dua apel dan 5 pembeli. Tentu harga Apple akan lebih mahal dibanding ada 5 apel dan 2 pembeli. Itu kan prinsip ekonomi.

Oke sekian dulu postingan dari saya tentang hal-hal yang mempengaruhi naik turunnya CPC atau BPK atau cpm. Terima kasih sudah berkunjung jangan lupa untuk share, agar semakin banyak orang yang tahu. Yang setidaknya sedekah dengan cara itu. Terima kasih yang sudah mau share dengan klik share di tombol media sosial sampai bertemu lagi.

3 Responses to "3 Hal yang mempengaruhi CPC dan CPM Naik"

  1. Mantap mas. Makasih artikelnya. Bounce rate 33.33 % untuk nche gado2 wajar kah? Akhir2 ini bpk saya stabil tinggi. Tapi satya malah rada was was. Normal atau enggaknya. Hehe

    BalasPadam
  2. BPK tinggi berarti kontennya bagus. Visitor suka dengna artikelnya jadi CPMnya tinggi imbasnya CPC naik... GOd Job.. bounce ratenya bisa diperkecil dengan template yang lebih cepat /AMP. Tapi angka tersebut termasuknya si dah kecil :D

    BalasPadam
  3. wah, terimakasih ilmunya ya gan, ini sangat membantu saya dalam duni adsense, kebetulan sy sdh lama terjun di dunia adsenese, akan tetapi blm bisa pay out tiap bulan!

    BalasPadam

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel