Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Teknik penulisan artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan ada beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dibuat pakar Seo, di bawah ini merupakan cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kita masukkan sebagai poin paling penting karena admin anggap sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.
 Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience mustahil dibuat buat sebab diluar kendali kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini adalah aktivitas dan respon pembaca saat mereka surfing blog kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang user klik, dan sebagainya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tanpa menggunakan produk mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun trik menulis artikel SEO Kawan, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua title agar masih enak dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Biasanya blog lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada judul artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.

3. Pakailah Title yang Mengundang Klik


Seperti contoh kasus di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat title artikel sebab kalau dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan sulit terbaca dan kaku saat dibaca. Namun kalau dibuat menjadi judul yang readable dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Tidak sulit jika Anda user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk mengganti judul artikel. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk pencarian google ini tetap enak dibaca karena nantinya pembaca dari search engine biasanya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Kalau judul sobat kaku dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik pula peringkatnya di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika Anda bersikeras menulis tulisan panjang cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut kurang efektif.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda ulas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kalian yakin 10 internal link per artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Relevan


Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Karena takut peringkat blognya turun jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link kawan ke situs terpercaya yang relevan dengan topik artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai web yang bagus karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

 Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu mengenalkan sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari suatu tulisan.

kawan malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Contoh, kamu lagi membuat tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi sobat dapat menambahkan kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

 Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Contoh lain jika kawan membidik keyword “baju muslim”, maka sebaiknya kalau sobat dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga bisa memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di artikel kita.

Namun dalam kenyataannya, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan gagasan terpenting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang indah.

Agar tidak menggangu, anda bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi untuk pengguna wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling pada search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada robot yang bekerja crawling di konten itu.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan menggunakan image dari Google, sebaiknya mengganti title file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak sama dengan gambar yang sobat download itu. Jika perlu, kawan juga dapat merubah meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda ulas, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kamu sebagai konten yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bersaing di page one. Misalnya pada konten yang saya posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu saya buat semakin unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot seperti yang kita buat pada artikel ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian bot engine itu wajar, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kamu cuma semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah artikel yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Trik Membuat Tulisan yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel