Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih nongkrong di page one masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini admin tuliskan sebagai poin pertama karena saya pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
  Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan bisa membuat backlink atau tulisan yang menarik tapi,, user experience mustahil dimanipulasi sebab diluar kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak heran jika UX menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan pengalaman user saat mereka surfing website milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing kita, walaupun tidak memakai alat mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun teknik menulis tulisan SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi pencarian suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

  Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Fenomena yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang hanya supaya memenuhi target SEO (dengan isi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda bahas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

  Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap artikel maka jangan dengarkan, pasti yang ngasih saran kurang update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena takut Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog kamu sebagai blogs yang keren karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

  Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke situs yang sesuai dengan topik ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu mengenalkan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas dari suatu postingan.

sobat malah harus waspada kalau persentase keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kamu sedang menulis tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa memasukkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

  Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lain kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika sobat dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. anda juga dapat menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kamu.

Namun pada kenyataannya, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Memang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat visitor silau dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kalian bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ruh paling penting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu artikel.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama tulisan itu.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, sobat bisa memasukkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

  Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang melakukan indeking pada konten yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kawan menggunakan gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Jika perlu, kalian juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu berikan, semakin mantap peluang Google mengindek konten kamu menjadikannya postingan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara terpisah di satu tulisan.

Variasi Keyword ini membuat artikel sobat menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan menempati page one. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita buat menjadi unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada konten ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page artikel anda hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma bot engine telah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan sobat dapat merajai page one.

0 Response to "Trik Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel