15 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Cara penulisan artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga telah outdated, namun karena masih ada di pejwan masih digunakan. Banyak hal yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat

Dari ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kami tuliskan dalam poin dasar karena kami pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan dapat membuat backlink atau tulisan yang klikable namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena diluar kontrol kita selaku penulis konten. Jadi, tidak salah kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka surfing situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang user klik, dan sebagainya.

Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tidak menggunakan produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik menulis artikel SEO Anda, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Umumnya yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak paten sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Seperti contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika membuat ide artikel sebab jika dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan not readable dan aneh saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Jika sobat pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Hebatnya, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine terkadang membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Jika judul Anda kaku dan kurang nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.

Jika kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis tulisan panjang hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu kurang tepat.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya biarkan saja, pasti yang ngasih tips kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link anda ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs kalian sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik bahasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat merekomendasikan sesuatu).

7. Jangan Takut jumlah Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk suatu postingan.

kamu malah kudu waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, sobat lagi menulis trik tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lain kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau anda bisa memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. kamu juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik jadul yang kadang tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kamu.

Namun pada kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya dipakai pada bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kalian bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ide paling penting pada suatu tulisan.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu artikel.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau pengguna wp sering menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 15 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mendatangi situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika googling di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke bot yang melakukan indeking di tulisan itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika anda memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang kalian download itu. Kalau harus, kawan juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit potongan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda ulas, semakin besar peluang Google mendeteksi konten sobat menjadikannya artikel yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten sobat jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bersaing menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang saya posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan harus membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang kita buat pada tulisan ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page postingan sobat cuma semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin modern, ditambah si raksasa Google memakai berbagai model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Trik Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel