10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Metode menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Mudah ditemukan tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dibuat ahli Seo, di bawah ini merupakan trik membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka menjelajahi situs milik kita. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman situs mana yang user klik, dan sebagainya.

Mudahnya, tambah lama dan betah mereka di website, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing kita, walaupun tidak memakai properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun cara penulisan artikel SEO Milikmu, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword perlu dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Seringnya blog lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus intinya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan dalam membuat ide konten sebab jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi tidak terbaca dan kaku ketika dibaca. Tapi jika dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Cara simpel Mengatasinya.

Jika Anda pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Jika judul kamu tidak jelas dan tidak enak dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu kurang tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menemukan kalau umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya inti yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca anda maka silahkan saja.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya abaikan saja, sudah tidak jaman bro.

Taruhlah Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena takut Serp webnya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, selama external link kamu ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Malah sebaliknya, Google akan melihat situs sobat sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kamu mengenalkan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas dari sebuah artikel.

kawan malah harus berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Misal, kawan lagi menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi anda bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kalian bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga dapat memasukkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting pada artikel kita.

Tapi pada kenyataannya, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk segi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung bingung dan langsung pergi akibat konten yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ide paling penting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu konten.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama tulisan tersebut.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat artikel menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kamu bisa menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.

Peletakan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang melakukan indeking pada halaman tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika sobat memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang kawan download tersebut. Jika harus, kamu juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit potongan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat ulas, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan kawan menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan sobat menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang modern


Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel unik dan mantap bertahan di pejwan. Seperti pada tulisan yang admin posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai tool canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita buat pada tulisan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten sobat hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Cara Membuat Artikel Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel