Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Cara penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

Related

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya masukkan sebagai poin dasar karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
  Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience sangat susah dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari UX di sini adalah aktivitas dan pengalaman user saat mereka menjelajahi blog kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, maka makin menarik konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tanpa memakai properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Jadi sekeren apapun trik penulisan tulisan SEO Anda, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

  Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Biasanya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung


Click bait seringkali diperlukan untuk pembuatan konten asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa memasukkan keyword dalam judul artikel.. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Cara simpel Mengatasinya.

Jika Anda pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

  Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Jika judul sobat terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka biasanya dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras menulis tulisan panjang hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut kurang tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara mendalam.

Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar topik yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per post malah memudahkan pengunjung sebaiknya buat saja.

  Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya biarkan saja, pasti yang ngasih tips kurang update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, total interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat khawatir Serp webnya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web anda. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs kamu sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

  Cara Membuat Artikel SEO Friendly

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (jika kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk konten yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas dari suatu artikel.

kamu malah wajib waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

  Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kawan sedang membuat tips tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

  Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Contoh lain jika kawan membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau sobat bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. anda juga bisa memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu trik jadul yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol di artikel kamu.

Tapi dalam prakteknya, penulis yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang dituju saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk segi user experience, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung silau dan langsung pergi karena artikel yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna ide terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu artikel.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, anda bisa menyisipkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pengguna wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menaruh keyword di meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

  Cara Membuat Artikel SEO Friendly

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang melakukan crawling di artikel itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk mengganti title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang anda download itu. Kalau perlu, kawan juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mengindek konten kawan sebagai tulisan yang mantap di pejwan.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kawan jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan siap bersaing di page one. Misalnya pada konten yang admin buat ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada konten ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat website, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kawan cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam algoritma baru seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah konten yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan bisa segera bersaing di SERP.

Related Posts

0 Response to "Cara Membuat Artikel SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Ad Blocker Detected :(

Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

  1. Click on the AdBlock icon in your browser
    Adblock
  2. Choose, Don't run on pages on this domain
    Adblock
  3. A new window will appear. Click on the "Exclude" button
    Adblock
  4. The browser icon should have turned grey
    Adblock
  5. Refresh the page if it didn't refresh automatically. Thanks!
  1. Click on the AdBlock Plus icon in your browser
    Adblock
  2. Click on "Enabled on this site" position
    Adblock
  3. Once clicked, it should change to "Disabled on this site"
    Adblock
  4. The browser icon should have turned grey
    Adblock
  5. Refresh the page if it didn't refresh automatically. Thanks!