9 Cara Membuat Tulisan Yang SEO Friendly
Rabu, 6 Februari 2019
Add Comment
Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan ada trik bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan trik membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kami masukkan dalam poin paling penting karena kami pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena selain kendali kita sebagai pemilik web. So, tidak heran kalau inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi situs sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tanpa menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sehebat apapun teknik pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :
Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.
Ini harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.
Jika kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis artikel panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.
Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per konten malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya biarkan saja, pasti yang memberi tips tidak update pengalaman SEOnya.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Banyak.
Apakah mereka dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
Banyak yang khawatir soal ini. Akibat khawatir Serp webnya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kamu sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kawan menjual sesuatu).
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah tulisan.
kamu malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kalian lagi membuat tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda dapat memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lain jika kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kalian dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada artikel kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat gagasan terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu postingan.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten tersebut.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan kurang indah.
Untuk mengakalinya, kamu bisa memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.
Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke robot yang melakukan crawling di halaman yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Jika kalian memakai image dari Google, sebaiknya mengganti judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak sama dengan image yang kawan unduh itu. Jika harus, kamu juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang kawan isi, semakin mantap peluang Google mengindek artikel kawan sebagai artikel yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar konten.
Variasi Keyword ini menjadikan artikel sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan siap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai alat canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page artikel sobat hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat bisa merajai page one.
Mudah ditemukan tips-tips mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan ada trik bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan trik membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
Related
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini kami masukkan dalam poin paling penting karena kami pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat karena selain kendali kita sebagai pemilik web. So, tidak heran kalau inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi situs sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tanpa menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sehebat apapun teknik pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Ini harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.
Jika kamu dapat membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis artikel panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara Anda tersebut tidak akan berhasil.
Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menemukan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda ulas bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam postingan
Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap artikel ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link per konten malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya biarkan saja, pasti yang memberi tips tidak update pengalaman SEOnya.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per page ? Banyak.
Apakah mereka dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan
Banyak yang khawatir soal ini. Akibat khawatir Serp webnya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs kamu sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kawan menjual sesuatu).
7. Sisipkan Keyword Density
Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak harus terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah tulisan.
kamu malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kalian lagi membuat tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda dapat memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Contoh lain jika kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kalian dapat memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada artikel kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi untuk segi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat gagasan terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu postingan.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi topik utama konten tersebut.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan kurang indah.
Untuk mengakalinya, kamu bisa memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.
Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika googling di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca artikel kita.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar ke robot yang melakukan crawling di halaman yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Jika kalian memakai image dari Google, sebaiknya mengganti judul file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak sama dengan image yang kawan unduh itu. Jika harus, kamu juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Isi Gambar ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kawan isi, semakin mantap peluang Google mengindek artikel kawan sebagai artikel yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar konten.
Variasi Keyword ini menjadikan artikel sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator artikel yang modern
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan siap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai alat canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat membuat tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu hal yang biasa, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page artikel sobat hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin canggih, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat bisa merajai page one.
0 Response to "9 Cara Membuat Tulisan Yang SEO Friendly"
Catat Ulasan