9 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda
Rabu, 27 Februari 2019
Add Comment
Teknik menulis artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih ada di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan trik membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini saya tuliskan dalam poin pertama karena saya pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena diluar kendali kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka surfing situs kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun trik penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai ratu.
Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Jika sobat pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul kamu kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.
Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.
Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link per post malah membantu visitor maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir Serp webnya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link kawan ke web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kalian sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau anda menjual sesuatu).
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu artikel.
kalian malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, anda sedang membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka sobat dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain kalau anda membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau sobat dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga bisa menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di artikel kamu.
Namun dalam prakteknya, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu halaman.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan kurang indah.
Agar tidak menggangu, kawan dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.
Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang bekerja indeking pada tulisan tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kalian memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak sama dengan gambar yang kawan download tersebut. Kalau bisa, anda juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang kawan ulas, tambah mantap peluang Google mendeteksi artikel sobat sebagai artikel yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.
Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan siap bertahan di page one. Misalnya pada konten yang saya posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang kita buat pada tulisan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly guna mencari visitor itu baik, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kalian hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kamu dapat merajai page one.
Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, tetapi hanya akibat masih ada di pejwan masih digunakan. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan trik membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
Related
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini saya tuliskan dalam poin pertama karena saya pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena diluar kendali kamu selaku pemilik web. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka surfing situs kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, bisa dipastikan makin menarik isi dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tanpa memakai produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun trik penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.
Konten yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai ratu.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang baik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.
3. Gunakan Judul yang Mengundang Klik
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi judul yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Jika sobat pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine pasti membaca judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul kamu kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Kalau kamu bisa membuat artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu bersikeras menulis konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang anda bahas dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link per post malah membantu visitor maka silahkan saja.

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, total interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai
Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir Serp webnya turun kalau membuat link keluar maka banyak yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link kawan ke web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kalian sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau anda menjual sesuatu).
7. Sisipkan Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kawan tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk suatu artikel.
kalian malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Misal, anda sedang membuat trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka sobat dapat memberi istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain kalau anda membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau sobat dapat memasukkan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kawan juga bisa menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline
Cara yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di artikel kamu.
Namun dalam prakteknya, pemilik website yang menggunakannya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.
Terkadang dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat menjadikan pembaca bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dibaca aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic seringnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat elemen-elemen paling penting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu halaman.
11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan kurang indah.
Agar tidak menggangu, kawan dapat menempatkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di mesin pencari.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan nyaman dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika mencari artikel pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi artikel kita.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa membaca file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke robot yang bekerja indeking pada tulisan tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kalian memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak sama dengan gambar yang kawan download tersebut. Kalau bisa, anda juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit cropping image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Isi Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kawan ulas, tambah mantap peluang Google mendeteksi artikel sobat sebagai artikel yang berkarakter.
Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.
Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan sobat menjadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan tulisan bukan copas dan siap bertahan di page one. Misalnya pada konten yang saya posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kamu kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang kita buat pada tulisan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly guna mencari visitor itu baik, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten kalian hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kamu dapat merajai page one.
0 Response to "9 Tips Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"
Catat Ulasan