Cara Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Seringkali tulisan yang dibagikan juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih nongkrong di pencarian masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam sebuah artikel yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.
  Cara Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kita. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu faktor penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon user saat mereka surfing website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang user klik, dan sebagainya.

Mudahnya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tidak menggunakan properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun trik pembuatan tulisan SEO Sobat, jika tidak mengedepankan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan ejaan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Inti dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu artikel.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Makin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

  Cara Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya yaitu konten yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar tema yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per kontennya ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap artikel tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

  Cara Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per postingan ? Ngga terhitung.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat takut ranking webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kawan untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak memberi efek jelek ke web anda. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web kalian sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

  Cara Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan anda merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Saat masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi kualitas dari sebuah tulisan.

kamu malah kudu waspada jika tingginya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Cara Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, anda sedang menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, maka sobat dapat menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

  Cara Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Contoh lagi jika sobat membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kawan bisa memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kawan juga bisa memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara tidak wajar dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca bingung dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat aneh.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan ide paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan gagasan utama suatu artikel.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, sobat bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf awal.

  Cara Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika mendatangi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file gambar pada mesin yang melakukan crawling pada tulisan yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Biasanya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kalian memakai image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak sama dengan gambar yang kalian unduh itu. Kalau perlu, anda juga bisa merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda berikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek artikel kamu menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar konten.

Ragam Keyword ini menjadikan konten sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mampu bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada artikel ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu hal yang biasa, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kawan cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma search engine telah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kalian dapat merajai page one.

0 Response to "Cara Menulis Konten SEO Friendly, Penulis Wajib tahu"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel