15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Cara menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma menjiplak karya orang.

Tidak sedikit tulisan yang dibagikan juga telah expired, namun karena masih ada di page one masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dari pakar Seo, di bawah ini merupakan tips menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya masukkan dalam poin paling penting karena kami pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau judul yang menarik namun,, user experience mustahil dimanipulasi sebab diluar kendali kamu sebagai pemilik web. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka menjelajahi situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di website, maka makin menarik konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing user, meski tidak menggunakan properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun cara penulisan tulisan SEO Kawan, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan semua judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Umumnya yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Clickable


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Utamakan pengalaman pengguna dan dapat menyisipkan keyword dalam title.. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Mungkin sobat pengguna wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pembaca dari search engine terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Kalau judul kamu tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika kamu dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat artikel panjang hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut kurang efektif.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud admin yaitu artikel yang tidak hanya panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya inti yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link per konten malah memudahkan visitor sebaiknya buat saja.

 15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Karena takut peringkat webnya turun jika membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link kawan untuk web-web authority yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web kamu sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk link selain web authority (kalau anda mengenalkan sesuatu).

7. Sisipkan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kalian tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai untuk suatu tulisan.

kalian malah wajib waspada jika seringnya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Misal, kalian lagi menulis trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan kata kata yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Contoh lagi kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika kawan bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang penting di artikel kamu.

Tapi pada kenyataannya, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor sakit mata dan langsung pergi akibat konten yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mementingkan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat ide terpenting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang seni.

Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user saat googling pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kawan bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada bot yang melakukan indeking pada artikel yang dibuat.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau sobat menggunakan image dari Google, terlebih dahulu mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang anda download itu. Jika bisa, anda juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Isi Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kalian ulas, tambah mantap peluang Google mengindek artikel kawan sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di sekitar tulisan.

Variasi Keyword ini menjadikan postingan kalian jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bersaing di page one. Seperti pada konten yang kita posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan tool keren ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada artikel ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu wajar, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page tulisan kamu cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Trik Membuat Konten Yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel