15 Trik Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan
Sabtu, 23 Februari 2019
Add Comment
Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, tetapi karena masih ada di pejwan masih dipakai. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah cara membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari sebuah situs yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu sangat susah dibuat buat.
Mungkin kamu bisa memanipulasi backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine mereka.
Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi blog kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tidak menggunakan alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi sekeren apapun teknik pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.
Memasukkan keyword harus dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.
Maksud saya adalah artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.
Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Ngga terhitung.
Apakah mereka dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena takut Serp webnya turun jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kalian sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau anda merekomendasikan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah artikel.
sobat malah harus waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, anda lagi membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kalian bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kawan juga dapat menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di artikel kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari user experience, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat pokok terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu halaman.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan jadi agak kaku.
Agar lebih mudah, sobat dapat menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang bekerja crawling di artikel itu.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kawan memakai image berasal dari Google, pastikan merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang kawan download itu. Jika perlu, kawan juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .
Tambah menarik informasi yang kawan isi, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kamu menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang relevan.
Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.
Variasi Keyword ini membuat konten sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada artikel yang kita buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel kamu hanya semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu bisa merajai page one.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, tetapi karena masih ada di pejwan masih dipakai. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah cara membuat tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.
Related
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari sebuah situs yaitu pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Mungkin kamu bisa memanipulasi backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah pembaca situs kita. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine mereka.
Arti dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca ketika mereka mengunjungi blog kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pengguna klik, dan sebagainya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tidak menggunakan alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi sekeren apapun teknik pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Memasukkan keyword harus dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

Seringnya situs dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title artikel.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.
Kalau Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan efisien.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Maksud saya adalah artikel yang tidak cuma panjang , tetapi juga berisi topik secara mendalam.
Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Pakai Internal Linking dalam tulisan
Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link per artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap post tidak membuat lelah mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Ngga terhitung.
Apakah mereka dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar yang Relevan
Orang lama seringnya takut memberikan external linking. Karena takut Serp webnya turun jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link anda ke web-web authority yang sesuai dengan topik konten, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs kalian sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk situs yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau anda merekomendasikan sesuatu).
7. Pertimbangkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?
Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah artikel.
sobat malah harus waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, anda lagi membuat tips tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kalian bisa memasukkan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kawan juga dapat menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting di artikel kamu.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun dari user experience, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dilihat aneh.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat pokok terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu halaman.
11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan jadi agak kaku.
Agar lebih mudah, sobat dapat menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan membaca tulisan kita.
13. Masukkan Attribut Alt di Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang bekerja crawling di artikel itu.
Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kawan memakai image berasal dari Google, pastikan merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang kawan download itu. Jika perlu, kawan juga bisa mengganti meta-data dan ditambah sedikit potongan gambar agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .
14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kawan isi, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kamu menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa image yang relevan.
Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar artikel.
Variasi Keyword ini membuat konten sobat jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator artikel yang modern
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini kamu dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan mampu bertahan menempati pejwan. Seperti pada artikel yang kita buat ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik memakai alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel kamu hanya semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu bisa merajai page one.
0 Response to "15 Trik Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan"
Catat Ulasan