Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Adsense

Metode penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dari pakar Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari sebuah situs adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk  Adsense

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena selain kontrol kamu sebagai pemilik web. So, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan penting yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman pengguna saat mereka menjelajahi situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, halaman situs mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tidak memakai produk mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sehebat apapun teknik menulis artikel SEO Kawan, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk  Adsense

Seringnya blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Seperti contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat ide tulisan karena kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi tidak terbaca dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Kalau Anda user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Sebaiknya jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini masih nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian biasanya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk  Adsense

Jika judul Anda kaku dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan mengurangi CTR di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda dapat menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis artikel panjang cuma untuk memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut kurang efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah internal link tiap artikelnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu sebaiknya buat saja.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk  Adsense

Jika ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per artikel sebaiknya abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink website per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar ke Authority Site yang Sesuai


Banyak yang salah kaprah soal ini. Karena takut ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs anda sebagai blogs yang keren karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk  Adsense

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (seumpama anda merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari suatu tulisan.

anda malah wajib waspada jika persentase keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk  Adsense

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dibilang mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, kamu sedang membuat trik tentang tips menulis konten yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk  Adsense

Serupa di atas, kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, maka akan sangat menarik kalau kalian dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang kadang disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di artikel kamu.

Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari sisi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung silau dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan pada bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan ruh terpenting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu postingan.

11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kawan bisa menempatkan keyword anda di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk  Adsense

Penting sekali memilih keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten kita.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke mesin yang bekerja indeking pada artikel yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kamu memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang kawan unduh tersebut. Jika perlu, anda juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit editan gambar agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Tambahkan Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang anda isi, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kalian sebagai artikel yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang relevan.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten anda jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat konten adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan kuat bertahan di page one. Seperti pada artikel yang admin buat ini, kita mengutip artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan tool canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat kamu menciptakan konten dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang saya lakukan pada konten ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu baik, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel kawan hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin pintar, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Adsense"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel