15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Banyak tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, namun tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah tips membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami tuliskan sebagai poin paling penting karena saya pastikan sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kamu dapat memanipulasi backlink atau konten yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab diluar kontrol kita sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine milik google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon user ketika mereka mengunjungi website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin menarik konten dari web itu.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat merekam hampir seluruh aktivitas browsing user, walaupun tidak menggunakan alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun trik menulis tulisan SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini perlu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Fenomena yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di search engine.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras menulis artikel dengan banyak kata hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara Anda itu kurang efektif.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

perhatian : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per kontennya ?

Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap konten tidak akan menyakiti mata pembaca anda maka silahkan saja.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel maka jangan dengarkan, pasti yang memberi saran kurang update ilmu SEOnya.

Bisa melihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Relevan


Newbie biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut peringkat blognya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan topik konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap web anda sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik ulasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan anda mengenalkan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah artikel.

anda malah wajib berhati-hati jika persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Contoh, kawan sedang membuat tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat dapat memberi kata kata yang memiliki arti serupa misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Contoh lain kalau anda membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kawan bisa mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. sobat juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.

Namun pada kenyataannya, banyak yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi untuk sisi user experience, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan visitor bingung dan langsung pergi akibat konten yang dilihat tidak menarik.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ruh paling penting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 adalah ide utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang gampang dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama konten tersebut.

Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang indah.

Untuk mengakalinya, sobat bisa menempatkan keyword kalian di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang melakukan indeking di konten itu.

Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kamu memakai gambar dari Google, pastikan merubah title file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang anda download tersebut. Kalau perlu, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar supaya file gambar tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih bagus di search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web saat dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu berikan, semakin besar kemungkinan Google mengindek tulisan anda menjadikannya konten yang mantap di pejwan.

Survei dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu konten.

Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih


Membuat konten adalah hal yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel unik dan siap bertahan menempati page one. Seperti pada artikel yang saya buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada postingan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page artikel kamu cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah artikel yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kalian dapat merajai page one.

0 Response to "15 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel