10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Cara penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.

Terkadang tulisan yang dibagikan juga sudah expired, namun hanya akibat masih merajai di page one masih dipakai. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dibuat master Seo, berikut ini adalah trik menulis artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin sobat dapat menciptakan backlink atau judul yang menarik namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab selain kontrol kita selaku penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di search engine mereka.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka surfing situs milik kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di website, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing kamu, walaupun tidak memakai produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi sekeren apapun trik penulisan artikel SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan memanjakan pengunjung sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Namun poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

 10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di search engine.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar menulis konten panjang hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu kurang efektif.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda bahas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap konten ?

Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian merasa 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

 10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Jika ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya biarkan saja, pasti yang memberi saran tidak update ilmu SEOnya.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah situs itu di penalty Google ? No.

Berguna untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Karena takut ranking blognya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu ke web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap situs sobat sebagai web yang bagus karena selalu merujuk web-web yang sudah di percaya.

 10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link ke situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (jika kawan mengenalkan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan nilai dari suatu postingan.

sobat malah kudu waspada kalau persentase keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, kawan lagi membuat trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa memberi kata kata memiliki arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lain kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau sobat dapat mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. kawan juga bisa memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kita.

Namun pada kenyataannya, banyak yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor tidak suka dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 adalah ide utama suatu halaman.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi topik utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, anda dapat menempatkan keyword kawan di meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada search engine.

Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing rasa penasaran, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada mesin yang bekerja indeking pada halaman tersebut.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar dari Google, pastikan mengganti nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang sobat unduh itu. Jika perlu, sobat juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit sayatan image agar file image itu benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu ulas, semakin mantap peluang Google mendeteksi artikel sobat sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar tulisan.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan kuat bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang saya buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik memakai alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Namun poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot contohnya yang admin buat pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu hal yang biasa, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page postingan anda hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin pintar, ditambah si raksasa Google memakai berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah postingan yang memberikan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "10 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel