9Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Teknik penulisan konten website banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.

Terkadang tulisan yang dibagikan juga sudah outdated, namun sebab masih ada di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan trik menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini kita masukkan dalam poin dasar karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau lebih mudah dibilang UX.
9Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca ketika mereka mengunjungi blog kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, tambah lama dan betah mereka di website, itu artinya makin menarik isi dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tidak memakai properti google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun tips penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

9Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Fenomena yang sering terjadi di website-website lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Untuk panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku alasannya melihat dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Misalnya contoh judul di atas, kadang ada yang kesulitan dalam menyusun ide tulisan sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, akan tampak tidak pas dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat disisipkan.

Solusi untuk hal itu.

Mungkin sobat pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

9Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik saat dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras menulis artikel panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (diisi tulisan sembarang dan muter-muter) admin rasa cara kamu itu tidak akan efisien.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu tulisan yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menemukan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya tema yang anda ulas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca anda maka silahkan saja.

9Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir peringkat webnya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog sobat sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

9Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kalian menjual produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kalian tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai untuk suatu postingan.

kamu malah kudu berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

9Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, sobat lagi membuat tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka kawan dapat memberi istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

9Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Contoh lagi kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kamu dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting di artikel kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya cuma pada kata yang dituju saja.

Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk segi user experience, janggal. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat menutup halaman web karena artikel yang dibaca aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ide terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun pemakaian h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang menjadi bahasan utama artikel tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, sobat bisa menempatkan keyword sobat pada meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

9Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan pada search engine, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak bisa membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file gambar ke robot yang bekerja indeking di artikel itu.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Simpelnya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kawan menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak duplikat dengan gambar yang anda download tersebut. Kalau perlu, sobat juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan image supaya file image itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam Artikel misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan ulas, tambah besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan anda menjadikannya tulisan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang relevan.

Selain itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword adalah pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan postingan anda menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator konten yang modern


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten unik dan mampu bersaing di page one. Seperti pada artikel yang admin buat ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot contohnya yang kita buat pada konten ini. Jika kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kawan cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kamu dapat merajai page one.

0 Response to "9Cara Membuat Artikel yang Menarik untuk Dibaca"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel