Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Adsense

Metode menulis artikel banyak tersedia di google. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya dapat digunakan dan ada trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.

Dibuat pakar Seo, berikut ini merupakan tips menulis tulisan yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini kami tuliskan sebagai poin dasar karena kami anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk  Adsense

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat karena selain kontrol kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca saat mereka surfing website kawan. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing sobat, walaupun tidak menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Anda, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Ini wajib dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk  Adsense

Fenomena yang sering terjadi di blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada title postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak murahan.

Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula rangking di search engine.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut kurang berhasil.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang anda jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?

Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk  Adsense

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut Serp webnya turun jika memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat web sobat sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk  Adsense

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membangun kepercayaan user untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama sobat merekomendasikan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu tulisan.

anda malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk  Adsense

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, kamu lagi membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka sobat dapat menambahkan istilah-istilah yang memiliki arti mirip misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk  Adsense

Contoh lagi kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kawan bisa memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel kawan. sobat juga dapat memasukkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol di tulisan kamu.

Namun dalam prakteknya, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk user experience, janggal. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pembaca sakit mata dan langsung pergi akibat artikel yang dilihat kelihatan amatir.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat ide paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama tulisan itu.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya membuat postingan jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, kawan bisa menyisipkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk  Adsense

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat mencari tulisan pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang bekerja indeking pada artikel tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword target.

Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang anda download itu. Kalau bisa, sobat juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file gambar itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau terasa membuat lola web ketika dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan berikan, tambah besar peluang Google mengindek artikel kawan menjadikannya artikel yang berkualitas.

Penelitian dari Quicksprout.com, konten memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang relevan.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.

Ragam Keyword ini membuat postingan kalian menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan mantap bertahan di pejwan. Seperti pada tulisan yang kita buat ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu harus membeli lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Menggunakan plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada tulisan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan memakai trik optimasi on-page konten kalian cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kalian bisa merajai page one.

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Tulisan Seo Friendly Untuk Adsense"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel