Cara penulisan artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah expired, tetapi sebab masih merajai di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil artikel yang baru diposting
Dari ahli Seo, berikut ini adalah tips menulis tulisan yang pasti dapat masuk page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling mendasar dari sebuah website adalah pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat bisa memanipulasi backlink atau tulisan yang klikable namun,, user experience hampir mustahil dimanipulasi karena selain kontrol kita selaku penulis konten. So, tidak heran jika User Experience menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka menjelajahi situs sobat. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Mudahnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua kegiatan browsing kamu, meski tanpa memakai properti mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi sekeren apapun trik pembuatan artikel SEO Anda, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menjadikan topik suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi hambar dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak murahan.
Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di mesin pencari.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu dapat membuat artikel yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat konten panjang cuma supaya memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda tersebut kurang efisien.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara mendalam.
Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword pada Google baru-baru ini menemukan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda yakin 10 internal link tiap artikel malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per post sebaiknya biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per postingan ? Ngga terhitung.
Apakah situs itu di penalty Google ? No.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar yang Sesuai
Pemain lama biasanya takut memasukkan external linking. Akibat takut ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kalian untuk web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kawan. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs kamu sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu merekomendasikan sesuatu).
7. Hitung Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya kalian tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk menilai kualitas dari sebuah postingan.
kalian malah wajib waspada jika tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Contoh, sobat lagi membuat tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lain kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kalian dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. sobat juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dikenal oleh dunia IM yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kamu.
Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web karena tulisan yang dilihat tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. anda bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan gagasan terpenting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Lihatlah contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan topik utama suatu artikel.
11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel kurang seni.
Untuk mengakalinya, anda dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika membuka blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kamu bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan membaca konten kita.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada bot yang melakukan crawling di konten yang dibuat.
Penting, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kamu memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak duplikat dengan image yang kamu download itu. Kalau bisa, kawan juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.
14. Isi Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat isi, tambah mantap peluang Google mengindek konten kalian sebagai postingan yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.
Ragam Keyword ini membuat konten anda jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan konten unik dan siap bersaing di page one. Misalnya pada tulisan yang saya posting ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai tool supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang saya buat pada tulisan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten konten yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel sobat cuma untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin modern, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda dapat merajai page one.
0 Response to "10 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik"
Catat Ulasan