12 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun karena masih merajai di pejwan tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dibuat ahli Seo, di bawah ini adalah cara menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin tuliskan dalam poin dasar karena saya pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 12 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat membuat backlink atau judul yang klikable tapi,, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kendali kamu sebagai penulis konten. So, tidak heran jika UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.

Maksud dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka menjelajahi website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Simpelnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh kegiatan browsing kita, meski tanpa memakai properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun cara penulisan tulisan SEO Kawan, jika tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam judul artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak harus alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.

3. Gunakan Title yang Merangsang Pengunjung


Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika membuat ide konten karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, akan tampak tidak pas dan aneh ketika dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Tidak sulit jika sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap enak dilihat sebab nantinya pembaca dari pencarian pasti melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 12 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.

Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu bahas dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per artikelnya ?

Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per post malah membantu user maka silahkan saja.

 12 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka abaikan saja, sudah ketinggalan bro.

Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per postingan ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir ranking webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web kawan. Pengaruhnya, Google akan menganggap blog kalian sebagai situs yang terpercaya karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 12 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

External link ke situs yang sesuai dengan topik bahasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kalian menjual sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?

Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, tapi algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah tulisan.

kamu malah harus waspada kalau seringnya keyword density terlalu banyak, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 12 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kawan lagi membuat trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kawan bisa memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam tulisanmu arti yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 12 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Contoh lagi jika kawan menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika sobat bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. sobat juga dapat menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting pada tulisan kamu.

Namun pada kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara berlebihan dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, tapi dari sisi user experience, membingungkan. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk ide paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google tidak bingung.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama artikel itu.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, kamu dapat menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 12 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian nah saat mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika mencari artikel pada search engine, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan membaca artikel kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada robot yang bekerja crawling di konten yang dibuat.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau sobat menggunakan gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti title file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file image kawan tidak sama dengan gambar yang sobat unduh itu. Jika perlu, kawan juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit potongan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, semakin besar peluang Google mendeteksi tulisan kalian menjadikannya tulisan yang berkarakter.

Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan konten kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan artikel unik dan siap bertahan menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik memakai alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot layaknya yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna menarik visitor itu bagus, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma mesin pencari sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Cara Membuat Artikel yang Berkualitas untuk Website Anda"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel