15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya dapat diterapkan dan ada trik bahkan yang telah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, utamanya Google.

Dari master Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

Related

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini admin tuliskan sebagai poin dasar karena admin anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan bisa menciptakan backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience mustahil dibuat buat karena mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi website kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.

Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa merekam hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, meski tidak memakai properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan artikel SEO Anda, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Inti dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Biasanya website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada title artikel.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik pula peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

warning : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam postingan


Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link per artikelnya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link per post tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih tips tidak update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Orang lama biasanya takut memberikan external linking. Karena khawatir ranking blognya turun jika membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google akan melihat web kawan sebagai web yang keren karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau anda mengenalkan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak harus terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi nilai dari suatu tulisan.

kalian malah wajib waspada jika persentase keyword density terlalu sering, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Gambarannya begini

Umpamanya, anda lagi menulis trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, maka kalian dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Serupa di atas, jika kalian membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik jika kamu dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang penting di artikel kamu.

Tapi dalam kenyataannya, penulis yang memakainya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung silau dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Memang sering digunakan untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan contoh berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi trik untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, sobat dapat menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet di search engine.

Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

 15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan

Penting sekali menggunakan keyword yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat membuka blog kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna saat mencari artikel pada search engine, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat membaca file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada robot yang bekerja indeking di tulisan itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword utama.

Tips:
Kalau anda menggunakan gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kalian tidak sama dengan image yang kamu unduh itu. Kalau perlu, kamu juga dapat mengganti meta-data dan ditambah sedikit sayatan image agar file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web saat dibuka.

14. Pengunaan Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kamu isi, tambah besar kemungkinan Google mengindek tulisan kamu sebagai postingan yang mantap di pejwan.

Dikutip dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang cocok.

Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di satu artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan postingan kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat artikel yang canggih


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan siap bertahan di page one. Misalnya pada artikel yang kita posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat harus membeli lisensi pertahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu menciptakan konten dengan sekali klik dapat tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik keren yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu wajar, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Namun jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page tulisan anda hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma search engine sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kalian dapat segera bersaing di SERP.

Related Posts

0 Response to "15 Trik Menulis Artikel SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Ad Blocker Detected :(

Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

  1. Click on the AdBlock icon in your browser
    Adblock
  2. Choose, Don't run on pages on this domain
    Adblock
  3. A new window will appear. Click on the "Exclude" button
    Adblock
  4. The browser icon should have turned grey
    Adblock
  5. Refresh the page if it didn't refresh automatically. Thanks!
  1. Click on the AdBlock Plus icon in your browser
    Adblock
  2. Click on "Enabled on this site" position
    Adblock
  3. Once clicked, it should change to "Disabled on this site"
    Adblock
  4. The browser icon should have turned grey
    Adblock
  5. Refresh the page if it didn't refresh automatically. Thanks!