16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Cara menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Seringkali artikel yang dibagikan juga sudah expired, tetapi hanya akibat masih nongkrong di page one masih dipakai. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dari master Seo, berikut ini adalah tips menulis artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma paling update google.

Related

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya tuliskan sebagai poin pertama karena kami pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan respon user ketika mereka menjelajahi website milik kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing pembaca, walaupun tidak menggunakan properti mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun trik penulisan tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Template yang Responsive


Fokus dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu tulisan.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya blog lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.

Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Seo Friendly


Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian supaya tetap utuh.

3. Pakailah Judul yang Clickbait


Misalnya contoh kasus di atas, seringkali ada yang kesulitan ketika menyusun ide konten karena jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi tidak terbaca dan kaku saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Tidak sulit jika Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul artikel. Sehingga, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk pencarian google ini tetap enak dilihat karena nantinya pembaca dari search engine terkadang membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

 16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Kalau judul sobat tidak jelas dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo berpendapat semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula rangking di mesin pencari.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Jika kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar tema yang anda sampaikan bisa lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam postingan


Internal linking adalah link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per postnya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per page ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Relevan


Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena takut Serp webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, maka menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog anda sebagai blogs yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke web-web yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan pengunjung untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Ketika membuat link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu merekomendasikan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih menggunakan Google Panda banyak yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mendeteksi kualitas untuk sebuah tulisan.

kawan malah harus waspada kalau persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, anda sedang menulis tips tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, maka anda bisa menambahkan kata kata mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

 16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lain kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kamu dapat mengikutsertakan kata-kata misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan anda. kawan juga dapat menambahkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine memasukkan keyword yang penting di tulisan kamu.

Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya hanya pada kata yang diinginkan saja.

Memang dapat sedikit membantu dari segi penguatan keyword, tapi untuk pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca kelihatan amatir.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk pokok paling penting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu postingan.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kamu dapat menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di mesin pencari.

Penempatan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file gambar pada robot yang melakukan crawling di konten tersebut.

Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Jika anda menggunakan image dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak duplikat dengan image yang anda download itu. Jika perlu, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit sayatan image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web .

14. Pengunaan Media ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu isi, semakin mantap peluang Google mengindek konten sobat menjadikannya tulisan yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal di sekitar konten.

Ragam Keyword ini membuat konten kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang modern


Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan newbi merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan tulisan unik dan kuat bertahan menempati pejwan. Misalnya pada konten yang saya posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Namun untuk membelinya kamu harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik gratis yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu bagus, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan kawan cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kamu dapat segera bersaing di SERP.

Related Posts

0 Response to "16 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Ad Blocker Detected :(

Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

  1. Click on the AdBlock icon in your browser
    Adblock
  2. Choose, Don't run on pages on this domain
    Adblock
  3. A new window will appear. Click on the "Exclude" button
    Adblock
  4. The browser icon should have turned grey
    Adblock
  5. Refresh the page if it didn't refresh automatically. Thanks!
  1. Click on the AdBlock Plus icon in your browser
    Adblock
  2. Click on "Enabled on this site" position
    Adblock
  3. Once clicked, it should change to "Disabled on this site"
    Adblock
  4. The browser icon should have turned grey
    Adblock
  5. Refresh the page if it didn't refresh automatically. Thanks!