15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Cara menulis artikel bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih nongkrong di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini adalah cara membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin masukkan sebagai poin dasar karena admin pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon pembaca saat mereka surfing situs kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian situs mana yang pengguna klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin menarik konten dari web itu.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing sobat, meski tidak menggunakan alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun teknik penulisan tulisan SEO Sobat, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Konten yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword di Judul Tulisen


Ini kudu dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan keseluruhan title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada lawannya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik juga peringkatnya di search engine.

Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

perhatian : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya poin yang kamu bahas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam artikel


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link tiap artikel tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena khawatir peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kamu ke situs terpercaya yang relevan dengan isi tulisan, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat blog kalian sebagai blogs yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link ke web-web yang sesuai dengan isi artikel juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat merekomendasikan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan sobat tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah postingan.

kawan malah harus waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kawan lagi menulis tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka anda dapat memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat menyisipkan dalam artikelmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lain kalau kawan menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau kalian dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa menambahkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting pada artikel kamu.

Namun dalam kenyataannya, pemilik website yang memakainya dengan tidak wajar dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Memang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca tidak suka dan langsung pergi karena konten yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic biasanya digunakan pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. kamu dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan segi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk membuat elemen-elemen terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek konten dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Lazimnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan postingan jadi agak kaku.

Agar lebih mudah, anda bisa menyisipkan keyword anda di meta deskripsi kalau pengguna wp bisa memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine ketika membuka situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar pada bot yang bekerja indeking pada halaman itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika sobat memakai gambar berasal dari Google, pastikan mengganti nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kalian tidak sama dengan image yang kalian download itu. Kalau harus, kalian juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit editan gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web .

14. Pengunaan Gambar ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang kawan ulas, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kalian menjadikannya konten yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang cocok.

Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan tulisan sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan artikel unik dan kuat bersaing menempati page one. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang admin buat pada artikel ini. Kalau kawan berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik pengunjung itu baik, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page konten kalian cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google memakai berbagai algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang memberikan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel