12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata...
Selasa, 26 Februari 2019
Add Comment
Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi karena masih ada di pejwan masih digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah cara membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam sebuah artikel adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kawan bisa menggenerate backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience sangat susah dibuat buat sebab selain kontrol kamu sebagai penulis konten. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi situs sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing user, meski tanpa memakai properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi sekeren apapun tips pembuatan tulisan SEO Sobat, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.
Ini wajib dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku alasannya melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.
Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Jika kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu tidak akan tepat.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per page ? Ngga terhitung.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat takut peringkat webnya turun kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kawan ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau kawan menjual sesuatu).
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu postingan.
kalian malah harus berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Umpamanya, kalian sedang membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika kawan menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. sobat juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada tulisan kita.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kamu dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok paling penting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.
Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, kamu dapat menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke robot yang melakukan indeking di tulisan itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat menggunakan image berasal dari Google, pastikan merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang sobat unduh itu. Kalau harus, sobat juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
Tambah menarik informasi yang anda isi, tambah besar peluang Google mengindek konten sobat sebagai artikel yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang cocok.
Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.
Inonasi Keyword ini menjadikan konten kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan mantap bertahan di page one. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page tulisan kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa segera bersaing di SERP.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi karena masih ada di pejwan masih digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini adalah cara membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam sebuah artikel adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Mungkin kawan bisa menggenerate backlink atau konten yang clickbait tapi,, user experience sangat susah dibuat buat sebab selain kontrol kamu sebagai penulis konten. So, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang dipakai Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.
Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi situs sobat. Dilihat dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing user, meski tanpa memakai properti mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi sekeren apapun tips pembuatan tulisan SEO Sobat, jika tidak mengedepankan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah
- Navigasi yang mudah
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai raja.
2. Gunakan Keyword di Judul Artikel
Ini wajib dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Namun hal ini bukan suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Biasanya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Readable
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku alasannya melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Clickbait
Click bait seringkali diperlukan untuk menarik minat pembaca asal tidak over. Tetap fokus dan dapat menyisipkan keyword dalam judul artikel.. Tapi jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa masuk.
Solusi untuk hal itu.
Tidak sulit jika sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Hebatnya, Sobat punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Jika judul sobat tidak jelas dan kurang enak dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Jika kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika Anda hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara Anda itu tidak akan tepat.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu ulas bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Isi Internal Linking dalam konten
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika anda merasa 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca kawan maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per page ? Ngga terhitung.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar yang Relevan
Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Akibat takut peringkat webnya turun kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat membuat link keluar.
Rohadiright.com Menegaskan, asalkan external link kawan ke situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai web yang terpercaya karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau kawan menjual sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup pintar untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu postingan.
kalian malah harus berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Umpamanya, kalian sedang membuat tips tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti contoh di atas.

Serupa di atas, jika kawan menuju keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kamu dapat memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. sobat juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada tulisan kita.
Tapi yang terjadi, pemilik website yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat konten yang dilihat tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kamu dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok paling penting pada suatu tulisan.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.
11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.
Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, kamu dapat menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada google.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali menggunakan kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine ketika mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke robot yang melakukan indeking di tulisan itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika sobat menggunakan image berasal dari Google, pastikan merubah nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang sobat unduh itu. Kalau harus, sobat juga bisa merubah meta-data dan ditambah sedikit editan gambar agar file image itu seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Isi Media ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang anda isi, tambah besar peluang Google mengindek konten sobat sebagai artikel yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang cocok.
Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.
Inonasi Keyword ini menjadikan konten kawan jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator konten yang canggih
Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan mantap bertahan di page one. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik menggunakan tool supeer ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan harus memiliki lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan terbayarkan saat kamu membuat tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang admin lakukan pada konten ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page tulisan kalian cuma untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma google telah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "12 Tips Menulis Konten SEO Friendly, Ternyata..."
Catat Ulasan