Metode penulisan konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang baik. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.
Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di pencarian, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.
Dibuat master Seo, berikut ini adalah trik membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Menjadi pondasi dalam sebuah penulisan yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kamu bisa menciptakan backlink atau konten yang menarik namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab selain kendali kamu sebagai pemilik web. So, tidak salah kalau User Experience menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan respon user saat mereka menjelajahi situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Logikanya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tidak menggunakan properti google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sehebat apapun tips penulisan artikel SEO Milikmu, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Memasukkan keyword harus dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.
Tidak memberi keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Kejadian yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka kurang pas dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat pula peringkatnya di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.
Kalau Anda bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi jika Anda bersikeras membuat artikel panjang cuma untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara Anda itu tidak akan efektif.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah konten yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya inti yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan
Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana menentukan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link tiap artikel malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per post maka jangan dengarkan, sudah tidak jaman bro.
Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per artikel ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? No.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site yang Relevan
Newbie seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir peringkat webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com menjelaskan, selama external link sobat untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kalian sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web sahabat (jika anda mengenalkan sesuatu).
7. Hitung Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?
Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai untuk suatu artikel.
anda malah wajib berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, sobat sedang menulis trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka anda dapat memberi kata kata memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lagi kalau kamu menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kawan bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel sobat. kalian juga bisa memasukkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang telah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kamu.
Tapi pada prakteknya, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca tidak menarik.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap menomorsatukan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk pokok terpenting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perlu tahu: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu artikel.
11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, sobat dapat menempatkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pemakai wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Peletakan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mendatangi blog sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika mencari tulisan di search engine, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat dapat menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan membaca konten yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file gambar ke mesin yang bekerja indeking di artikel yang dibuat.
Penting, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kawan memakai gambar berasal dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar sobat tidak sama dengan image yang kamu download tersebut. Kalau perlu, kawan juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar supaya file image itu seperti “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file kalau terasa memberatkan loading web .
14. Pengunaan Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang sobat sajikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek konten sobat menjadikannya konten yang berkualitas.
Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa image yang relevan.
Tak hanya itu, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah di satu tulisan.
Ragam Keyword ini membuat postingan kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan konten adalah sesuatu yang membuat internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan artikel bukan copas dan kuat bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang kita buat ini, kita mengutip tulisan rohadirigh.com lalu kita buat semakin unik memakai alat canggih ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada tulisan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly guna menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Tapi jangan memakai trik optimasi on-page tulisan sobat hanya untuk kepentingan SEO.
Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai variasi misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel anda dapat merajai page one.
0 Response to "Bagaimana Tips Membuat Konten Seo Friendly"
Catat Ulasan