15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Metode menulis konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit artikel yang dibagikan juga sudah expired, tetapi karena masih nongkrong di pejwan masih dipakai. Banyak hal yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kami tuliskan dalam poin pertama karena admin pastikan sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.
 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kita. So, tidak heran kalau UX menjadi salah satu hal penting yang digunakan Google untuk menghilangkan dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari UX di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing website kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, halaman blog mana yang user klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Mudahnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa merekam hampir seluruh aktivitas browsing kamu, meski tanpa menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi se-expert apapun tips pembuatan tulisan SEO Milikmu, kalau tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan user experience? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pengunjung sebagai raja.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword harus dimasukkan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Tapi hal ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title postingan.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat baik juga rangking di search engine.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda bisa menulis tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika kamu bersikeras membuat konten dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu tidak akan tepat.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Maksud saya adalah konten yang tidak cuma panjang , namun juga berisi tema secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google baru-baru ini menghasilkan kalau umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

perhatian : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar inti yang kamu sampaikan dapat lebih luas dan lengkap.

5. Pakai Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total ideal internal link tiap kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post malah membantu user sebaiknya buat saja.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per artikel sebaiknya jangan dengarkan, pasti yang ngasih saran tidak update ilmu SEOnya.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, jumlah interlink website per artikel ? Banyak.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Relevan


Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat khawatir ranking webnya turun jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link anda ke situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap situs sobat sebagai web yang bagus karena selalu mereferensikan situs yang memiliki nama baik.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

External link ke situs yang sesuai dengan topik artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai kualitas untuk sebuah artikel.

kalian malah harus waspada jika persentase keyword density over, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Contoh, anda lagi menulis tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi sobat bisa memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Contoh lain kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika anda dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. sobat juga bisa menambahkan istilah-istilah yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi keyword yang paling menonjol pada artikel kamu.

Namun dalam kenyataannya, penulis yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang diinginkan saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor silau dan langsung pergi karena konten yang dibaca kelihatan tidak profesional.

Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna gagasan terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu artikel.

11. Pakailah URL Pendek dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.

Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan tidak artistik.

Agar tidak menggangu, kamu dapat menempatkan keyword kalian di meta deskripsi untuk user wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian di search engine.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba

Penting sekali memilih keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dibaca pencarian nah saat mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor saat googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan dipotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada mesin yang melakukan indeking di artikel itu.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kalian memakai image berasal dari Google, sebaiknya merubah judul file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kamu tidak duplikat dengan image yang kalian unduh itu. Kalau perlu, kamu juga dapat mengganti meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu ulas, semakin mantap peluang Google mendeteksi tulisan anda menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dengan disertai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, dijelaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama secara terpisah di satu artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan konten kamu jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya alat yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan mantap bersaing menempati page one. Misalnya pada konten yang admin buat ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu kita rubah semakin unik menggunakan alat canggih ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika sobat membuat artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di export ke blogspot layaknya yang kita buat pada artikel ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan konten yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu bagus, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page tulisan kamu hanya semata-mata untuk SEO.

Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai hewan peliharaannya misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kalian dapat merajai page one.

0 Response to "15 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly, Kamu Sudah Coba"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel