12 Trik Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan
Jumaat, 8 Februari 2019
Add Comment
Cara menulis artikel banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang baik. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun karena masih ada di page one tetap dipakai. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting
Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah trik menulis artikel yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari sebuah website adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Tentu hampir mustahil dimanipulasi.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman user saat mereka menjelajahi website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing user, meski tidak menggunakan properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik menulis tulisan SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.
Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Kejadian yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Namun kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul Anda tidak jelas dan tidak menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di search engine.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut kurang efisien.
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda ulas dapat lebih luas dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena takut ranking webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kalian untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog kawan sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan isi artikel juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau kamu menjual produk/jasa).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai untuk sebuah tulisan.
kamu malah kudu berhati-hati kalau tingginya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Misal, kalian sedang membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat bisa memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau anda bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga dapat menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kita.
Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ruh paling penting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.
Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, kamu bisa menempatkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang melakukan crawling pada halaman itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kalian memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak duplikat dengan image yang kawan download itu. Jika bisa, sobat juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.
Semakin kaya informasi yang kawan berikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel sobat menjadikannya artikel yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang cocok.
Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini menjadikan tulisan sobat menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang kita posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai alat keren ini.
Namun untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan memakai cara optimasi on-page tulisan anda hanya semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kawan dapat merajai page one.
Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun karena masih ada di page one tetap dipakai. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting
Dikeluarkan master Seo, berikut ini adalah trik menulis artikel yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.
Related
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari sebuah website adalah user experience.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Kenapa user experience ?
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kamu. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari user experience di sini adalah aktivitas dan pengalaman user saat mereka menjelajahi website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di website, maka makin berkualitas konten dari web tersebut.
Pendapat yang masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing user, meski tidak menggunakan properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik menulis tulisan SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang tergolong ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Penulisan yang benar
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Inti dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Tapi poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi hambar dan susah dibaca.

Kejadian yang sering terjadi di website-website lokal, mudah ditemukan yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Readable
Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten alasannya menyesuaikan dari jumlah pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung
Click bait seringkali dibutuhkan untuk pembuatan artikel asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Namun kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Jadi, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Usahakan jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.
Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk jumlah karakter mulai dari pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pembaca dari search engine pasti melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul Anda tidak jelas dan tidak menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak berkualitas”.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak indah dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya menang di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo berpendapat tambah panjang artikel maka semakin baik juga rangking di search engine.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengunjung maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika Anda hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut kurang efisien.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian di Google belum lama ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang anda ulas dapat lebih luas dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam artikel
Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link per artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca anda sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, berapa interlink mereka per halamannya ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site yang Sesuai
Tidak jarang yang salah kaprah masalah ini. Karena takut ranking webnya jatuh kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Rohadiright.com Menegaskan, selama external link kalian untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog kawan sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan isi artikel juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau kamu menjual produk/jasa).
7. Sisipkan Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang bagus untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kawan tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai untuk sebuah tulisan.
kamu malah kudu berhati-hati kalau tingginya keyword density over, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Misal, kalian sedang membuat trik tentang cara menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat bisa memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain seperti pada contoh.

Serupa di atas, jika kamu membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau anda bisa memasukkan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga dapat menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kita.
Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang menggunakannya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk user experience, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dilihat membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan ruh paling penting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine apa yang dijadikan bahasan utama tulisan itu.
Misal :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi saran untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat artikel menjadi tidak readable.
Agar tidak menggangu, kamu bisa menempatkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Peletakan keyword di meta deskripsi, kamu dapat lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan pengguna ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat membaca file gambar , jadi pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang melakukan crawling pada halaman itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.
Tips:
Jika kalian memakai gambar berasal dari Google, sebaiknya merubah nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak duplikat dengan image yang kawan download itu. Jika bisa, sobat juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.
14. Tambahkan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kawan berikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel sobat menjadikannya artikel yang berkarakter.
Penelitian dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang cocok.
Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah pada sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini menjadikan tulisan sobat menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Membuat artikel adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang kita posting ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai alat keren ini.
Namun untuk membelinya kamu kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat membuat tulisan dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada konten ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat konten artikel yang SEO friendly untuk mencari visitor itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan memakai cara optimasi on-page tulisan anda hanya semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kawan dapat merajai page one.
0 Response to "12 Trik Menulis Konten SEO Friendly & Pasti Pejwan"
Catat Ulasan