15 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Teknik penulisan konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Seringkali tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah kadaluarsa, namun sebab masih ada di pencarian tetap digunakan. Banyak faktor yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru diposting

Dari master Seo, berikut ini merupakan tips membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kita masukkan sebagai poin paling penting karena admin pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 15 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin kawan dapat menciptakan backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience mustahil dibuat buat karena diluar kontrol kamu selaku penulis konten. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine mereka.

Pengertian dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi situs kawan. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Mudahnya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing kita, meski tanpa memakai properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun teknik menulis tulisan SEO Kawan, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.

Apa saja yang masuk ke dalam kategori user experience? Banyak.

Konten yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini wajib dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memenuhi topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua title agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 15 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Readable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus alasannya melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Gunakan Judul yang Clickbait


Seperti contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam membuat judul konten karena kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi sulit terbaca dan aneh saat dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Mungkin kamu user wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Untuk jumlah karakter dalam judul yang dibuat untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.

Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga title untuk search engine ini tetap nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari pencarian terkadang melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 15 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca hasilnya akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak kaleng kaleng.

Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Pakar Seo mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di mesin pencari.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu bersikeras membuat artikel panjang hanya untuk memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma panjang , tetapi juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini menghasilkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per konten tidak membuat lelah mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 15 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, berapa interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka dibanned Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Relevan


Newbie seringnya takut memberikan external linking. Akibat khawatir peringkat blognya jatuh jika membuat link keluar akibatnya banyak yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link sobat untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat blog kamu sebagai situs yang keren karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 15 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi ulasan juga membantu pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan artikel, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (jika kamu menjual produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya anda tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk sebuah postingan.

sobat malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density over, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 15 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, kamu sedang membuat trik tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan istilah-istilah yang mempunyai arti serupa seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lain seperti contoh di atas.

 15 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lagi jika kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau sobat dapat memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan sobat. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kawan bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol pada artikel kita.

Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya secara berlebihan dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi pengalaman pengguna, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor silau dan langsung pergi akibat tulisan yang dibaca tidak menarik.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic biasanya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna membuat pokok paling penting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan artikel h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek artikel dengan baik.

11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama konten itu.

Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan menjadi tidak readable.

Agar tidak menggangu, anda dapat menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian di google.

Peletakan keyword pada meta deskripsi, kamu bisa lebih leluasa dan luwes dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

 15 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Penting sekali memilih kata untuk meta deskripsi terlebih hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika mencari artikel di search engine, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Image


Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada mesin yang bekerja crawling pada tulisan itu.

Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Simpelnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kalian memakai gambar berasal dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image sobat tidak sama dengan image yang kawan unduh tersebut. Jika bisa, anda juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit cropping gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa membuat lola web .

14. Tambahkan Gambar ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu ulas, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kamu sebagai konten yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang tulisan tanpa gambar yang cocok.

Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca tulisan visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan postingan kawan menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan pembuatan tulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan kuat bersaing di pejwan. Seperti pada artikel yang saya posting ini, kita menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan segera lunas ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot seperti yang kita buat pada tulisan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel konten yang SEO friendly untuk mencari perhatian bot engine itu wajar, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page konten sobat hanya untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten sobat dapat merajai page one.

0 Response to "15 Cara Membuat Konten: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel