16 Cara Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Metode menulis artikel di internet memang beragam. Banyak orang sharing cara penulisan artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun sebab masih merajai di page one masih digunakan. Banyak hal yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dibuat master Seo, berikut ini adalah tips membuat artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi pondasi dalam suatu artikel yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience bisa disingkat UX.
 16 Cara  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah penikmat website kamu. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu hal penting yang dipakai Google untuk mengurangi penguasaan ranking di search engine mereka.

Arti dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka surfing blog milik kita. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa dipastikan makin berkualitas isi dari web itu.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing sobat, meski tanpa menggunakan produk google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun trik penulisan artikel SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk menentukan pencarian suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di judul itu artinya membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.

Peletakan keyword yang paling baik pada title adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin baik.

Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 16 Cara  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang Seo Friendly


Untuk panjang judul, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang dipakai tiap karakter.

3. Pakailah Judul yang Mengundang Klik


Misalnya contoh judul di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun title tulisan sebab kalau dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan not readable dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.

Solusi untuk hal itu.

Jika sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai manfaat untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mempermudah pencarian.

Usahakan jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di halaman pencarian.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih enak dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk ke blog.

 16 Cara  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Jika judul sobat kaku dan tidak nyaman dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di halaman pertama nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka biasanya dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat konten panjang cuma agar memenuhi target SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu itu tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya inti yang anda ulas bisa lebih mengena dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam postingan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa total internal link per kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca kamu maka silahkan saja.

 16 Cara  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Dulu memang ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap konten sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per artikel ? Banyak.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir soal ini. Akibat takut peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Rohadiright.com Menegaskan, selama external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web kalian sebagai web yang keren karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 16 Cara  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi ulasan juga membangun kepercayaan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (jika anda mengenalkan sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Jika masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya sobat tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk menilai nilai untuk sebuah artikel.

sobat malah wajib waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 16 Cara  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Misal, kawan lagi membuat tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kawan bisa memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

 16 Cara  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Contoh lagi kalau kawan menembak keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika anda dapat mengikutsertakan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. anda juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik jadul yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang penting pada tulisan kita.

Namun yang terjadi, penulis yang menggunakannya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, tapi dari segi user experience, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pengunjung silau dan langsung pergi akibat konten yang dibaca membingungkan.

Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap menomorsatukan segi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan gagasan terpenting pada suatu halaman website.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu halaman.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan bahasan utama tulisan tersebut.

Gambaran :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan menjadi tidak readable.

Untuk mengakalinya, kalian dapat memasukkan keyword anda pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kalian bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 16 Cara  Membuat Tulisan Yang SEO Friendly

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca search engine nah saat mengunjungi situs kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika lebih dari maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar pada bot yang melakukan crawling di konten itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file image.

Simpelnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kamu memakai gambar dari Google, pastikan merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak duplikat dengan image yang kalian unduh itu. Jika harus, kamu juga dapat merename meta-data dan ditambah sedikit sayatan image supaya file image itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai performa yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat ulas, semakin besar peluang Google mengindek konten kalian menjadikannya artikel yang berkualitas.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa image yang relevan.

Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang kita tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu artikel.

Ragam Keyword ini menjadikan konten kamu menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat artikel adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat menciptakan ribuan konten bukan copas dan mantap bersaing menempati page one. Seperti pada artikel yang saya buat ini, kita mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus membeli lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan segera lunas saat sobat membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 artikel unik. Kelebihannya telah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang saya lakukan pada konten ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly untuk menarik perhatian mesin pencari itu bagus, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog sobat. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page tulisan anda cuma untuk kepentingan SEO.

Sekarang ini algoritma bot engine sudah semakin canggih, apalagi si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang menambahkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten kawan dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "16 Cara Membuat Tulisan Yang SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel