10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Cara menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.

Mudah ditemukan trik mengenai teknik menulis artikel yang SEO friendly di internet, tapi tidak semuanya dapat diterapkan dan ada trik bahkan yang sudah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dari master Seo, berikut ini merupakan trik membuat artikel yang pasti bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Menjadi dasar dalam suatu artikel adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
 10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Alasan User Experience disebutkan pertama


Karena sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat karena diluar kontrol kamu sebagai pemilik web. So, tidak salah jika inilah salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.

Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing website milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, komponen blog mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Logikanya, kalau pengunjung betah di website, itu artinya makin berkualitas konten dari web tersebut.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing sobat, walaupun tidak menggunakan alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Temuan dari seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya se-expert apapun tips penulisan tulisan SEO Kawan, kalau tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria user experience itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience misalnya :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Gunakan Keyword di Judul Artikel


Ini wajib dimasukkan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Seringnya blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.

Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak harus sebenarnya mempermudah pada pencarian agar tetap utuh.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Misalnya contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun title artikel karena jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan sulit terbaca dan kaku saat dibaca. Namun kalau dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Tidak sulit jika Anda pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Jadi, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Untuk jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong di pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap enak dilihat karena nantinya pembaca dari pencarian terkadang membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau judul Anda tidak jelas dan kurang nyaman dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak bermutu.

Misalnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke poin pertama, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau kamu dapat menulis artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis artikel panjang cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah konten yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas topik secara menyeluruh.

Atau bahasa inggris biasa disebut dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang anda bahas dapat lebih luas dan lengkap.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika sobat yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

 10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Liputan6.com untuk perumpamaan, jumlah interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa dikenal dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Relevan


Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow ketika membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kawan ke web-web authority yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web kamu sebagai blogs yang keren karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

 10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link ke situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kamu menjual sesuatu).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?


Saat masih memakai Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan anda tidak kudu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu tulisan.

kalian malah harus waspada kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI dapat dikatakan mirip dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Penjelasannya adalah

Umpamanya, anda lagi menulis tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, jadi kalian dapat memberi istilah-istilah memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Contoh lain jika kawan menembak keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau anda dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga bisa menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting di tulisan kamu.

Tapi dalam prakteknya, pemilik website yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang dituju saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk sisi user experience, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dibaca kelihatan amatir.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan pada kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk gagasan paling penting pada suatu konten.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu postingan.

11. Gunakan URL singkat dan Gunakan Keyword Target


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, namun yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama konten itu.

Contoh :
Judul : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini banyak yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly umumnya menjadikan postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, kalian dapat menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet di google.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih bebas dan nyaman dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca saat mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt di Image


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image ke mesin yang bekerja crawling di artikel tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Biasanya, attribut alt diisi dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kawan memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti nama file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak duplikat dengan gambar yang kamu unduh itu. Jika harus, kalian juga bisa merubah meta-data dan melakukan sedikit sayatan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Tambahkan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan isi, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kalian sebagai tulisan yang berkualitas.

Penjelasan dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah di sekitar tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan konten kalian jadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Gunakan alat creator konten yang canggih


Membuat konten adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, namun dengan adanya tool yang keren ini kamu bisa menciptakan ribuan tulisan unik dan mampu bertahan menempati pejwan. Misalnya pada artikel yang kita buat ini, kita melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan alat supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus membeli lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada tulisan ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik keren yang dibimbing. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel artikel yang SEO friendly untuk menarik visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kamu. Namun jangan memakai cara optimasi on-page konten kawan cuma untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma google sudah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang saya sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kamu bisa merajai page one.

0 Response to "10 Cara Membuat Artikel: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel