Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense
Sabtu, 9 Februari 2019
Add Comment
Cara menulis konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi cara penulisan artikel yang pasti masuk page one. Biasanya ditulis sesuai pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya menjiplak tulisan orang.
Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kita tuliskan sebagai poin pertama karena kami pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience mustahil dibuat buat karena selain kontrol kamu selaku pemilik web. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon user ketika mereka surfing website kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tidak menggunakan produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun cara penulisan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.
Konten yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.
Ini kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku intinya kata pada pencarian agar tetap utuh.
Seperti contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun ide tulisan sebab jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi tidak terbaca dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Kalau kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.
Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.
Kalau kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.
Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara mendalam.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda bahas bisa lebih mengena dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Tidak jarang yang khawatir soal ini. Akibat khawatir Serp webnya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs kamu sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kalian menjual produk/jasa).
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari suatu tulisan.
kamu malah kudu berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, kamu sedang menulis trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lagi kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau sobat dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Memang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ruh terpenting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu artikel.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang seni.
Untuk mengakalinya, kawan bisa memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan membaca artikel yang tadi kita buat.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada mesin yang bekerja crawling di konten itu.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika kamu memakai gambar berasal dari Google, pastikan merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kamu download tersebut. Jika bisa, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.
Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kamu sebagai artikel yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Ragam Keyword ini membuat artikel kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan kuat bersaing di page one. Seperti pada artikel yang admin posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk membelinya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang kita buat pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan anda hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kawan dapat merajai page one.
Mudah ditemukan tips-tips tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan seringkali trik bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dibuat pakar Seo, di bawah ini adalah cara membuat artikel yang pasti bisa masuk page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini kita tuliskan sebagai poin pertama karena kami pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dimanipulasi.
Mungkin sobat bisa menciptakan backlink atau konten yang clickbait namun,, user experience mustahil dibuat buat karena selain kontrol kamu selaku pemilik web. So, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan penting yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon user ketika mereka surfing website kawan. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, halaman web mana yang pengunjung klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, bisa disimpulkan makin menarik konten dari web itu.
Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tidak menggunakan produk mereka misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya se-expert apapun cara penulisan tulisan SEO Milikmu, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.
Konten yang unik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pembaca sebagai ratu.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel
Ini kudu dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan sobat.
Penyisipan keyword yang paling tepat pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam title postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penggabungan yang kurang pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku intinya kata pada pencarian agar tetap utuh.
3. Pakailah Title yang Clickbait
Seperti contoh artikel di atas, kadang ditemukan kesulitan ketika menyusun ide tulisan sebab jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa menjadi tidak terbaca dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.
Untuk masalah diatas, saya ada solusi.
Kalau kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul tulisan. Sehingga, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang ditentukan untuk search engine sekitar 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter mulai dari penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari pencarian pasti melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan CTR di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah website AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet milik mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang berpendapat tambah panjang artikel maka semakin baik juga peringkatnya di mesin pencari.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan pertama, melihat dari user experiencenya.
Kalau kamu dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras membuat artikel dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO (dengan isi tulisan sembarang dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut tidak akan tepat.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga berisi tema secara mendalam.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Hindari berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda bahas bisa lebih mengena dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan
Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link per kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per konten malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten sebaiknya biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Bisa melihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Authority Site Sebagai Rujukan
Tidak jarang yang khawatir soal ini. Akibat khawatir Serp webnya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website sobat. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs kamu sebagai situs yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membantu visitor untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan gunakan attribut nofollow untuk web-web affiliate (seumpama kalian menjual produk/jasa).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kamu tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi nilai dari suatu tulisan.
kamu malah kudu berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Sebagai Contoh, kamu sedang menulis trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi kamu bisa memberi istilah-istilah mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam tulisanmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya pada contoh.

Contoh lagi kalau kalian membidik keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau sobat dapat mengikutsertakan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kalian juga bisa menambahkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang paling menonjol di artikel kamu.
Tapi yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.
Memang bisa sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa menjadikan pengunjung sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat tulisan yang dilihat membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic wajarnya digunakan untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. sobat dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ruh terpenting pada suatu tulisan.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja sebab h1 adalah gagasan utama suatu artikel.
11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak variasi keyword, tapi yang mudah dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama tulisan tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak memperhatikan. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang seni.
Untuk mengakalinya, kawan bisa memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pengguna wp bisa menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kawan dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi blog anda, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna ketika googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan mengundang rasa penasaran, tidak cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk membuka dan membaca artikel yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk memperjelas isi file image pada mesin yang bekerja crawling di konten itu.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword target.
Tips:
Jika kamu memakai gambar berasal dari Google, pastikan merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar anda tidak duplikat dengan image yang kamu download tersebut. Jika bisa, kawan juga bisa memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit cropping gambar agar file gambar itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web ketika dibuka.
14. Tambahkan Gambar ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kamu sebagai artikel yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, dikutip dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah variasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Ragam Keyword ini membuat artikel kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat membuat ribuan konten bukan copas dan kuat bersaing di page one. Seperti pada artikel yang admin posting ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com kemudian saya rubah menjadi unik menggunakan alat keren ini.
Namun untuk membelinya sobat harus membeli lisensi setiap tahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat mencapai 4000 artikel unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang kita buat pada postingan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly untuk menarik pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page postingan anda hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma google sudah semakin canggih, lagi lagi mesin pencari Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami sebutkan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan kawan dapat merajai page one.
0 Response to "Bagaimana Tips Membuat Artikel Seo Friendly Untuk Daftar Adsense"
Catat Ulasan