15 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik
Sabtu, 9 Februari 2019
Add Comment
Metode penulisan artikel di internet memang beragam. Banyak orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.
Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah cara membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kita tuliskan sebagai poin dasar karena admin pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau konten yang menarik namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, walaupun tanpa menggunakan properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun tips menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai raja.
Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten alasannya melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Tidak sulit jika kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik saat dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis konten panjang cuma untuk memenuhi poin SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap artikel malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka abaikan saja, sudah ketinggalan bro.
Lihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per postingan ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Banyak yang khawatir masalah ini. Karena khawatir Serp blognya turun kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog kalian sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan sobat merekomendasikan produk/jasa).
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk sebuah postingan.
anda malah harus waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kamu sedang membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka anda bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lagi kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kawan dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.
Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari user experience, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ruh terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu artikel.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang indah.
Agar tidak menggangu, anda dapat menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada google.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika membuka blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang melakukan crawling di konten itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Jika kamu memakai gambar berasal dari Google, pastikan merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang kawan unduh itu. Jika harus, kalian juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin besar peluang Google mendeteksi tulisan kamu sebagai konten yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang cocok.
Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini membuat artikel kawan jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan siap bertahan di page one. Seperti pada konten yang admin posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel anda bisa segera bersaing di SERP.
Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di google, namun tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang telah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dikeluarkan master Seo, di bawah ini adalah cara membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one walaupun algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini kita tuliskan sebagai poin dasar karena admin pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin sobat bisa menggenerate backlink atau konten yang menarik namun,, user experience hampir mustahil dibuat buat karena mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user ketika mereka menjelajahi website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang mereka klik, dan sebagainya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing pembaca, walaupun tanpa menggunakan properti google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun tips menulis artikel SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam hitungan user experience? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Pemasangan iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Mengurangi kesalahan ejaan (typo)
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Fokus dari UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan menempatkan pembaca sebagai raja.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Memasukkan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tetap enak dilihat dan konversi menjadi klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama masuk pada title artikel.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Clickable
Usahakan panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Jumlah ini tidak paten alasannya melihat dari jumlah pixel yang dipakai tiap karakter.
3. Gunakan Title yang Mengundang Klik
Click bait seringkali dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Tetap fokus dan bisa menyisipkan keyword dalam title.. Tapi kalau dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak dapat masuk.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Tidak sulit jika kamu pemakai wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai manfaat untuk mengganti judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 konten. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mempermudah pencarian.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong pada halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap enak dilihat karena nantinya pengunjung dari pencarian terkadang melihat judul dan deskripsi artikel kamu / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Jika judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik saat dibaca maka akan menghilangkan keinginan klik artikel di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga peringkatnya di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau kamu bisa membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Namun kalau Anda hanya berputar putar menulis konten panjang cuma untuk memenuhi poin SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara lengkap dan menyeluruh.
Dalam bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini mendapati bahwasanya rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya poin yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam artikel
Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Bagaimana penentuan internal link untuk tiap konten ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kamu merasa 10 internal link tiap artikel malah membantu pengunjung maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post maka abaikan saja, sudah ketinggalan bro.
Lihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per postingan ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Bermanfaat untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar yang Relevan
Banyak yang khawatir masalah ini. Karena khawatir Serp blognya turun kalau membuat link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow saat membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan topik artikel, maka memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog kalian sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan blog yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan topik tulisan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan sobat merekomendasikan produk/jasa).
7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kamu tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk sebuah postingan.
anda malah harus waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis definisinya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Gambarannya begini
Sebagai Contoh, kamu sedang membuat trik tentang cara menulis konten yang SEO friendly, maka anda bisa menambahkan istilah-istilah mempunyai arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lagi kalau sobat menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kawan dapat memasukkan kata-kata seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. kalian juga bisa memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang sudah dikenal oleh dunia IM yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.
Namun yang terjadi, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi penguatan keyword, tapi dari user experience, sangat buruk. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena artikel yang dibaca membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ruh terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 adalah topik utama suatu artikel.
11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang menjadi bahasan utama artikel itu.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang indah.
Agar tidak menggangu, anda dapat menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi kalau pemakai wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet pada google.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika membuka blog anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling di mesin pencarian, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.
Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file gambar pada robot yang melakukan crawling di konten itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Jika kamu memakai gambar berasal dari Google, pastikan merubah judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak duplikat dengan gambar yang kawan unduh itu. Jika harus, kalian juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit sayatan image supaya file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau dirasa terlalu membuat lola web .
14. Pengunaan Media ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kamu sajikan, semakin besar peluang Google mendeteksi tulisan kamu sebagai konten yang mantap di pejwan.
Menurut dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang relevan dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang cocok.
Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar tulisan.
Variasi Keyword ini membuat artikel kawan jadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan
Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan penulis konten merasa terbebani, namun dengan memakai alat yang mantap ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan siap bertahan di page one. Seperti pada konten yang admin posting ini, saya melansir artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool supeer ini.
Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin lakukan pada artikel ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu diinginkan oleh pembuat blog, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page postingan kamu hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah konten yang memberikan nilai (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel anda bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "15 Tips dan Panduan Membuat Artikel Yang Baik"
Catat Ulasan