9 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula
Jumaat, 1 Februari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma copy paste.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, namun hanya akibat masih merajai di pencarian masih digunakan. Banyak hal yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dari master Seo, di bawah ini merupakan cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini saya masukkan dalam poin paling penting karena kami pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin kamu bisa menggenerate backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing website milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang user klik, dan sebagainya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing kita, walaupun tanpa menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun trik pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.
Ini kudu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.
Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang anda ulas bisa lebih luas dan lengkap.
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel malah membantu pembaca maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per artikel ? Banyak.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap web anda sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau sobat mengenalkan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu tulisan.
kawan malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Misal, kamu sedang membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau sobat dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Cara yang telah dikenal sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan pokok paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu artikel.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel tidak artistik.
Untuk mengakalinya, anda dapat menempatkan keyword anda di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten kita.
Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling di artikel tersebut.
Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Jika kalian memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Jika perlu, kamu juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit editan image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang anda ulas, tambah mantap kemungkinan Google mengindek konten anda sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.
Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.
Inonasi Keyword ini menjadikan konten anda jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan mampu bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang admin buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai tool supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang saya lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel sobat cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat dapat merajai page one.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga sudah kadaluarsa, namun hanya akibat masih merajai di pencarian masih digunakan. Banyak hal yang menjadikannya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dari master Seo, di bawah ini merupakan cara menulis artikel yang pasti dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.
Related
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini saya masukkan dalam poin paling penting karena kami pastikan sebagai elemen paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Mungkin kamu bisa menggenerate backlink atau tulisan yang clickbait namun,, user experience mustahil dimanipulasi karena mereka adalah pembaca website kamu. Jadi, tidak heran kalau UX menjadi salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka surfing website milik kita. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman web mana yang user klik, dan sebagainya.
Logikanya, kalau pengunjung betah di suatu web, itu artinya makin berkualitas konten dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berpendapat bahwa Google dapat merekam hampir semua aktivitas browsing kita, walaupun tanpa menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sekeren apapun trik pembuatan tulisan SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya yaitu :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword pada Judul Artikel
Ini kudu dilakukan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk memenuhi pencarian suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya situs dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.
Misalnya yaitu website AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di search engine.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, tergantung dari user experiencenya.
Jika Anda dapat menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi kalau Anda bersikeras menulis artikel dengan banyak kata hanya supaya memenuhi target SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
warning : Jangan menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang anda ulas bisa lebih luas dan lengkap.
5. Isi Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking yaitu link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link tiap kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel malah membantu pembaca maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink mereka per artikel ? Banyak.
Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.
Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.
Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Authority Site yang Sesuai
Pemain lama seringnya takut memberikan external linking. Karena khawatir Serp blognya jatuh kalau memberi link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google akan menganggap web anda sebagai situs yang bagus karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi bahasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, pakai attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan bahasan, dan pakai rel nofollow untuk web-web affiliate (kalau sobat mengenalkan sesuatu).
7. Sisipkan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma terbaru Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu tulisan.
kawan malah wajib berhati-hati kalau tingginya keyword density terlalu sering, sebab bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI dapat dikatakan hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).
Penjelasannya adalah
Misal, kamu sedang membuat trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, maka kamu bisa menambahkan kata kata yang mempunyai arti serupa misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain seperti contoh di atas.

Serupa di atas, kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau sobat dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kalian juga dapat menambahkan istilah-istilah yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Cara yang telah dikenal sejak jaman dulu yang sering disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di tulisan kita.
Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari pengalaman pengguna, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pengunjung tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk istilah-istilah tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan tetap mengedepankan segi user experience.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menuliskan pokok paling penting pada suatu konten.
Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu artikel.
11. Gunakan URL Pendek dan Mengandung Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.
Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga memberi saran untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.
Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Optimasi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel tidak artistik.
Untuk mengakalinya, anda dapat menempatkan keyword anda di meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian di google.
Dengan menaruh keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan membuat klik di SERP, kalian bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten kita.
13. Memberi Attribut Alt di Image
Google tidak bisa membaca file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke mesin yang bekerja crawling di artikel tersebut.
Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Jika kalian memakai gambar dari Google, terlebih dahulu mengganti judul file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak sama dengan gambar yang kalian unduh tersebut. Jika perlu, kamu juga bisa mengganti meta-data dan melakukan sedikit editan image supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file jika terasa membuat lola web .
14. Isi Media ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang anda ulas, tambah mantap kemungkinan Google mengindek konten anda sebagai artikel yang mantap di pejwan.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten dilengkapi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa gambar yang cocok.
Selain itu, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.
Inonasi Keyword ini menjadikan konten anda jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Samakah dengan pembuatan konten yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan
Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan artikel unik dan mampu bersaing menempati page one. Seperti pada konten yang admin buat ini, saya mengutip tulisan rohadirigh.com kemudian kita buat semakin unik memakai tool supeer ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat konten dengan sekali klik bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot seperti yang saya lakukan pada postingan ini. Kalau kawan berminat silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel postingan yang SEO friendly guna mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel sobat cuma semata-mata untuk SEO.
Sekarang ini algoritma google sudah semakin canggih, ditambah si raksasa Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Tulislah postingan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel sobat dapat merajai page one.
0 Response to "9 Tips Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"
Catat Ulasan