Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense
Jumaat, 15 Februari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dari ahli Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini admin tuliskan dalam poin paling penting karena kita pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau konten yang klikable namun,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kontrol kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, maka makin menarik isi dari web tersebut.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tidak menggunakan alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun trik penulisan artikel SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai raja.
Ini perlu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Jika sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca karena nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul sobat kaku dan tidak menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.
Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras menulis tulisan panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu kurang efisien.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link per post malah membantu user sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Newbie seringnya takut memberikan external linking. Karena takut Serp blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kalian sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau sobat mengenalkan sesuatu).
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai untuk sebuah postingan.
kawan malah kudu waspada jika persentase keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, sobat sedang membuat tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Serupa di atas, kalau anda menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kamu bisa memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kawan juga dapat memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.
Namun pada kenyataannya, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat kelihatan amatir.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat gagasan paling penting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan kurang indah.
Untuk mengakalinya, sobat dapat menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pemakai wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada mesin yang melakukan crawling pada konten yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau anda memakai gambar dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang kamu download itu. Kalau harus, anda juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa membuat lola web .
Semakin kaya informasi yang anda ulas, tambah besar peluang Google mengindek artikel sobat menjadikannya postingan yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang relevan.
Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu konten.
Ragam Keyword ini membuat artikel kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
Membuat konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kalian cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma bot engine telah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat merajai page one.
Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di internet, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan ada beberapa bahkan yang telah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dari ahli Seo, di bawah ini adalah tips menulis artikel yang dijamin bisa masuk page one memakai algoritma terbaru google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini admin tuliskan dalam poin paling penting karena kita pastikan sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dimanipulasi.
Mungkin kawan dapat memanipulasi backlink atau konten yang klikable namun,, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kontrol kamu sebagai pemilik web. Jadi, tidak salah kalau inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, berapa halaman yang pembaca suka, komponen web mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, maka makin menarik isi dari web tersebut.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing user, walaupun tidak menggunakan alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun trik penulisan artikel SEO Milikmu, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang termasuk ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna misalnya :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Kecepatan loading
Responsive design
Kesimpulannya UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai raja.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel
Ini perlu dilakukan jika Kamu ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu yang dicari pengguna.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.
Penyisipan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.
Tapi poin ini bukan suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan keseluruhan judul agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Fenomena yang sering terjadi di blog dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title artikel.
Misalnya title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.
3. Pakailah Title yang Mengundang Klik
Click bait terkadang dibutuhkan untuk menarik minat pembaca asal tidak berlebihan. Utamakan pengalaman pengguna dan bisa memasukkan keyword dalam title.. Namun jika dibuat menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Solusi untuk hal itu.
Jika sobat user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau sejenisnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Kamu punya 2 judul untuk 1 artikel. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih enak dibaca karena nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan deskripsi tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum masuk membaca di situs anda.

Kalau judul sobat kaku dan tidak menarik saat dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di Pencarian dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.
AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Pakar Seo mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di pencarian google.
Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.
Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Tetapi jika kamu bersikeras menulis tulisan panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu kurang efisien.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara menyeluruh.
Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menemukan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya tema yang kamu sampaikan bisa lebih luas dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam konten
Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link per kontennya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan merasa 10 internal link per post malah membantu user sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per artikel maka biarkan saja, sudah tidak jaman bro.
Taruhlah Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.
Apakah mereka dibanned Google ? Tentu tidak.
Bermanfaat untuk user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Authority Site yang Relevan
Newbie seringnya takut memberikan external linking. Karena takut Serp blognya jatuh kalau membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web sobat. Malah sebaliknya, Google akan melihat blog kalian sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan situs yang sudah di percaya.

External link yang ditujukan web-web yang sesuai dengan isi artikel juga memudahkan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk web-web affiliate (kalau sobat mengenalkan sesuatu).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang tepat untuk tulisan yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk menilai nilai untuk sebuah postingan.
kawan malah kudu waspada jika persentase keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.
8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Sebagai Contoh, sobat sedang membuat tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, maka kamu dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso memiliki arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya pada contoh.

Serupa di atas, kalau anda menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik jika kamu bisa memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kawan juga dapat memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Cara yang sudah dilakukan sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.
Namun pada kenyataannya, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, janggal. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pengunjung tidak suka dan langsung pergi karena tulisan yang dilihat kelihatan amatir.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic biasanya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan segi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat gagasan paling penting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti ulasan artikel h2.
Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang kaya variasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.
Misal :
Judul : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, tapi keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan kurang indah.
Untuk mengakalinya, sobat dapat menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pemakai wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, sobat dapat lebih leluasa dan luwes dalam membuat konten untuk pengguna {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mendatangi blog kalian, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling pada search engine, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, bukan hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa menciptakan meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi tulisan kita.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, maka penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image pada mesin yang melakukan crawling pada konten yang dibuat.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file image.
Biasanya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau anda memakai gambar dari Google, terlebih dahulu merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang kamu download itu. Kalau harus, anda juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar agar file image tersebut seperti “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa membuat lola web .
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang anda ulas, tambah besar peluang Google mengindek artikel sobat menjadikannya postingan yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa image yang relevan.
Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin tuju dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada satu konten.
Ragam Keyword ini membuat artikel kamu jadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat konten yang modern
Membuat konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan tulisan unik dan mantap bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kawan harus memiliki lisensi pertahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa digunakan di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat postingan konten yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, karena bisa meningkatkan penghasilan ke blog kamu. Tapi jangan menggunakan cara optimasi on-page artikel kalian cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma bot engine telah semakin pintar, apalagi mesin pencari Google memakai bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, biasanya artikel kawan dapat merajai page one.
0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense"
Catat Ulasan