9 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya dibagikan sesuai pengalaman pribadi ada juga yang hanya menjiplak karya orang.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi karena masih nongkrong di page one tetap dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan pakar Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling penting dari sebuah situs yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 9 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dibuat buat sebab selain kendali kita sebagai pemilik web. So, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman mesin pencari google.

Pengertian dari pengalaman pengguna di sini yaitu kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi website sobat. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.

Logikanya, semakin lama dan betah mereka di website, itu artinya makin berkualitas isi dari web tersebut.

Asumsi ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing user, meski tidak menggunakan alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.

Jadi sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tepat

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan menempatkan pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Ini harus dilakukan kalau Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menentukan topik suatu tulisan.

Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar masih enak dilihat dan mengundang klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 9 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Seringnya website-website lokal, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword berat masuk pada title artikel.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka kurang pas dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga peringkatnya di pencarian google.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun kalau kamu bersikeras membuat tulisan dengan banyak kata cuma agar memenuhi target SEO misalnya(diisi tulisan sembarang dan muter-muter) kami rasa cara kamu itu tidak akan tepat.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud yaitu artikel yang tidak hanya panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.

Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan kalau umumnya kata dalam konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sedapat mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak berputar putar, agar tema yang kamu ulas bisa lebih luas dan lengkap.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link per konten malah memudahkan visitor maka silahkan saja.

 9 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap artikel maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink website per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, maka 85% power dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Authority Site Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Karena takut peringkat webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link anda untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kalian. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kamu sebagai situs yang bagus karena selalu merujuk blog yang sudah di percaya.

 9 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi artikel juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan rel dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web affiliate (persiapan kamu mengenalkan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kalian tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu tulisan.

kawan malah harus berhati-hati kalau persentase keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, kalian sedang menulis tips tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, maka sobat dapat memberi istilah-istilah memiliki maksud yang mirip dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam seperti pada contoh.

 9 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Contoh lain jika kamu menembak keyword “baju muslim”, so sebaiknya kalau kawan dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. sobat juga bisa menambahkan kata yang saling terkait seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI anda bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa tetapi salah satu teknik ampuh yang sering disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada tulisan kamu.

Namun pada prakteknya, penulis yang memakainya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang bisa sedikit membantu dari segi penguatan keyword, namun untuk sisi pengalaman pengguna, tidak baik. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan pembaca sakit mata dan langsung pergi karena tulisan yang dibaca tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. kalian bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk menentukan pokok terpenting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan tulisan h2.

Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

perhatikan: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.

11. Gunakan URL Pendek dan Gunakan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama tulisan itu.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi trik untuk menggunakan antara 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan postingan jadi agak kaku.

Untuk mengakalinya, kawan dapat memasukkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pemakai wp sering memakai plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di google.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, kalian dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 9 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat search engine nah saat mengunjungi situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca ketika mencari artikel di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing rasa penasaran, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kawan akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan kita.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada bot yang bekerja indeking di tulisan tersebut.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kamu memakai gambar berasal dari Google, pastikan mengganti title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak sama dengan image yang kamu download itu. Kalau bisa, kalian juga bisa mengganti meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file gambar itu benar benar “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai performa yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam Artikel seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang sobat ulas, semakin mantap peluang Google mengindek artikel sobat menjadikannya tulisan yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel memakai gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada tulisan tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.

Ragam Keyword ini membuat postingan kawan jadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan tulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.

16. Pakailah alat pembuat konten yang tidak ketinggalan


Menciptakan konten adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan konten unik dan mampu bertahan di pejwan. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, saya mengutip konten rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik memakai tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika kamu membuat tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang kita buat pada tulisan ini. Kalau sobat berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly untuk mencari visitor itu diinginkan oleh pembuat blog, sebab bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Namun jangan menggunakan cara optimasi on-page tulisan kamu hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Tulislah tulisan yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kawan bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "9 Tips Menulis Konten SEO Friendly yang Baik dan Benar"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel