12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik penulisan artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya copy paste.

Terkadang tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, tetapi sebab masih nongkrong di pejwan masih dipakai. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil tulisan yang baru diposting

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah tips membuat artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini admin masukkan dalam poin pertama karena admin anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.
 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab selain kontrol kita selaku penulis konten. Jadi, tidak heran kalau inilah salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk mengurangi penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari user experience di sini yaitu aktivitas dan pengalaman pembaca saat mereka surfing blog milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web tersebut.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google bisa menemukan hampir semua aktivitas browsing user, meski tidak memakai alat mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun cara menulis tulisan SEO Sobat, kalau tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang unik adalah termasuk dalam user experience.

Hal lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Inti dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Ini perlu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menentukan topik suatu yang dicari pengguna.

Tidak memberi keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun hal ini tidaklah suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua judul agar masih enak dilihat dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi hambar dan susah dibaca.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Biasanya website-website lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword berat masuk pada judul postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang hampir mirip berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang Clickable


Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus intinya kata pada pencarian agar tetap utuh.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Seperti contoh kasus di atas, kadang ada yang kesulitan dalam membuat judul tulisan sebab jika dibuat sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi tidak terbaca dan aneh saat dibaca. Tapi jika dibuat menjadi judul yang luwes dan mengundang klik, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.

Trik membuat Judul yang Seo Friendly.

Bagi sobat pengguna wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Hebatnya, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google menentukan Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga title untuk search engine ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine biasanya membaca judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan kamu / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang menarik ketika dibaca hasilnya akan mengurangi keinginan klik artikel di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak murahan.

Contoh mudahnya yaitu situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang tidak ditemukan dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang mengeluarkan statement tambah panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di mesin pencari.

Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, tergantung dari pengalaman pengguna.

Kalau Anda dapat menulis artikel yang panjang dengan fokus mengutamakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis artikel panjang cuma agar memenuhi poin SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan muter-muter) kita rasa cara kamu itu tidak akan berhasil.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Penelitian dari situs ternama Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan jumlah kata. Malah, sedapat mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, supaya topik yang kamu ulas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Pakai Internal Linking dalam konten


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap konten ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per artikel tidak membuat lelah mata pembaca kalian maka silahkan saja.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap post sebaiknya biarkan saja, pasti yang memberi tips tidak update pengalaman SEOnya.

Taruhlah Liputan6.com sebagai contohnya, total interlink mereka per page ? Ngga terhitung.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar yang Sesuai


Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat takut ranking webnya jatuh jika membuat link keluar maka banyak yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link kawan ke web-web authority yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek jelek ke web anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog sobat sebagai situs yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan visitor untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang terpercaya.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, dan pakai rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kalian merekomendasikan sesuatu).

7. Jangan Mengkhawatirkan Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya kalian tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah postingan.

sobat malah kudu waspada kalau seringnya keyword density terlalu sering, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin sobat optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Misal, sobat sedang membuat trik tentang tips membuat artikel yang SEO friendly, jadi anda dapat menambahkan kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Serupa di atas, kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, so akan sangat menarik kalau kamu dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Sederhana tetapi salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada artikel kamu.

Namun yang terjadi, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya tidak mempertimbangkan user experience.

Mungkin itu bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi dari segi pengalaman pengguna, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor bingung dan langsung pergi karena artikel yang dibaca kelihatan amatir.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Untuk italic umumnya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. kamu bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan sisi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk elemen-elemen paling penting pada suatu konten.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Sisipkan Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh mesin pencari seperti yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Misal :
Title : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa bersaing.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga memberi saran untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata pada permalink.

Umumnya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama agar lebih SEO friendly biasanya membuat postingan jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, anda dapat memasukkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk user wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat awal.

 12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mendatangi situs sobat, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan calon pembaca ketika mencari tulisan di mesin pencarian, jadi gunakan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan memancing klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon visitor semakin tergoda untuk membuka dan membaca artikel yang tadi kita buat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke bot yang bekerja indeking pada artikel itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Jika sobat menggunakan gambar dari Google, sebaiknya mengganti nama file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kawan tidak sama dengan image yang kalian download itu. Jika perlu, kalian juga dapat merubah meta-data dan ditambah sedikit cropping image agar file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Pengunaan Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kawan berikan, semakin besar kemungkinan Google mendeteksi tulisan kawan sebagai konten yang berkarakter.

Survei dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada postingan tanpa image yang relevan.

Selain itu, dilansir dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya maksud dengan inovasi keyword yaitu pemakaian keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada sekitar konten.

Variasi Keyword ini menjadikan konten anda jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang canggih


Menciptakan artikel adalah hal yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan tulisan bukan copas dan kuat bertahan menempati pejwan. Seperti pada artikel yang admin posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com lalu saya buat menjadi unik menggunakan alat keren ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Hebatnya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada tulisan ini. Jika kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja telah banyak trik keren yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan artikel yang SEO friendly guna menarik perhatian mesin pencari itu bagus, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan anda hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma bot engine telah semakin canggih, ditambah mesin pencari Google memakai bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda dapat segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Cara Menulis Tulisan SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel