12 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar
Sabtu, 9 Februari 2019
Add Comment
Metode penulisan konten website di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.
Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dibuat master Seo, berikut ini merupakan trik membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini admin masukkan dalam poin pertama karena admin pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kendali kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tidak memakai produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai ratu.
Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.
Seperti contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan ketika membuat title tulisan sebab jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap artikel malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per halamannya ? Banyak.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
Banyak yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut peringkat blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web kawan sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu merekomendasikan sesuatu).
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu tulisan.
kamu malah wajib waspada jika tingginya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Misal, anda lagi membuat tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika sobat menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kamu bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. sobat juga dapat menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada tulisan kamu.
Namun dalam kenyataannya, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Terkadang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor silau dan langsung pergi karena konten yang dilihat kelihatan amatir.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan gagasan terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten itu.
Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel tidak artistik.
Agar tidak menggangu, kalian dapat menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke bot yang bekerja indeking di artikel itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika kalian memakai gambar dari Google, sebaiknya merubah nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Jika bisa, kamu juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa memberatkan loading web .
Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kawan sebagai postingan yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Variasi Keyword ini menjadikan postingan anda menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan artikel unik dan siap bersaing di pejwan. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai tool canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan artikel yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu wajar, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page konten anda hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma bot engine telah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google dengan berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah konten yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan sobat bisa merajai page one.
Banyak trik mengenai cara menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, tapi tidak semuanya bisa diterapkan dan seringkali beberapa bahkan yang sudah outdated dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.
Dibuat master Seo, berikut ini merupakan trik membuat tulisan yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma paling update google.
Related
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal ini admin masukkan dalam poin pertama karena admin pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang mempengaruhi tulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tidak seperti backlink dan konten, user experience hampir mustahil dimanipulasi sebab diluar kendali kita sebagai penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu pertimbangan paling mendasar yang digunakan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari UX di sini adalah kegiatan dan pengalaman pengguna saat mereka mengunjungi website kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pembaca klik, dan sebagainya.
Gampangnya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas konten dari web tersebut.
Pendapat yang masih menjadi perdebatan, tapi sebagian orang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir semua kegiatan browsing kamu, walaupun tidak memakai produk google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu faktor naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun cara pembuatan artikel SEO Sobat, kalau tidak mengedepankan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya menurun.
Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.
Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.
Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :
- Template yang ok untuk pengguna
- Lokasi iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Mengurangi kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Inti dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai ratu.
2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Artikel
Memasukkan keyword kudu dimasukkan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada title yaitu yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.
Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dilihat dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di blog dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword berat masuk pada title postingan.
Seperti title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik tapi penggabungan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat judul yang Clickable
Untuk panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Batasan ini tidak baku intinya mempermudah pada pencarian agar tidak terpotong.
3. Gunakan Judul yang Merangsang Pengunjung
Seperti contoh artikel di atas, kadang ada yang kesulitan ketika membuat title tulisan sebab jika dibuat sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibikin menjadi judul yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.
Trik membuat Judul yang Seo Friendly.
Bagi Anda user wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang mempunyai fungsi untuk mengganti judul artikel. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk search engine.
Untuk jumlah karakter dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik di halaman pencarian.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk pencarian google ini tetap nyaman dilihat karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) di search engine sebelum masuk ke blog.

Jika judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak nyaman dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google jadi berfikir, “ini situs di halaman pertama tapi kok tidak menarik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak indah dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan seringkali tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah panjang artikel maka semakin baik pula peringkatnya di pencarian google.
Anggapan ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Kalau Anda bisa membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda hanya berputar putar menulis tulisan dengan banyak kata cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) saya rasa cara Anda tersebut kurang berhasil.
Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga berisi tema secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati kalau umumnya panjang konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.
penting : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu jelaskan dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Gunakan Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan merasa 10 internal link tiap artikel malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink website per halamannya ? Banyak.
Apakah situs itu di penalty Google ? Tentu tidak.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, maka 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan
Banyak yang salah kaprah masalah ini. Akibat takut peringkat blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, asalkan external link kamu untuk web-web authority yang relevan dengan isi tulisan, maka memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web kawan sebagai web yang terpercaya karena selalu mereferensikan web-web yang sudah di percaya.

External link ke web-web yang sesuai dengan topik ulasan juga memudahkan user untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika membuat link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan tentukan attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu merekomendasikan sesuatu).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu artikel.
Berapa keyword density yang bagus untuk konten yang SEO friendly ?
Saat masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya kamu tidak perlu terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk suatu tulisan.
kamu malah wajib waspada jika tingginya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda definisinya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Misal, anda lagi membuat tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang mirip dari bakso itu memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lain jika sobat menuju keyword “baju muslim”, so lebih bagus kalau kamu bisa memasukkan istilah misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. sobat juga dapat menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI kawan dapat menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi keyword yang penting pada tulisan kamu.
Namun dalam kenyataannya, banyak yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Terkadang bisa sedikit membantu dari segi pencarian keyword, namun dari user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor silau dan langsung pergi karena konten yang dilihat kelihatan amatir.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Kalaupun untuk menguatkan keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic umumnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang penting. kawan bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menuliskan gagasan terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan contoh di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja agar google tidak bingung.
11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Utama
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang menjadi bahasan utama konten itu.
Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Pada poin ini tidak sedikit yang tidak memperhatikan. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan sekitar 3 – 5 kata pada permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih gampang ditemukan google biasanya menjadikan artikel tidak artistik.
Agar tidak menggangu, kalian dapat menempatkan keyword kalian pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.
Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dibaca search engine ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada mesin pencarian, jadi pilih kata yang kamu buat di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang klik, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena jika lebih dari maka deskripsi anda akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, kalian bisa berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan membaca tulisan yang tadi kita buat.
13. Masukkan Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa membaca file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image ke bot yang bekerja indeking di artikel itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file image.
Seringnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Jika kalian memakai gambar dari Google, sebaiknya merubah nama file seringnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar anda tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Jika bisa, kamu juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan search engine. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa memberatkan loading web .
14. Isi Gambar ke dalam tulisan misalnya Images, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang sobat sajikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi konten kawan sebagai postingan yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, konten dengan disertai gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang postingan tanpa gambar yang relevan.
Dan terakhir, memantapkan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati artikel visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal pada satu konten.
Variasi Keyword ini menjadikan postingan anda menjadi lebih hidup dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih
Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa terbebani, namun dengan memakai tool yang keren ini kamu bisa membuat ribuan artikel unik dan siap bersaing di pejwan. Seperti pada tulisan yang saya buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai tool canggih ini.
Sayangnya untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu menciptakan tulisan dengan sekali tekan dapat tembus 4000 artikel unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang admin buat pada postingan ini. Kalau kamu berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik gratis yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan artikel yang SEO friendly guna mencari perhatian mesin pencari itu wajar, sebab dapat meningkatkan pundi dolar ke blog anda. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page konten anda hanya agar mantap di SEO.
Pergantian algoritma bot engine telah semakin tidak terbantahkan, ditambah si raksasa Google dengan berbagai variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Buatlah konten yang memberikan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi seo sederhana misalnya yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan sobat bisa merajai page one.
0 Response to "12 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan