Metode menulis konten website banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang cuma copy paste.
Terkadang artikel yang ditemukan di pencarian juga telah expired, tetapi karena masih merajai di pencarian tetap dipakai. Banyak hal yang menjadikannya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl artikel yang baru dibuat
Dari ahli Seo, di bawah ini adalah trik membuat artikel yang dijamin dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Poin ini admin tuliskan sebagai poin paling penting karena admin anggap sebagai elemen paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Kenapa user experience ?
Tentu sangat susah dibuat buat.
Mungkin kawan dapat menggenerate backlink atau konten yang menarik namun,, user experience mustahil dimanipulasi sebab selain kendali kamu selaku penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine mereka.
Arti dari pengalaman pengguna di sini adalah kegiatan dan respon pembaca saat mereka menjelajahi blog kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap artikel yang dibaca, impressi halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan sebagainya.
Simpelnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin berkualitas isi dari web tersebut.
Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai alat mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang diulas bagaimana Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Jadi sekeren apapun cara menulis tulisan SEO Sobat, jika tidak memperhatikan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Konten yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna antara lain :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang tepat
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Inti dari UX yaitu, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai raja.
2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel
Ini kudu dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk menjadikan topik suatu artikel.
Tidak memasukkan keyword utama di judul itu artinya membiarkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin baik.
Namun poin ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Biasanya blog dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti artikel tidak bermutu.
Misalnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa mendominasi pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat baik juga rangking di mesin pencari.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lagi-lagi balik ke poin di awal, melihat dari user experiencenya.
Jika Anda dapat membuat artikel yang memiliki banyak kata dengan tetap mengutamakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih seo friendly. Namun jika Anda bersikeras menulis tulisan dengan banyak kata hanya agar memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara kamu tersebut kurang tepat.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud yaitu konten yang tidak cuma panjang , namun juga berisi topik secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris sering dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, supaya poin yang kamu sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam konten
Internal linking adalah link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link per artikelnya ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kawan yakin 10 internal link per post malah membantu user maka silahkan saja.

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per post sebaiknya jangan dengarkan, sudah ketinggalan bro.
Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, maka 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai
Newbie biasanya takut memberikan external linking. Karena takut ranking webnya jatuh jika membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika membuat external linking.
Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kamu untuk web-web authority yang sesuai dengan isi tulisan, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat situs anda sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, gunakan rel dofollow khusus web-web terpercaya yang relevan dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan kamu mengenalkan sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.
Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?
Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma milik Google sudah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas untuk sebuah postingan.
kamu malah harus berhati-hati jika tingginya keyword density over, sebab bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski berbeda definisinya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Simak Penjelasan berikut ini
Misal, kamu lagi menulis trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, jadi sobat bisa menambahkan kata kata memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, jika sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya kalau kalian dapat memasukkan kata-kata misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan anda. sobat juga dapat menambahkan kata yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Untuk mencari keyword-keyword LSI kalian bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu teknik jadul yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting di artikel kita.
Namun yang terjadi, penulis yang memakainya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang diinginkan saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, namun untuk user experience, tidak baik. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas dapat membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dilihat tidak menarik.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Memang sering dipakai untuk menegaskan keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic seringnya dipakai untuk kata asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna membuat pokok terpenting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok ulasan artikel h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu halaman.
11. Gunakan URL singkat dan Sisipkan Keyword Bidikan
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang gampang dideteksi oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten itu.
Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama di kalimat awal agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel kurang seni.
Agar tidak menggangu, anda dapat memasukkan keyword kawan di meta deskripsi untuk user wp bisa menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di mesin pencari.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, kamu dapat lebih leluasa dan luwes dalam menulis konten untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat search engine nah saat mengunjungi blog kalian, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan user saat googling pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang rasa penasaran, tidak hanya sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi anda akan terpotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon visitor menjadi tergoda untuk mengeklik dan membaca artikel kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image ke bot yang melakukan crawling di halaman yang dibuat.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.
Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kawan memakai image dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak sama dengan image yang kalian unduh itu. Jika bisa, kamu juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web .
14. Tambahkan Media ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang anda ulas, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi tulisan kamu sebagai konten yang berkualitas.
Menurut dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada konten tanpa gambar yang cocok.
Selain itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Tidak jauh berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah pada sekitar artikel.
Ragam Keyword ini menjadikan konten sobat menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan artikel yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih
Membuat tulisan adalah hal yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat dapat membuat ribuan konten bukan copas dan mantap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada konten yang saya posting ini, kita melansir artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan tool keren ini.
Namun untuk mendapatkannya sobat kudu memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 konten unik. Luar biasanya telah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.
Berbasis plugin yang dapat digunakan di wordpres lantas dapat di pindah ke blogspot seperti yang admin lakukan pada konten ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, karena bisa meningkatkan pundi dolar ke blog kawan. Tapi jangan menggunakan trik optimasi on-page konten kamu hanya untuk kepentingan SEO.
Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin tidak terbantahkan, lagi lagi si raksasa Google memakai berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang meningkatkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink untuk optimasi off-page, biasanya konten anda bisa segera bersaing di SERP.
0 Response to "15 Tips Membuat Konten yang Menarik untuk Dibaca"
Catat Ulasan