10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Metode menulis konten website di internet memang beragam. Banyak orang berbagi cara menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga sudah kadaluarsa, tetapi sebab masih ada di pejwan masih dipakai. Hal ini biasanya karena perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin dapat masuk page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal ini saya masukkan dalam poin dasar karena saya anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience bisa disingkat UX.
 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dimanipulasi sebab selain kontrol kita sebagai pemilik web. So, tidak salah kalau UX menjadi salah satu pertimbangan paling mendasar yang dipakai Google untuk menghilangkan manipulasi ranking di search engine milik google.

Maksud dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman user saat mereka surfing situs sobat. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian web mana yang user klik, dan sebagainya.

Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di suatu web, bisa dipastikan makin menarik konten dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun banyak yang meyakini bahwa Google dapat melacak hampir seluruh kegiatan browsing user, walaupun tanpa menggunakan alat google misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo bernama John Limbocker yang membahas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor perankingan situs.

Jadi sehebat apapun teknik menulis artikel SEO Sobat, jika tidak mementingkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Lokasi iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan ejaan (typo)

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Anda ingin lebih mudah masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema artikel Anda.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul yaitu yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban sebab menyesuaikan juga dengan semua title agar masih enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Memaksakan diri cuma karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan susah dibaca.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Kejadian yang sering terjadi di situs lokal, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword berat di dalam title artikel.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun penggabungan yang tidak pas dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Lihatlah ke pembahasan di awal, melihat dari user experiencenya.

Jika kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan tetap mengistimewakan user experience maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi kalau Anda hanya berputar putar menulis tulisan panjang hanya untuk memenuhi target SEO (dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword di Google baru-baru ini menyimpulkan bahwasanya umumnya panjang konten di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

note : Hindari menambahkan kata atau topik yang tidak perlu hanya untuk meningkatkan banyaknya kata. Usahakan, sedapat mungkin pakai kata yang simpel dan tidak berputar putar, supaya tema yang kamu jelaskan dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana menentukan internal link untuk tiap postingan ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link tiap konten malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Dulu memang ada yang bilang internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link per post sebaiknya biarkan saja, pasti yang ngasih tips tidak update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Detik.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per postingan ? Banyak.

Apakah mereka di penalty Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan


Banyak yang khawatir masalah ini. Akibat takut Serp blognya turun kalau memberi link keluar maka tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat melakukan link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kalian untuk web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat web kalian sebagai web yang bagus karena memakai rujukan blog yang sudah di percaya.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan isi artikel juga membantu pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan tentukan rel nofollow untuk link selain web authority (jika sobat merekomendasikan sesuatu).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang cocok untuk artikel yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak perlu terlalu bingung soal itu. Keyword density memang penting, namun algoritma milik Google telah cukup pintar untuk mendeteksi kualitas dari sebuah postingan.

sobat malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density over, karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan anda.

8. Sisipkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).

Simak Penjelasan berikut ini

Umpamanya, sobat lagi menulis trik tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kawan bisa menambahkan istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso kamu bisa menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain misalnya pada contoh.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Contoh lain jika kamu membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau sobat dapat mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kalian juga dapat memasukkan kata yang saling terkait misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline


Sederhana namun salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kamu.

Namun pada prakteknya, penulis yang menggunakannya dengan berlebihan dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.

Terkadang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari segi user experience, sangat buruk. Artikel dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat visitor bingung dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dibaca aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Memang sering digunakan untuk menegaskan keyword, gunakan bold saat butuh saja. Kalau italic seringnya dipakai pada istilah-istilah asing, sedangkan underline dipakai istilah atau catatan yang bermanfaat. sobat dapat mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu mengedepankan sisi user experience.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menentukan ide terpenting pada suatu tulisan.

Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.

Lihatlah gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan gagasan utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus bukan yang banyak inovasi keyword, namun yang gampang dibaca oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini banyak yang tidak mengindahkannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai kira kira 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly umumnya membuat postingan kurang seni.

Agar lebih mudah, kamu dapat menempatkan keyword anda pada meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi cuplikan pencarian pada mesin pencari.

Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, anda bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf awal.

 10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi situs anda, meta deskripsi ini juga menjadi pertimbangan visitor ketika googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, tidak cuma sekedar di jejali dengan keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena jika melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan dipotong.

Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, maka pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang melakukan indeking pada halaman itu.

Perlu digarisbawahi disini, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.

Seringnya, attribut Alternative text diisi dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar kalian tidak duplikat dengan gambar yang sobat download itu. Jika perlu, anda juga dapat merubah meta-data dan kemudian sedikit potongan gambar supaya file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu isi, tambah mantap kemungkinan Google mengindek tulisan kalian sebagai artikel yang mantap di pejwan.

Penelitian dari Quicksprout.com, artikel dilengkapi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa gambar yang cocok.

Selain itu, dijelaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang kita maksud dengan inovasi keyword yaitu penggunaan keyword utama secara terpisah pada satu tulisan.

Ragam Keyword ini menjadikan artikel sobat menjadi lebih hidup dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan


Membuat tulisan adalah sesuatu yang membuat newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan kuat bertahan menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin posting ini, saya menulis ulang tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah semakin unik memakai alat supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kamu harus memiliki lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat membuat tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot layaknya yang admin buat pada artikel ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai member saja telah memperoleh trik gratis yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis tulisan yang SEO friendly untuk mencari perhatian search engine itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog sobat. Namun jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kawan hanya agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma search engine sudah semakin pintar, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam variasi mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah postingan yang memberikan value (berguna), meningkatkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang sudah ditulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya konten kamu dapat merajai page one.

0 Response to "10 Tips Menulis Tulisan SEO Friendly & Pasti Pejwan"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel