Trik Membuat Konten SEO Friendly

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Mudah ditemukan orang berbagi cara menulis artikel yang seo friendly. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.

Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah expired, namun sebab masih ada di page one masih digunakan. Banyak hal yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl artikel yang baru diposting

Dari ahli Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang dijamin dapat masuk page one dengan algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Hal paling mendasar dari suatu situs adalah pengalaman pengguna.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak tidak jauh user experience atau biasa disebut UX.
  Trik Membuat Konten SEO Friendly

Alasan User Experience disebutkan pertama


Tentu sangat susah dimanipulasi.

Mungkin kawan bisa menggenerate backlink atau konten yang menarik namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab diluar kendali kita sebagai pemilik web. So, tidak heran kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk meminimalisir manipulasi ranking di halaman mesin pencari google.

Maksud dari user experience di sini yaitu aktivitas dan respon pembaca ketika mereka menjelajahi website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian web mana yang pembaca klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, tambah lama dan betah mereka di suatu web, maka makin berkualitas isi dari web itu.

Pendapat yang masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir seluruh kegiatan browsing kamu, meski tidak memakai alat google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik menulis tulisan SEO Kawan, jika tidak mendengarkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak ragamnya.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang sudah mendukung retina

  • Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Fokus dari UX yaitu, menyajikan tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword pada Judul Tulisen


Memasukkan keyword wajib dimasukkan kalau Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di index Google untuk menjadikan pencarian suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk menebak-nebak tema artikel sobat.

Memasukkan keyword yang paling baik pada judul adalah yang kata pertama. Kian ke kiri makin baik.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan karena penempatan juga dengan keseluruhan judul agar tidak janggal dibaca dan konversi menjadi klik.

Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

  Trik Membuat Konten SEO Friendly

Fenomena yang sering terjadi di website-website dalam negeri, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada title postingan.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat title yang baik


Untuk panjang judul, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak baku intinya kata pada pencarian supaya tidak terpotong.

3. Pakailah Judul yang Merangsang Pengunjung


Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun judul artikel karena kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan kaku saat dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak bisa disisipkan.

Untuk masalah diatas, saya ada solusi.

Kalau kamu user wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Sobat memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul untuk pembaca (pengunjung), 1 judul untuk mendatangkan trafik.

Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine usahakan tidak melebihi 60 huruf, bertujuan agar tidak menjadi titik titik pada pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP jadi 600px, untuk total karakter tergantung pemakaian huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk search engine ini tetap enak dilihat sebab nantinya pengunjung dari search engine terkadang melihat judul dan deskripsi artikel Anda / (snippet) pada search engine sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

  Trik Membuat Konten SEO Friendly

Kalau judul Anda terlalu fokus pada keyword dan kurang menarik ketika dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di Pencarian dan Google jadi berfikir, “ini blog di pejwan namun kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak berkualitas”.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword berat? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak mengundang klik.

AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Banyak yang berpendapat semakin panjang artikel maka semakin kuat pula peringkatnya di search engine.

Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.

Jika kamu dapat membuat tulisan yang panjang dengan tetap mengutamakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat konten dengan banyak kata hanya supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan efektif.

Apa yang saya maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah artikel yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga membahas topik secara mendalam.

Atau istilah kerennya sering dikenal dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.

penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sedapat mungkin gunakan kalimat yang simpel dan tidak bertele-tele, agar topik yang anda sampaikan dapat lebih mengena dan lengkap.

5. Gunakan Internal Linking dalam konten


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?


Lagi-lagi tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu merasa 10 internal link per konten malah membantu user maka silahkan saja.

  Trik Membuat Konten SEO Friendly

Kalau ada yang bilang internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap artikel sebaiknya jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Bisa melihat Detik.com untuk perumpamaan, total interlink mereka per halamannya ? Banyak.

Apakah mereka terkena Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman memperoleh sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu istilah Seonya dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Newbie seringnya takut memasukkan external linking. Karena khawatir Serp blognya turun kalau memberi link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat link keluar.

Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link kamu ke web-web authority yang relevan dengan isi konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak akan memberi efek jelek ke web kalian. Malah sebaliknya, Google mungkin melihat situs anda sebagai situs yang keren karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

  Trik Membuat Konten SEO Friendly

External link ke situs yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan visitor untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Ketika melakukan external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web authority yang sesuai dengan bahasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (jika sobat mengenalkan produk/jasa).

7. Hitung Keyword Density


Pengertian Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang cocok untuk konten yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya anda tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai nilai untuk sebuah artikel.

kawan malah kudu berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

  Trik Membuat Konten SEO Friendly

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kamu bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kawan optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, sobat sedang menulis trik tentang tips menulis artikel yang SEO friendly, jadi kamu dapat menambahkan istilah-istilah mempunyai maksud yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara memasak bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

  Trik Membuat Konten SEO Friendly

Serupa di atas, jika sobat menuju keyword “baju muslim”, jadi akan sangat menarik kalau kawan dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. sobat juga dapat menambahkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline


Trik yang sudah dilakukan oleh dunia IM yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang penting pada tulisan kamu.

Tapi dalam prakteknya, penulis yang memakainya secara tidak wajar dan menerapkannya cuma pada keyword-keyword yang di bidik saja.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun dari sisi user experience, membingungkan. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca tidak suka dan cepat-cepat menutup halaman web akibat artikel yang dilihat tidak menarik.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Untuk italic umumnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kamu bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan sisi pengalaman pengguna.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat ide paling penting pada suatu konten.

Di theme-theme default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya digunakan untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan pokok ulasan artikel h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

cukup tahu: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Namun penggunaan h1 sebaiknya hanya 1x saja karena h1 adalah topik utama suatu postingan.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Utama


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang gampang dideteksi oleh mesin pencari apa yang menjadi topik utama artikel tersebut.

Contoh :
Title : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, mungkin lebih banyak keyword yang masuk, namun keyword utama akan lebih susah masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.

Dalam aturan SEO, permalink include dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Mengisi Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama di kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang indah.

Agar tidak menggangu, kamu dapat menempatkan keyword kamu pada meta deskripsi untuk pengguna wp dapat memakai plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada mesin pencari.

Penempatan keyword di meta deskripsi, sobat bisa lebih leluasa dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat awal.

  Trik Membuat Konten SEO Friendly

Penting sekali memilih kata yang menarik dalam meta deskripsi terlebih hanya dibaca search engine nah saat membuka situs kalian, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari tulisan di search engine, jadi pastikan kata yang ada di meta deskripsi ini sesuai judul dan mengundang rasa penasaran, bukan cuma dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi anda akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, anda dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung menjadi tertarik untuk membuka dan mengunjungi konten kita.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk memperjelas isi file image ke bot yang melakukan crawling pada tulisan tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword target.

Tips:
Kalau kawan menggunakan image berasal dari Google, pastikan mengganti nama file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kalian tidak sama dengan image yang kawan unduh itu. Jika perlu, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file image itu seperti “baru dan unik” pada robot Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki kualitas yang lebih bagus di search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu membuat lola web .

14. Isi Ilustrasi ke dalam tulisan seperti gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, tambah besar kemungkinan Google mengindek artikel kawan menjadikannya tulisan yang berkualitas.

Dikutip dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang relevan dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.

15. Pakailah Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara terpisah pada satu konten.

Ragam Keyword ini membuat konten kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih


Menciptakan artikel adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat bisa menciptakan ribuan konten bukan copas dan kuat bersaing di pejwan. Seperti pada artikel yang kita posting ini, saya melansir konten rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Namun poin ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan konten dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Hebatnya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang dapat diinstal di wordpres lantas bisa di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada tulisan ini. Kalau kamu berkeinginan silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Sebab dengan mendaftar sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu bagus, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan memakai cara optimasi on-page tulisan kalian hanya untuk kepentingan SEO.

Pergantian algoritma bot engine sudah semakin canggih, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah konten yang meningkatkan value (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar konten anda bisa merajai page one.

0 Response to "Trik Membuat Konten SEO Friendly"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel