Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya menjiplak karya orang.

Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, namun tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada beberapa bahkan yang sudah kadaluarsa dengan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, khususnya Google.

Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini merupakan tips membuat tulisan yang pasti bisa masuk page one dengan algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kami tuliskan sebagai poin dasar karena kami anggap sebagai bagian paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dibuat buat.

Mungkin sobat bisa membuat backlink atau tulisan yang menarik namun,, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab mereka adalah penikmat situs kita. So, tidak salah kalau inilah salah satu faktor penting yang dipakai Google untuk meminimalisir dominasi ranking di search engine mereka.

Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan respon user saat mereka mengunjungi blog kawan. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon terhadap tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Simpelnya, tambah lama dan enjoy mereka di suatu web, bisa disimpulkan makin menarik isi dari web tersebut.

Meski soal ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh aktivitas browsing pembaca, walaupun tanpa memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword bernama John Limbocker yang diulas cara Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun teknik pembuatan artikel SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Kriteria pengalaman pengguna itu apa? Banyak.

Tulisan yang berkualitas adalah salah satunya.

Hal lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna diantaranya adalah :

  • Desain Website / Blog yang profesional

  • Pemasangan iklan yang membuat pengunjung marah

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang readable kalau perlu yang nyaman di retina

  • Penulisan yang benar

  • Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, membuat konten dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.

2. Pakai Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dilakukan kalau Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) merupakan hal pertama yang di crawl Google untuk menentukan pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title itu artinya membingungkan Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.

Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini bukan suatu kewajiban karena menyesuaikan juga dengan semua title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul tulisan Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Biasanya blog dalam negeri, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya untuk mengejar keyword-keyword utama di dalam title artikel.

Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan biasanya tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di search engine.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau Anda dapat membuat tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung hasilnya {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih bagus. Namun kalau kamu hanya berputar putar membuat artikel dengan banyak kata cuma agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu itu kurang efektif.

Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Yang dimaksud adalah tulisan yang tidak cuma panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.

Atau istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.

Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian di Google belum lama ini menghasilkan kalau rata-rata panjang konten di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

warning : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu bahas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Internal linking adalah link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link tiap kontennya ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika kalian yakin 10 internal link tiap post malah memudahkan user sebaiknya buat saja.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Kalau ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih melebihi 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Wikipedia untuk perumpamaan, berapa interlink website per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah mereka di penalty Google ? No.

Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink tersebut akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking pada Authority Site yang Relevan


Banyak yang salah kaprah soal ini. Akibat takut ranking blognya turun jika membuat link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow saat melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kalian ke web-web authority yang relevan dengan isi artikel, sebaiknya memberi dofollow link tidak akan memberi efek buruk ke web kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat web kamu sebagai web yang bagus karena memakai rujukan blog yang memiliki nama baik.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

External link ke web-web yang berkaitan dengan topik artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai rel dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan artikel, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (persiapan anda mengenalkan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk tulisan yang SEO friendly ?


Ketika masih memakai Google Panda tidak sedikit pakar web yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini sebaiknya anda tidak harus terlalu memusingkan soal itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari suatu artikel.

anda malah kudu waspada jika persentase keyword density terlalu banyak, karena dapat berefek buruk keyword stuffing.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kalian bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kawan lagi menulis trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kalian bisa memberi istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso kamu dapat memasukkan dalam artikelmu arti yang serupa dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Serupa di atas, kalau kawan membidik keyword “baju muslim”, so sebaiknya jika kawan dapat mengikutsertakan istilah misalnya busana muslim, gamis, abaya ke dalam tulisan kawan. kalian juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Cara mencari keyword-keyword LSI kamu bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Trik yang telah dikenal sejak jaman dulu yang kadang disalahgunakan.

Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk mempermudah search engine mengidentifikasi kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.

Tapi pada kenyataannya, banyak yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya hanya pada kata yang diinginkan saja.

Mungkin itu dapat sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, namun dari segi pengalaman pengguna, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan visitor bingung dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dibaca membingungkan.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.

Kalaupun untuk menegaskan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic umumnya digunakan untuk bahasa tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. anda bisa membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi user experience.

10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk menentukan pokok terpenting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

penting: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu konten.

11. Gunakan URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak inovasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan bahasan utama konten tersebut.

Gambaran :
Judul : Cara Keren menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya membuat artikel kurang indah.

Agar lebih mudah, kawan dapat menyisipkan keyword sobat di meta deskripsi kalau user wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan enak dibaca pengunjung dalam membuat konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf pertama.

 Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense

Perlu digarisbawahi bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine ketika mendatangi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user saat googling di search engine, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan pemakaian meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab jika lebih dari maka deskripsi kalian akan terpotong.

Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan membaca tulisan kita.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file image, jadi pemakaian attribut alt diperlukan untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang bekerja indeking di artikel tersebut.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.

Seringnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Kalau kamu menggunakan gambar dari Google, terlebih dahulu merubah judul file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kalian tidak sama dengan image yang kawan download tersebut. Jika harus, sobat juga bisa merubah meta-data dan kemudian sedikit sayatan image agar file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika terasa membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kalian sajikan, semakin mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kalian sebagai konten yang mantap di pejwan.

Menurut dari Quicksprout.com, konten diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang relevan.

Dan terakhir, dilansir dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu ragam keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada sekitar artikel.

Inonasi Keyword ini menjadikan tulisan kawan jadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan konten yang membuat keyword berulang ulang.

16. Pakailah alat pembuat konten yang canggih


Menciptakan konten adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa terbebani, tetapi dengan memakai tool yang mantap ini kamu bisa menciptakan ribuan artikel bukan copas dan kuat bertahan di pejwan. Misalnya pada artikel yang admin posting ini, kita melansir konten rohadirigh.com lalu kita rubah menjadi unik memakai tool keren ini.

Sayangnya untuk membelinya kawan kudu membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali klik dapat tembus 4000 konten unik. Kelebihannya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.

Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di pindah ke blogspot seperti yang saya lakukan pada artikel ini. Jika sobat berminat silahkan kunjungi daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik keren yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat postingan postingan yang SEO friendly untuk mencari visitor itu wajar, sebab bisa meningkatkan penghasilan ke blog sobat. Tapi jangan menggunakan teknik-teknik optimasi on-page tulisan kalian cuma agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma mesin pencari telah semakin pintar, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.

Buatlah tulisan yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya tulisan anda bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "Bagaimana Cara Membuat Konten Seo Friendly Untuk Daftar Adsense"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel