9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Metode penulisan artikel bisa ditemukan di google. Banyak orang sharing trik menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit tulisan yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, tetapi hanya akibat masih ada di pencarian masih digunakan. Banyak hal yang menjadikannya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dibuat pakar Seo, di bawah ini merupakan trik membuat artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Poin ini admin masukkan dalam poin pertama karena kami pastikan sebagai bagian paling penting dalam menulis artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Kenapa user experience ?


Tentu sangat susah dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience mustahil dimanipulasi karena selain kendali kamu selaku pemilik web. So, tidak heran kalau inilah salah satu faktor paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di halaman mesin pencari google.

Arti dari pengalaman pengguna di sini yaitu aktivitas dan pengalaman user ketika mereka mengunjungi website kawan. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Gampangnya, tambah lama dan enjoy mereka di blog milikmu, itu artinya makin berkualitas konten dari web tersebut.

Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google bisa melacak hampir semua kegiatan browsing user, meski tanpa menggunakan properti mereka seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.

Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.

Kesimpulannya sekeren apapun trik pembuatan artikel SEO Sobat, jika tidak mementingkan pengalaman pengguna maka bisa jadi hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak.

Konten yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam user experience.

Faktor-faktor lain yang mempengaruhi user experience diantaranya yaitu :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak membingungkan

  • Navigasi yang simple

  • Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Penulisan yang benar

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Memakai AMP
    Responsive design


Fokus dari UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan menempatkan pembaca sebagai tamu terhormat.

2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dilakukan jika Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh topik suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan sobat.

Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin baik.

Namun hal ini tidaklah suatu keharusan sebab penempatan juga dengan semua title agar tetap enak dibaca dan konversi menjadi klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul konten kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Kejadian yang sering terjadi di blog lokal, banyak yang membuat manipulasi user (pembaca) cuma untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title postingan.

Misalnya title seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki arti yang hampir mirip pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

Cara membuat judul yang baik


Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter termasuk spasi. Jumlah ini tidak harus intinya kata pada pencarian agar tidak terpotong.

3. Gunakan Title yang Clickbait


Seperti contoh judul di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun judul tulisan sebab kalau dibikin sesuai keyword yang yang dituju, bisa mengakibatkan sulit terbaca dan aneh saat dibaca. Tapi kalau dibuat menjadi title yang luwes dan mengundang klik, malahan keywordnya yang tidak bisa masuk.

Solusi untuk hal itu.

Mungkin kamu pemakai wordpress, instal plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang mempunyai kegunaan untuk me-rewrite judul tulisan. Sehingga, Anda memiliki 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk SEO.

Usahakan jumlah huruf dalam judul yang dibuat untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak terpotong di pencarian google.

Kabar terbaru, Google membatasi Title tag di SERP menjadi 600px, untuk total karakter mulai dari penggunaan huruf besar dan kecil, spasi, tanda baca dsb.

Usahakan juga judul untuk pencarian google ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pembaca dari search engine seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk artikel kamu / (snippet) pada search engine sebelum masuk ke blog.

 9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Jika judul sobat kaku dan tidak enak dibaca hasilnya akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di page one nyatanya kok tidak menarik, ini pasti kontennya tidak murahan.

Contoh mudahnya adalah situs AGC (auto generated content).

Apakah mereka bisa menguasai SERP, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.

AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin panjang artikel maka semakin kuat pula rangking di search engine.

Pendapat ini bisa benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.

Kalau kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau kamu hanya berputar putar menulis konten panjang hanya agar memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi artikel acak-acakan dan tidak jelas arahnya) kami rasa cara kamu itu kurang efektif.

Apa yang saya maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas topik secara lengkap dan menyeluruh.

Atau istilah kerennya sering dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.

penting : Jangan berputar putar pada topik yang tidak memiliki arti cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar inti yang anda bahas dapat lebih luas dan memuaskan pembaca.

5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan


Internal linking yaitu link {dalam konten yang kembali pada blog/website itu sendiri.

Berapa jumlah ideal internal link per kontennya ?


Lagi-lagi tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per post tidak akan menyakiti mata pembaca kalian sebaiknya buat saja.

 9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link per konten maka abaikan saja, pasti yang ngasih saran tidak update pengalaman SEOnya.

Bisa melihat Liputan6.com sebagai contohnya, jumlah interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.

Apakah situs itu terkena Google ? Tentu tidak.

Selain bagus untuk user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar yang Relevan


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena takut Serp webnya turun jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang menggunakan link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, asalkan external link kawan untuk situs terpercaya yang sesuai dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google mungkin menganggap situs kalian sebagai blogs yang keren karena memakai rujukan situs yang sudah di percaya.

 9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang akurat.

Tips :
Kesimpulannya untuk external link, gunakan attribut dofollow untuk web-web terpercaya yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk link selain web authority (jika kalian merekomendasikan produk/jasa).

7. Relax dengan Keyword Density


Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.

Berapa keyword density yang tepat untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang memberi arahan kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini langkah amannya sobat tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma milik Google telah cukup canggih untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu postingan.

kawan malah wajib berhati-hati kalau seringnya keyword density terlalu sering, sebab dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

 9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Meski berbeda definisinya, LSI bisa dibilang mirip dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan fokus keyword).

Gambarannya begini

Umpamanya, kamu lagi menulis tips tentang tips menulis konten yang SEO friendly, maka kalian dapat memberi istilah-istilah memiliki arti yang mirip dengan hal itu misalnya bakso mempunyai arti yang mirip dengan daging sapi bulat. Atau dijadikan menjadi unik dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Serupa di atas, kalau anda membidik keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika kawan dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kalian juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Cara yang telah dikenal sejak jaman dulu yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk mempermudah search engine memasukkan keyword yang paling menonjol di tulisan kita.

Namun pada kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya dengan berlebihan dan mengaplikasikannya hanya pada keyword-keyword yang dituju saja.

Terkadang dapat sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, tapi dari sisi pengalaman pengguna, sangat jelek. Tulisan dengan penggunaan Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain karena tulisan yang dilihat kelihatan tidak profesional.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic wajarnya digunakan untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang bermanfaat. sobat bisa mengimprovisasi penggunakan fitur ini dengan selalu menomorsatukan segi user experience.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna menuliskan ide paling penting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan inti bahasan artikel h2.

Lihatlah gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja agar google mangindek tulisanmu dengan baik.

11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang kaya inovasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang menjadi bahasan utama konten tersebut.

Contoh :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Memang url panjang, mungkin lebih beragam keyword yang masuk, tapi keyword utama akan sulit masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat awal supaya lebih SEO friendly biasanya menjadikan artikel tidak artistik.

Untuk mengakalinya, kawan dapat menyisipkan keyword kawan di meta deskripsi kalau pemakai wp bisa menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi snippet pada mesin pencari.

Peletakan keyword di meta deskripsi, sobat dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

 9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya dibaca pencarian ketika mengunjungi blog sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling pada mesin pencarian, jadi pastikan kata yang kamu buat di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi anda sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kamu akan terpotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, sobat bisa membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.

Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon visitor semakin tertarik untuk membuka dan membaca konten yang tadi kita buat.

13. Masukkan Attribut Alt pada Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada mesin yang bekerja crawling pada tulisan yang dibuat.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Jika kawan menggunakan gambar berasal dari Google, sebaiknya mengganti nama file seringnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image kawan tidak sama dengan image yang kamu download tersebut. Kalau bisa, kamu juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit sayatan image agar file gambar itu seperti “baru dan unik” dimata Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih umumnya mempunyai kualitas yang lebih bagus di mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya susutkan file jika dirasa terlalu membuat lola web .

14. Pengunaan Media ke dalam Artikel misalnya gambar, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu berikan, semakin mantap peluang Google mengindek konten kalian sebagai artikel yang berkarakter.

Menurut dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| daripada artikel tanpa gambar yang relevan.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Variasi Keyword


Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah ragam keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan variasi keyword yaitu penggunaan keyword utama dengan terpisah pada sekitar konten.

Ragam Keyword ini membuat konten kalian jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat creator artikel yang modern


Membuat tulisan adalah sesuatu yang menjadikan newbi merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang keren ini sobat bisa membuat ribuan artikel unik dan kuat bersaing di pejwan. Seperti pada artikel yang admin posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik memakai tool supeer ini.

Sayangnya untuk membelinya sobat harus membeli lisensi pertahun. Namun poin ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan artikel dengan sekali klik dapat mencapai 4000 artikel unik. Luar biasanya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot contohnya yang kita lakukan pada tulisan ini. Jika kawan berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai member saja telah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly guna menarik visitor itu baik, karena dapat meningkatkan pundi dolar ke blog kalian. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel kalian hanya agar mantap di SEO.

Pergantian algoritma bot engine telah semakin pintar, apalagi si raksasa Google dengan bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Buatlah artikel yang meningkatkan nilai (berguna), meningkatkan user experience dan ditambah dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar artikel kamu bisa merajai page one.

0 Response to "9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly & Berkualitas"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel