9 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar
Sabtu, 2 Februari 2019
Add Comment
Teknik menulis artikel bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing cara menulis artikel yang seo friendly. Biasanya dibagikan sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM tidak sedikit juga yang hanya copy paste.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga sudah expired, namun sebab masih merajai di pejwan tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini admin tuliskan sebagai poin dasar karena saya anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin kamu dapat memanipulasi backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak salah kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin menarik isi dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing user, meski tidak memakai alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik menulis tulisan SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :
Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.
Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
Seperti contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun title konten sebab kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi tidak terbaca dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine biasanya membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik saat dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat konten panjang hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu kurang tepat.
Yang dimaksud adalah konten yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.
Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang kamu bahas bisa lebih luas dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per halamannya ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog anda sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (seumpama sobat menjual sesuatu).
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.
kalian malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, anda lagi menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi jika sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika anda dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kita.
Tapi pada prakteknya, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk pokok paling penting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel tersebut.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang indah.
Untuk mengakalinya, kawan bisa memasukkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada robot yang melakukan indeking di artikel tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau sobat memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau harus, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang kamu berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan menjadikannya tulisan yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar konten.
Ragam Keyword ini menjadikan konten anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
Menciptakan konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan kuat bersaing di page one. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan alat keren ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page konten kawan hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu dapat segera bersaing di SERP.
Seringkali tulisan yang dibagikan juga sudah expired, namun sebab masih merajai di pejwan tetap dipakai. Banyak faktor yang membuatnya expired perbedaan algoritma yang dipakai google untuk mengambil tulisan yang baru dibuat
Dikeluarkan master Seo, berikut ini merupakan cara menulis artikel yang dijamin bisa menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini admin tuliskan sebagai poin dasar karena saya anggap sebagai elemen paling penting dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini juga banyak bersinggungan user experience bisa disingkat UX.

Kenapa user experience ?
Karena sangat susah dibuat buat.
Mungkin kamu dapat memanipulasi backlink atau judul yang clickbait tapi,, user experience mustahil dibuat buat sebab mereka adalah penikmat situs kamu. So, tidak salah kalau inilah salah satu hal paling mendasar yang dipakai Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.
Maksud dari pengalaman pengguna di sini adalah aktivitas dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi situs kita. Mulai dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian situs mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, semakin lama dan enjoy mereka di website, itu artinya makin menarik isi dari web itu.
Asumsi ini masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google bisa menemukan hampir semua kegiatan browsing user, meski tidak memakai alat google seperti Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience sebagai salah satu faktor perankingan situs.
Kesimpulannya sehebat apapun trik menulis tulisan SEO Sobat, kalau tidak mendengarkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam kategori user experience? Banyak ragamnya.
Tulisan yang berkualitas adalah diantaranya.
Hal lain yang mempengaruhi pengalaman pengguna misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis font yang readable kalau bisa yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Membukanya tidak berat
Responsive design
Inti dari UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai sasaran utamanya.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Memasukkan keyword perlu dilakukan kalau Anda ingin terasa ringan masuk dalam page one. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan menyuruh Google untuk menebak-nebak tema postingan Anda.
Penyisipan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi hal ini bukan suatu keharusan karena penempatan juga dengan secara lengkap judul agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel Anda malah jadi aneh dan tidak readable.

Seringnya website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam judul postingan.
Seperti judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang hampir mirip sangat tidak jelas
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim dan juga Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Seo Friendly
Usahakan panjang title, tidak lebih dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak harus alasannya tergantung dari jumlah pixel yang dimiliki tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Clickbait
Seperti contoh judul di atas, seringkali ditemukan kesulitan dalam menyusun title konten sebab kalau dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa menjadi tidak terbaca dan aneh ketika dibaca. Namun jika dibuat menjadi title yang readable dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat disisipkan.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin Anda pengguna wordpress, gunakan plugin All in One SEO pack atau yang mirip yang berfungsi untuk menulis ulang judul artikel. Sehingga, Anda punya 2 judul untuk 1 postingan. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (pengunjung), 1 judul untuk search engine.
Sebaiknya jumlah huruf dalam judul yang ditentukan untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan agar tidak terpotong pada pencarian google.
Update terbaru, Google membatasi Title tag di SERP hanya 600px, untuk total karakter tergantung penggunaan huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Usahakan juga judul untuk search engine ini masih nyaman dibaca sebab nantinya pengunjung dari search engine biasanya membaca judul dan deskripsi tulisan kamu / (snippet) pada mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs kamu.

Kalau judul kamu terlalu fokus pada keyword dan tidak menarik saat dibaca maka akan mengurangi Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini situs di pejwan tapi kok tidak menarik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Contoh mudahnya yaitu blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang mendominasi pencarian, terlebih untuk keyword-keyword potensial ? Terjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan tambah banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga rangking di pencarian google.
Pendapat ini dapat benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya adalah pertimbangan utama.
Jika kamu bisa membuat tulisan yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengalaman pengguna hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu hanya berputar putar membuat konten panjang hanya agar memenuhi poin SEO (dengan isi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) saya rasa cara Anda itu kurang tepat.
Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Yang dimaksud adalah konten yang tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara mendalam.
Dalam istilah kerennya biasa dinamai dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google belum lama ini mendapati kalau rata-rata panjang artikel di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
warning : Jangan berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak berputar putar, supaya topik yang kamu bahas bisa lebih luas dan lengkap.
5. Sisipkan Internal Linking dalam tulisan
Internal linking yaitu link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah ideal internal link per postnya ?
Lagi-lagi tidak ada ukuran baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap konten malah memudahkan pembaca maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang berpendapat internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap artikel sebaiknya abaikan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Detik.com untuk perumpamaan, total interlink website per halamannya ? Banyak.
Apakah situs itu terkena Google ? No.
Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari segi SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan terbagi-bagi ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.
6. Memberi Link Keluar pada Situs besar Sebagai Rujukan
Pemain lama biasanya takut memberikan external linking. Akibat takut ranking webnya jatuh jika memberi link keluar akibatnya tidak jarang yang memakai link nofollow saat melakukan link keluar.
Rohadiright.com berpendapat, selama external link anda ke situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Malah sebaliknya, Google akan menganggap blog anda sebagai situs yang bagus karena selalu mereferensikan web-web yang memiliki nama baik.

External link ke web-web yang berkaitan dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web terpercaya yang relevan dengan artikel, dan tentukan rel nofollow untuk web-web affiliate (seumpama sobat menjual sesuatu).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang tepat untuk konten yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar IM yang menyarankan berkisar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini sebaiknya sobat tidak perlu terlalu bingung masalah itu. Keyword density memang penting, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk suatu tulisan.
kalian malah kudu berhati-hati jika tingginya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel sobat bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI dapat dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, anda lagi menulis tips tentang cara membuat konten yang SEO friendly, jadi anda dapat memberi istilah-istilah yang mempunyai arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul memakai kata yang lain seperti pada contoh.

Contoh lagi jika sobat menembak keyword “baju muslim”, jadi sebaiknya jika anda dapat memasukkan kata-kata seperti baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kalian. kamu juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak penggunaan Bold, Italic, Underline
Trik yang sudah dikenal sejak jaman dulu yang sering tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword fungsinya untuk mempermudah search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kita.
Tapi pada prakteknya, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan menerapkannya tidak mementingkan user experience.
Terkadang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, membingungkan. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat membuat pengunjung silau dan cepat-cepat menutup halaman web karena konten yang dibaca membingungkan.
Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.
Memang sering dipakai untuk menguatkan keyword, gunakan bold sekali saja. Untuk italic biasanya dipakai untuk kata tidak baku, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mengedepankan sisi user experience.
10. Pakailah Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai untuk pokok paling penting pada suatu tulisan.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
perhatikan: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan cuma 1x saja agar google mangindek postingan dengan baik.
11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dibaca oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel tersebut.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-keren-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang masuk, tapi keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga menyarankan untuk memakai antara 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink include dengan link domain sebaiknya tidak lebih dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google umumnya membuat artikel kurang indah.
Untuk mengakalinya, kawan bisa memasukkan keyword sobat pada meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi yang kamu tulis nantinya menjadi cuplikan pencarian pada search engine.
Dengan menyisipkan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] di kalimat pertama.

Penting sekali menggunakan keyword untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika membuka situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat pengguna saat googling di mesin pencarian, jadi pilih kata yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab jika melebihi 160 kata maka deskripsi sobat akan terpotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Beri tanda titik-titik pada akhir deskripsi agar calon pengunjung semakin tertarik untuk membuka dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada robot yang melakukan indeking di artikel tersebut.
Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google adalah attribut alt, bukan title maupun nama file gambar.
Seringnya, attribut alt diisi dengan keyword utama.
Tips:
Kalau sobat memakai gambar dari Google, jangan lupa untuk merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg agar file gambar kamu tidak duplikat dengan gambar yang anda unduh tersebut. Kalau harus, kalian juga dapat memberi nama baru meta-data dan kemudian sedikit editan image agar file gambar tersebut seperti “baru dan unik” pada pencarian Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan search engine. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web .
14. Tambahkan Gambar ke dalam konten seperti gambar, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu berikan, tambah mantap kemungkinan Google mendeteksi artikel kawan menjadikannya tulisan yang berkualitas.
Penelitian dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding postingan tanpa image yang cocok.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Gunakan Ragam Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang saya tuju dengan variasi keyword yaitu pemakaian keyword utama secara terpisah di sekitar konten.
Ragam Keyword ini menjadikan konten anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan penulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.
16. Gunakan alat creator artikel yang tidak ketinggalan
Menciptakan konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya tool yang mantap ini sobat bisa membuat ribuan tulisan unik dan kuat bersaing di page one. Seperti pada tulisan yang saya posting ini, saya mengutip artikel rohadirigh.com kemudian saya buat semakin unik menggunakan alat keren ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat kudu membeli lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan tulisan dengan sekali tekan bisa tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas bisa di pindah ke blogspot layaknya yang admin buat pada konten ini. Kalau sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis konten yang SEO friendly guna mencari pengunjung itu baik, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kalian. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page konten kawan hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma bot engine sudah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google dengan berbagai hewan peliharaannya mulai dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang menambahkan nilai (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya sebutkan di atas, kemudian disertai dengan dukungan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kamu dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "9 Cara Membuat Tulisan Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan