Teknik menulis artikel di internet memang beragam. Sering kali orang berbagi cara penulisan artikel yang baik. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang cuma menjiplak karya orang.
Banyak tips-tips tentang cara menulis artikel yang SEO friendly di google, tapi tidak semuanya bisa diaplikasikan dan ada trik bahkan yang sudah expired menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari terkini, misalnya Google.
Dikeluarkan ahli Seo, berikut ini merupakan tips membuat artikel yang pasti dapat menjadi raja di page one memakai algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Titik ini admin masukkan dalam poin pertama karena saya pastikan sebagai bagian paling mendasar dalam penulisan artikel SEO friendly. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak bersinggungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tentu sangat susah dimanipulasi.
Mungkin kamu bisa menggenerate backlink atau konten yang klikable namun,, user experience tidak mungkin dibuat buat sebab mereka adalah pembaca website kita. Jadi, tidak salah jika User Experience menjadi salah satu hal paling mendasar yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di search engine milik google.
Pengertian dari user experience di sini yaitu kegiatan dan respon pengguna ketika mereka mengunjungi situs milik kita. Mulai dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, impressi halaman yang pembaca suka, halaman blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Simpelnya, kalau pengunjung betah di website, bisa dipastikan makin berkualitas konten dari web itu.
Walaupun masih dijadikan bahan perdebatan, tapi banyak yang meyakini bahwa Google dapat menemukan hampir semua aktivitas browsing pembaca, meski tanpa memakai properti google misalnya Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang diulas bagaimana Google memakai user experience menjadi salah satu faktor naiknya ranking situs.
Kesimpulannya se-expert apapun cara pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak memperhatikan user experience maka kemungkinan besar hasilnya menurun.
Apa saja yang dimaksud ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak.
Tulisan yang dibuat dengan apik adalah diantaranya.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai pengalaman pengguna antara lain :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang tepat
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau bisa yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Fokus dari UX adalah, menyajikan konten dan website yang bermutu dengan memanjakan pembaca sebagai sasaran utamanya.
2. Jangan Lupakan Keyword di Judul Tulisen
Ini kudu dimasukkan jika Anda ingin terasa ringan bersaing di SERP. Karena judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu tulisan.
Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel Anda.
Peletakan keyword yang paling baik pada judul adalah yang diawal kata. Makin ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini bukan suatu kewajiban karena penempatan juga dengan secara lengkap title agar tidak janggal dibaca dan mengundang klik.
Maksa banget hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, mudah ditemukan yang justru mengorbankan user (pembaca) hanya untuk fokus keyword-keyword utama di dalam title postingan.
Seperti judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai makna yang hampir mirip sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak mengundang klik.
AGC yang masih baru biasanya menang di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di search engine.
Anggapan ini dapat benar, bisa juga salah. Lagi-lagi balik ke pembahasan pertama, tergantung dari user experiencenya.
Kalau kamu bisa menulis artikel yang memiliki banyak kata dengan fokus mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih baik. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat tulisan dengan banyak kata hanya untuk memenuhi target SEO (diisi artikel sembarang dan muter-muter) kita rasa cara kamu tersebut kurang efisien.
Apa yang admin maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Maksud saya adalah konten yang tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.
Dalam istilah kerennya biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Analisa Backlinko.com pada sampel 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.
perhatian : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti hanya untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sedapat mungkin gunakan kata yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang kamu jelaskan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.
5. Isi Internal Linking dalam tulisan
Pengertian Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa total internal link per postnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ketentuan pasti karena ini juga berhubungan dengan user experience.{Jika sobat merasa 10 internal link per artikel malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

Jika ada yang bilang internal link tidak boleh melebihi 3-5 link tiap post maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Taruhlah Liputan6.com untuk perumpamaan, berapa interlink website per page ? Banyak.
Apakah situs itu dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink tersebut akan mengalir dan terbagi-bagi ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah Seonya disebut dengan linkjuice.
6. External Linking pada Situs besar yang Relevan
Newbie biasanya takut memasukkan external linking. Akibat khawatir ranking blognya jatuh kalau membuat link keluar akibatnya banyak yang menggunakan link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, selama external link sobat ke situs terpercaya yang relevan dengan topik tulisan, maka menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website anda. Pengaruhnya, Google mungkin melihat blog kawan sebagai web yang keren karena selalu mereferensikan blog yang memiliki nama baik.

External link ke situs yang sesuai dengan isi artikel juga membangun kepercayaan pengunjung untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang akurat.
Tips :
Ketika membuat external link, pakai rel dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan tentukan rel nofollow untuk web-web sahabat (persiapan kawan merekomendasikan sesuatu).
7. Hitung Keyword Density
Pengertian Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang bagus untuk tulisan yang SEO friendly ?
Kalau masa lampau dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran kurang lebih 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin penting, namun algoritma terbaru Google sudah cukup cerdas untuk menilai kualitas untuk sebuah postingan.
sobat malah harus berhati-hati jika persentase keyword density terlalu banyak, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kalian optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun tidak sama persis definisinya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, anda sedang membuat trik tentang tips membuat tulisan yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan kata kata memiliki maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata serupa dengan bola daging. Atau dijadikan menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat bisa menyisipkan dalam kontenmu arti yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lain misalnya contoh di atas.

Contoh lagi kalau kamu membidik keyword “baju muslim”, so lebih bagus jika sobat dapat memasukkan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kawan. kawan juga bisa menambahkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat bisa memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Hindari pemakaian Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa tetapi salah satu trik ampuh yang kadang disalahgunakan.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) keyword bertujuan untuk membantu search engine mengenali kata-kata yang paling menonjol pada artikel kamu.
Tapi dalam kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Mungkin itu dapat sedikit membantu dari sisi pencarian keyword, namun untuk user experience, tidak baik. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa menjadikan visitor bingung dan langsung pergi karena konten yang dilihat kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Memang sering dipakai untuk memperkuat keyword, pakailah bold saat butuh saja. Kalau italic biasanya digunakan pada kata asing, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. sobat dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan selalu memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide paling penting pada suatu halaman website.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk postingan dan h3 dipakai untuk menjelaskan inti ulasan tulisan h2.
Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
penting: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman artikel. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja karena h1 adalah gagasan utama suatu halaman.
11. Pakailah URL Pendek dan Mengandung Keyword Target
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, namun yang tidak sulit dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama tulisan tersebut.
Gambaran :
Title : Cara Unik menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-ampuh-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Menggunakan url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa bersaing.
Matt Cutts engineer Google dalam interviewnya dengan Stephan Spencer juga memberi trik untuk menggunakan kira kira 3 – 5 kata di permalink.
Lazimnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.
12. Mengisi Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel kurang seni.
Agar lebih mudah, sobat bisa menempatkan keyword sobat di meta deskripsi kalau pemakai wp dapat menggunakan plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi inilah yang nantinya menjadi snippet pada google.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat pertama.

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian nah saat mengunjungi situs sobat, meta deskripsi ini juga dilihat user saat mencari artikel di search engine, jadi pastikan kalimat yang kamu buat di meta deskripsi ini tetap menarik dan mengundang klik, bukan cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kalian dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|karena kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan memperbesar CTR di SERP, anda dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.
Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi agar calon pembaca semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi tulisan yang tadi kita buat.
13. Memberi Attribut Alt di Gambar
Google tidak bisa membaca file image, jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image ke mesin yang bekerja indeking di halaman itu.
Penting, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file image.
Simpelnya, attribut Alternative text digunakan untuk memasukkan dengan keyword target.
Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar dari Google, pastikan mengganti title file umumnya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file image anda tidak sama dengan image yang anda download itu. Kalau harus, anda juga bisa merename meta-data dan ditambah sedikit potongan image agar file image tersebut benar benar “baru dan unik” dimata Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya memiliki kualitas yang lebih memuaskan bot google. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file kalau terasa membuat lola web .
14. Pengunaan Media ke dalam konten misalnya gambar, Video atau yang sejenis
Tambah menarik informasi yang kalian ulas, tambah mantap peluang Google mengindek artikel kalian sebagai tulisan yang berkualitas.
Penjelasan dari Quicksprout.com, artikel diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding tulisan tanpa gambar yang relevan.
Tak hanya itu, menurut dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama dengan terpisah di sekitar artikel.
Ragam Keyword ini membuat artikel anda menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Coba pikir dengan penulisan yang selalu mengulang ulang exatch match keywords.
16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih
Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan mantap bertahan di pejwan. Misalnya pada tulisan yang admin buat ini, saya menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah menjadi unik menggunakan alat supeer ini.
Sayangnya untuk membelinya kawan harus membeli lisensi pertahun. Namun hal ini akan segera lunas ketika sobat menciptakan tulisan dengan sekali klik bisa mencapai 4000 artikel unik. Kelebihannya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Memakai plugin yang dapat digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang saya buat pada tulisan ini. Jika sobat berminat silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Misalnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Menulis artikel yang SEO friendly guna mencari visitor itu bagus, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog anda. Namun jangan memakai cara optimasi on-page artikel kalian cuma semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma bot engine telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam model algoritma seperti dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah artikel yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO seperti yang saya tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel sobat bisa merajai page one.
0 Response to "Tips Menulis Artikel SEO Friendly Berkualitas"
Catat Ulasan