16 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar
Isnin, 4 Februari 2019
Add Comment
Cara penulisan konten website di internet memang beragam. Mudah ditemukan orang berbagi trik menulis artikel yang seo friendly. Biasanya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang cuma menjiplak tulisan orang.
Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa dipakai dan ada beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dibuat master Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari suatu situs yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab selain kendali kita selaku penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Logikanya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tidak menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun tips pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.
Ini harus dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun ide konten karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan kaku saat dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.
Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Jika kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat konten panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.
Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir Serp webnya turun kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat web kamu sebagai blogs yang keren karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat mengenalkan sesuatu).
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah postingan.
kamu malah harus waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, anda sedang menulis trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari user experience, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan pokok paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel itu.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan kurang seni.
Agar lebih mudah, kamu dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di mesin pencari.
Peletakan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang melakukan indeking di konten yang dibuat.
Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kalian memakai image dari Google, pastikan merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak sama dengan image yang anda unduh itu. Jika perlu, anda juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web .
Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, tambah besar peluang Google mendeteksi artikel kawan menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.
Ragam Keyword ini menjadikan postingan sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan siap bersaing di page one. Seperti pada konten yang kita posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang saya buat pada postingan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page konten kawan hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel anda dapat segera bersaing di SERP.
Banyak trik tentang teknik menulis artikel yang SEO friendly di pencarian, namun tidak semuanya bisa dipakai dan ada beberapa bahkan yang sudah expired dengan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, khususnya Google.
Dibuat master Seo, berikut ini merupakan cara membuat tulisan yang dijamin bisa masuk page one dengan algoritma paling update google.
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Hal paling penting dari suatu situs yaitu user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang ada ditulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Karena hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience sangat susah dibuat buat sebab selain kendali kita selaku penulis konten. Jadi, tidak salah jika inilah salah satu hal penting yang menjadi patokan Google untuk mengurangi dominasi ranking di halaman pencarian google.
Arti dari UX di sini yaitu kegiatan dan pengalaman pengguna ketika mereka mengunjungi situs kita. Dilihat dari berapa lama mereka membaca, respon untuk tulisan yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.
Logikanya, tambah lama dan enjoy mereka di website, bisa dipastikan makin menarik isi dari web tersebut.
Asumsi ini masih menjadi perdebatan, namun banyak yang berasumsi bahwa Google bisa merekam hampir semua kegiatan browsing sobat, meski tidak menggunakan produk mereka misalnya Google Chrome, google analitik ataupun google toolbar.
Salah seorang pakar Seo dengan nama John Limbocker yang membahas bagaimana Google memakai user experience sebagai salah satu alasan naiknya ranking situs.
Kesimpulannya sekeren apapun tips pembuatan artikel SEO Anda, kalau tidak memperhatikan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.
Apa saja yang masuk ke dalam hitungan pengalaman pengguna? Banyak ragamnya.
Konten yang berkualitas adalah salah satunya.
Hal lain yang menjadi nilai user experience misalnya :
- Desain Website / Blog yang profesional
- Lokasi iklan yang tidak membingungkan
- Navigasi yang simple
- Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang nyaman di retina
- Tulisan tidak membingungkan
- Bangun kepercayaan dengan pengunjung melalui (komentar, diskusi, share, dsb)
- Data yang minimal
Responsive design
Kesimpulannya UX adalah, membuat konten dan website yang berkualitas dengan memanjakan pembaca sebagai ratu.
2. Pakai Keyword di Judul Tulisen
Ini harus dimasukkan kalau Kamu ingin lebih mudah bersaing di SERP. Karena judul (title) merupakan elemen pertama yang di index Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.
Tidak menyisipkan keyword utama di title itu artinya membiarkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.
Peletakan keyword yang paling mudah terbaca google pada judul adalah yang kata pertama. Semakin ke kiri makin baik.
Namun hal ini bukan suatu kewajiban sebab penempatan juga dengan semua judul agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Umumnya yang sering terjadi di situs dalam negeri, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma demi fokus keyword-keyword berat di dalam title artikel.
Misalnya judul dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri menggunakan kata model ditambah jenis padahal memiliki arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Fokusnya adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang kurang cocok dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
Cara membuat title yang Seo Friendly
Usahakan panjang title, usahakan kurang dari 71 karakter spasi dihitung 1 karakter. Batasan ini tidak baku karena menyesuaikan dari komposisi pixel yang digunakan tiap karakter.
3. Gunakan Judul yang Clickbait
Misalnya contoh artikel di atas, seringkali ada yang kesulitan dalam menyusun ide konten karena jika dibikin sesuai keyword yang dibidik, bisa mengakibatkan tidak terbaca dan kaku saat dibaca. Namun jika dibikin menjadi title yang luwes dan clickbait, justru keywordnya yang tidak dapat masuk.
Cara simpel Mengatasinya.
Mungkin sobat pemakai wordpress, pakailah plugin All in One SEO pack atau semisalnya yang berfungsi untuk menulis ulang judul tulisan. Sehingga, Kamu memiliki 2 judul untuk 1 konten. 1 judul nyaman dinikmati pembaca (user), 1 judul untuk mendatangkan trafik.
Untuk jumlah huruf dalam judul yang dipilih untuk search engine maksimal 60 huruf, bertujuan supaya tidak menjadi titik titik di pencarian google.
Update terbaru, Google menentukan Title tag di SERP menjadi 600px, untuk jumlah karakter tergantung pemakaian huruf kapital dan kecil, spasi, tanda baca dsb.
Pastikan juga judul untuk search engine ini tetap nyaman dibaca karena nantinya pengunjung dari search engine seringnya melihat judul dan tulisan kecil di bawah judul untuk tulisan Anda / (snippet) di mesin pencari sebelum mereka memutuskan membaca situs anda.

Kalau judul sobat tidak jelas dan kurang enak dibaca maka akan menghilangkan Rasio Klik di SERP dan Google mungkin akan menyangka, “ini blog di page one namun kok tidak menarik, ini pasti artikel tidak berkualitas”.
Misalnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).
Kenapa mereka jarang menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya diakibatkan judul dan deskripsi di snippet mereka tidak sesuai dengan konten dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC yang masih baru biasanya unggul di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada kompetitornya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Banyak yang mengeluarkan statement semakin panjang artikel maka membuat kuat pula rangking di pencarian google.
Anggapan ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.
Jika kamu dapat menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan user experience hasilnya {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Namun jika kamu hanya berputar putar membuat konten panjang cuma supaya memenuhi poin SEO misalnya(dengan isi tulisan acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara Anda tersebut tidak akan efektif.
Apa di maksud dengan tulisan panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak hanya panjang , tetapi juga membahas tema secara menyeluruh.
Atau bahasa inggris biasa dikenal dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini menghasilkan kalau umumnya kata dalam artikel di halaman 1 SERP adalah 1.890 kata.
note : Jangan menambahkan kalimat atau topik yang tidak memiliki arti cuma untuk tujuan mengejar jumlah kata. Usahakan, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, supaya topik yang anda jelaskan dapat lebih mengena dan lengkap.
5. Pakai Internal Linking dalam konten
Internal linking adalah link {dalam artikel yang kembali pada blog/website itu sendiri.
Berapa kebutuhan internal link untuk tiap artikel ?
Lagi-lagi tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan pengalaman pengguna.{Jika anda merasa 10 internal link per artikel malah membantu pembaca sebaiknya buat saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link tiap konten maka jangan dengarkan, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Detik.com sebagai contohnya, berapa interlink mereka per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka dibanned Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.
Dengan internal link, jika salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar yang Sesuai
Tidak jarang yang salah kaprah soal ini. Karena khawatir Serp webnya turun kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang memakai link nofollow ketika melakukan link keluar.
Dikutip dari rohadiright Pendapat admin, asalkan external link sobat ke web-web authority yang relevan dengan topik tulisan, maka memasukkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kawan. Pengaruhnya, Google akan melihat web kamu sebagai blogs yang keren karena selalu merujuk blog yang memiliki nama baik.

External link yang ditujukan situs yang berkaitan dengan topik artikel juga membantu user untuk memperoleh sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk link keluar, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang sesuai dengan ulasan, dan gunakan rel nofollow untuk web-web sahabat (kalau sobat mengenalkan sesuatu).
7. Relax dengan Keyword Density
Keyword density yaitu {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu tulisan.
Berapa keyword density yang cocok untuk tulisan yang SEO friendly ?
Jika dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang memberi arahan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu memusingkan soal itu. Keyword density mungkin penting, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mempertimbangkan nilai dari sebuah postingan.
kamu malah harus waspada jika tingginya keyword density terlalu banyak, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin kamu optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kamu.
8. Jangan lupakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Meski tidak sama persis pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, anda sedang menulis trik tentang cara membuat artikel yang SEO friendly, maka kawan dapat menambahkan kata kata yang memiliki arti serupa seperti bakso mempunyai arti kata serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara memasak bakso sobat bisa memasukkan dalam artikelmu persamaan kata yang serupa dari bakso itu memakai kata yang lain misalnya contoh di atas.

Serupa di atas, kalau sobat membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kawan bisa mengikutsertakan istilah seperti baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel anda. anda juga dapat memasukkan kata yang berhubungan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Trik mencari keyword-keyword LSI sobat dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (khusus wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.
9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline
Sederhana namun salah satu teknik jadul yang kadang tidak tepat.
Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol di artikel kita.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mempertimbangkan user experience.
Memang dapat sedikit mempermudah dari segi pencarian keyword, tapi dari user experience, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca tidak suka dan cepat-cepat mencari website lain karena konten yang dilihat kelihatan amatir.
Gunakan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic seringnya dipakai untuk bahasa asing, sedangkan underline dipakai istilah atau note yang penting. kamu bisa membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan tetap memperhatikan segi pengalaman pengguna.
10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menuliskan pokok paling penting pada suatu halaman website.
Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya digunakan untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.
Perhatikan misal di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
cukup tahu: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun penggunaan h1 usahakan hanya 1x saja agar google bisa membaca dengan baik.
11. Gunakan URL Pendek dan Sisipkan Keyword Bidikan
Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly tidak yang banyak variasi keyword, tapi yang tidak sulit dideteksi oleh mesin pencari apa yang dijadikan topik utama artikel itu.
Misal :
Title : Cara Ampuh menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Disini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Menggunakan url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.
Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.
Matt Cutts engineer Google mengemukakan pendapat dan juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Aturannya, permalink include dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama supaya lebih gampang ditemukan google umumnya membuat postingan kurang seni.
Agar lebih mudah, kamu dapat memasukkan keyword sobat di meta deskripsi kalau user wp sering memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang sobat tulis nantinya menjadi snippet di mesin pencari.
Peletakan keyword di meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu diperhatikan bahwa meski meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada pencarian ketika mengunjungi blog kamu, meta deskripsi ini juga dilihat calon pembaca saat mencari artikel pada mesin pencarian, jadi gunakan kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, bukan hanya dipenuhi keyword-keyword dan LSI nya.
Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 karakter, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi sobat sesuai batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|sebab kalau lebih dari maka deskripsi sobat akan dipotong.
Tips:
Agar mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kawan bisa berkreasi pada meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca semakin tertarik untuk mengeklik dan mengunjungi artikel yang sudah dibuat.
13. Masukkan Attribut Alt pada Image
Google tidak bisa mengidentifikasi dengan baik file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file gambar ke bot yang melakukan indeking di konten yang dibuat.
Penting, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul ataupun nama file gambar.
Umumnya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kalian memakai image dari Google, pastikan merubah judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar kawan tidak sama dengan image yang anda unduh itu. Jika perlu, anda juga dapat merename meta-data dan melakukan sedikit cropping image agar file gambar tersebut benar benar “baru dan unik” menurut Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar umumnya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Pastikan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika terasa memberatkan loading web .
14. Isi Ilustrasi ke dalam Artikel seperti Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kamu sajikan, tambah besar peluang Google mendeteksi artikel kawan menjadikannya artikel yang mantap di pejwan.
Survei dari Quicksprout.com, artikel dengan disertai gambar yang pas dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang konten tanpa gambar yang cocok.
Tak hanya itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan menikmati konten visual dibanding tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.
15. Pakailah Variasi Keyword
Poin terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya penggunaan keyword utama dengan terpisah di sekitar konten.
Ragam Keyword ini menjadikan postingan sobat jadi lebih enak dibaca dan luwes. Samakah dengan pembuatan artikel yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih
Menciptakan tulisan adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan tulisan bukan copas dan siap bersaing di page one. Seperti pada konten yang kita posting ini, kita menulis ulang artikel rohadirigh.com kemudian kita rubah semakin unik menggunakan alat canggih ini.
Sayangnya untuk membelinya sobat kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan terbayarkan saat kamu membuat artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis dibuat jadwal pada satu klik itu saja.
Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian dapat di export ke blogspot seperti yang saya buat pada postingan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan masuk pada website resminya daftarkan diri untuk login terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang diberikan. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat tulisan tulisan yang SEO friendly untuk mencari pengunjung itu diinginkan oleh pembuat website, karena bisa meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Namun jangan menggunakan trik optimasi on-page konten kawan hanya semata-mata untuk SEO.
Pergantian algoritma mesin pencari sudah semakin modern, apalagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.
Buatlah tulisan yang menambahkan value (berguna), mengutamakan user experience dan ditambah seo sederhana misalnya yang saya tulisakan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel anda dapat segera bersaing di SERP.
0 Response to "16 Trik Membuat Artikel Yang Baik dan Benar"
Catat Ulasan