12 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Teknik menulis konten website bisa ditemukan di google. Sering kali orang sharing trik menulis artikel yang baik. Seringnya ditulis berdasarkan pengalaman pribadi tidak sedikit juga yang hanya copy paste.

Banyak tips-tips mengenai cara menulis artikel yang bisa merajai page one di google, tapi tidak semuanya dapat dipakai dan seringkali beberapa bahkan yang telah kadaluarsa menyesuaikan perkembangan algoritma mesin pencari paling ramai saatini, utamanya Google.

Dikeluarkan master Seo, di bawah ini merupakan cara menulis tulisan yang dijamin bisa menjadi raja di page one walaupun algoritma terbaru google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Sesuatu paling mendasar dari sebuah website adalah user experience.. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berkaitan dengan user experience bisa disingkat UX.
 12 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Kenapa user experience ?


Karena hampir mustahil dibuat buat.

Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena mereka adalah penikmat situs kita. Jadi, tidak heran kalau User Experience menjadi salah satu faktor paling mendasar yang digunakan Google untuk mengurangi manipulasi ranking di search engine mereka.

Arti dari user experience di sini adalah kegiatan dan respon user ketika mereka mengunjungi blog sobat. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, impressi halaman yang pembaca suka, bagian-bagian blog mana yang pengguna klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.

Analoginya, kalau pengunjung betah di blog milikmu, itu artinya makin menarik konten dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, namun sebagian orang berasumsi bahwa Google dapat menemukan hampir seluruh kegiatan browsing user, meski tidak menggunakan alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan perankingan situs.

Kesimpulannya se-expert apapun teknik penulisan tulisan SEO Anda, jika tidak mementingkan user experience maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang unik adalah diantaranya.

Hal lain yang mempengaruhi user experience antara lain :

  • Template yang ok untuk pengguna

  • Lokasi iklan yang tepat

  • Navigasi yang mengena

  • Ukuran dan jenis huruf yang readable kalau bisa yang nyaman di retina

  • Tulisan tidak membingungkan

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Membukanya tidak berat
    Responsive design


Kesimpulannya UX adalah, membuat tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pengunjung sebagai ratu.

2. Pakai Keyword pada Judul Artikel


Ini harus dimasukkan kalau Anda ingin lebih mudah bersaing di SERP. Sebab judul (title) adalah elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.

Tidak menyisipkan keyword utama di judul sama saja dengan menyuruh Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Peletakan keyword yang paling tepat pada judul yaitu yang diawal kata. Semakin ke kiri makin Seo Friendly.

Namun poin ini tidaklah suatu keharusan sebab menyesuaikan juga dengan secara lengkap title agar tetap enak dilihat dan mengundang klik.

Jangan sampai hanya karena ingin lebih masuk di Page one, judul artikel kamu malah jadi aneh dan tidak readable.

 12 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Biasanya website-website lokal, banyak yang membuat kecewa user (pembaca) hanya demi fokus keyword-keyword utama masuk pada judul artikel.

Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Sudah memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama pasti tidak seo sekali
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget yaitu Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun nggak gitu juga kali membuat judulnya.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ada kemungkinan artikelnya fake.

Contoh mudahnya adalah blog-blog AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menjadi salah satunya dikarenakan judul dan catatan singkat di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC yang masih baru menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword typo (salah tulis) yang jarang dan hampir tidak ada musuhnya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka membuat kuat juga rangking di pencarian google.

Pendapat ini dapat benar, bisa juga salah. Fokus pada UX atau user experiencenya menjadi pertimbangan utama.

Jika Anda bisa membuat artikel yang panjang dengan tetap mengutamakan pengalaman pengguna maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda bersikeras menulis artikel panjang cuma untuk memenuhi poin SEO (diisi tulisan acak-acakan dan tidak jelas arahnya) admin rasa cara kamu tersebut tidak akan berhasil.

Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak hanya panjang , namun juga membahas tema secara lengkap dan menyeluruh.

Dalam bahasa inggris sering disebut dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com pada sampel 1 juta keyword pada Google belum lama ini menyimpulkan bahwasanya rata-rata kata dalam konten di halaman 1 pencarian yaitu 1.890 kata.

penting : Hindari berputar putar pada topik yang tidak bermanfaat cuma untuk meningkatkan banyaknya kata. Malah, sebisa mungkin gunakan kalimat yang ringkas dan tidak bertele-tele, agar poin yang anda ulas dapat lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam artikel


Internal linking adalah link {dalam konten antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Berapa kebutuhan internal link untuk tiap postingan ?


Penentuan internal linking tidak ada ukuran baku karena ini juga berhubungan dengan pengalaman pengguna.{Jika kamu yakin 10 internal link per post malah membantu pembaca maka silahkan saja.

 12 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Dulu memang ada yang berpendapat internal link sebaiknya tidak lebih lebih dari 3-5 link per artikel maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.

Lihat Detik.com sebagai contohnya, total interlink mereka per halamannya ? Ngga terhitung.

Apakah situs itu terkena Google ? No.

Bermanfaat untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain menurut SEO.

Dengan internal link, kalau salah satu halaman memperoleh satu backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan mengalir dan masuk ke halaman lain yang mendapat link dari halaman tersebut istilah kerennya disebut dengan linkjuice.

6. External Linking ke Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir soal ini. Karena takut ranking webnya jatuh jika memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.

Dikutip dari rohadiright Pendapat saya, selama external link kalian untuk web-web authority yang sesuai dengan topik artikel, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak menurunkan ranking website kamu. Pengaruhnya, Google akan melihat web kawan sebagai situs yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang memiliki nama baik.

 12 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

External link yang ditujukan situs yang sesuai dengan topik artikel juga memudahkan pembaca untuk memperoleh sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika melakukan link keluar, pakai rel dofollow untuk web-web authority yang relevan dengan ulasan, dan tentukan attribut nofollow untuk web-web affiliate (persiapan sobat merekomendasikan produk/jasa).

7. Pertimbangkan Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu halaman artikel.

Berapa keyword density yang pas untuk konten yang SEO friendly ?


Ketika masih menggunakan Google Panda banyak yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini malahan kalian tidak kudu terlalu bingung soal itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, tapi algoritma milik Google sudah cukup canggih untuk mendeteksi nilai untuk sebuah tulisan.

kalian malah wajib waspada kalau seringnya keyword density over, sebab dapat berefek buruk keyword stuffing.

 12 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan sobat.

8. Terapkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang mirip dengan sinonim atau related keywords (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan fokus keyword).

Simak Penjelasan berikut ini

Sebagai Contoh, sobat lagi menulis trik tentang tips menulis tulisan yang SEO friendly, maka kawan dapat memberi istilah-istilah mempunyai maksud yang sama dengan hal itu misalnya bakso memiliki arti kata mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso anda bisa menyisipkan dalam tulisanmu persamaan kata yang mirip dari bakso itu menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 12 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Serupa di atas, kalau kalian menuju keyword “baju muslim”, maka lebih bagus kalau sobat dapat mengikutsertakan istilah misalnya baju muslim, baju gamis, abaya ke dalam tulisan kamu. kamu juga bisa memasukkan kata yang berhubungan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Untuk mencari keyword-keyword LSI sobat bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang memang mempunyai fitur ini, seperti SEOpressor.

9. Kurangi Pemakaian Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu teknik ampuh yang sering tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk membantu search engine memasukkan kata-kata yang paling menonjol pada tulisan kita.

Namun yang terjadi, banyak yang memakainya secara melampaui batas dan mengaplikasikannya tidak mementingkan user experience.

Memang bisa sedikit membantu dari sisi penguatan keyword, namun untuk pengalaman pengguna, sangat buruk. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan dapat menjadikan pengunjung bingung dan cepat-cepat menutup halaman web akibat tulisan yang dilihat aneh.

Pakailah Bold, Italic dan Underline seperlunya.

Kalaupun untuk memperkuat keyword, gunakan bold sekali saja. Kalau italic wajarnya digunakan pada istilah-istilah asing, sedangkan underline untuk istilah atau note yang bermanfaat. kamu dapat membuat kejutan penggunakan fitur ini dengan selalu mementingkan segi pengalaman pengguna.

10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3


Komponen heading h1, h2 & h3 dipakai guna elemen-elemen paling penting pada suatu halaman website.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 biasanya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 dipakai untuk penjelasan pokok bahasan artikel h2.

Perhatikan gambaran di bawah ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

note: Pemakaian h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman konten. Tapi penggunaan h1 sebaiknya cuma 1x saja karena h1 merupakan ide utama suatu halaman.

11. Pakailah URL singkat dan Mengandung Keyword Bidikan


Sedikit berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya inovasi keyword, tapi yang tidak sulit dibaca oleh search engine apa yang dijadikan topik utama konten tersebut.

Contoh :
Title : Cara Ampuh menulis artikel nangkring di Pejwan
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Pada poin ini tidak sedikit yang melakukan sebaliknya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan tujuan lebih banyak keyword yang didapat.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pencarian.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk menggunakan antara 3 – 5 kata di permalink.

Aturannya, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Optimasi Meta Deskripsi


Menggunakan keyword utama di kalimat awal agar lebih gampang ditemukan google umumnya menjadikan artikel jadi agak kaku.

Agar tidak menggangu, sobat dapat menyisipkan keyword kawan pada meta deskripsi untuk pemakai wp dapat memakai plugin SEO by Yoast. Meta deskripsi yang anda tulis nantinya menjadi snippet pada search engine.

Dengan menyisipkan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih leluasa dan nyaman dalam menulis konten untuk user {khusunya|terutama] pada paragraf awal.

 12 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik

Penting sekali menggunakan kata untuk meta deskripsi terlebih hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi blog kawan, meta deskripsi ini juga dilihat visitor saat mencari artikel di mesin pencarian, jadi pastikan kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing klik, tidak cuma menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google membatasi pemakaian meta deskripsi tidak lebih 160 karakter, jadi olah sebaik mungkin meta deskripsi kawan sesuai ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau melebihi 160 kata maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Agar dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kawan dapat menciptakan meta deskripsi yang menarik minat orang.

Misalnya dengan tanda titik-titik pada akhir deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan yang sudah dibuat.

13. Memberi Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt sangat penting untuk menjelaskan isi file image pada robot yang melakukan indeking pada halaman itu.

Harus diperhatikan, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file gambar.

Umumnya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword bidikan.

Tips:
Kalau kalian menggunakan image berasal dari Google, sebaiknya merubah title file umumnya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file image kamu tidak sama dengan gambar yang anda unduh itu. Kalau bisa, anda juga bisa memberi nama baru meta-data dan ditambah sedikit editan gambar supaya file image itu benar benar “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih besar biasanya mempunyai performa yang lebih memuaskan bot google. Usahakan untuk minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa susutkan file kalau dirasa terlalu memberatkan loading web ketika dibuka.

14. Tambahkan Ilustrasi ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Tambah menarik informasi yang kamu isi, tambah besar peluang Google mengindek tulisan sobat sebagai konten yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan dilengkapi gambar yang pas dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding artikel tanpa image yang cocok.

Dan terakhir, dikutip dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan menikmati tulisan visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Pakailah Ragam Keyword


Langkah terakhir dalam tata cara menulis artikel SEO friendly yaitu variasi keyword. Sedikit berbeda dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama dengan sepenggal-sepenggal di satu konten.

Variasi Keyword ini menjadikan tulisan kamu jadi lebih hidup dan tidak membingungkan. Coba pikir dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.

16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih


Menciptakan tulisan adalah sesuatu yang menjadikan internet marketer merasa kesulitan, namun dengan adanya alat yang mantap ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan siap bersaing menempati pejwan. Seperti pada konten yang saya posting ini, kita menulis ulang tulisan rohadirigh.com kemudian saya buat menjadi unik menggunakan tool supeer ini.

Namun untuk mendapatkannya kawan kudu memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi poin ini akan segera lunas saat sobat menciptakan konten dengan sekali tekan bisa tembus 4000 artikel unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu klik itu saja.

Memakai plugin yang bisa diinstal di wordpres lantas dapat di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada postingan ini. Kalau sobat berminat silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan mendaftar sebagai anggota saja sudah memperoleh trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Contohnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Membuat tulisan postingan yang SEO friendly untuk menarik perhatian bot engine itu bagus, karena dapat meningkatkan penghasilan ke blog anda. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page konten anda cuma agar mantap di SEO.

Sekarang ini algoritma google telah semakin pintar, lagi lagi si raksasa Google memakai bermacam macam model algoritma mulai dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah tulisan yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan ditambah seo sederhana seperti yang kami tulisakan di atas, ditambah dengan polesan backlink untuk optimasi off-page, biasanya artikel kamu bisa segera bersaing di SERP.

0 Response to "12 Tips dan Panduan Membuat Tulisan Yang Baik"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel