16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Cara penulisan artikel banyak tersedia di google. Banyak orang sharing cara menulis artikel yang pasti masuk page one. Seringnya dibagikan berdasarkan pengalaman pribadi ada juga yang hanya copy paste.

Tidak sedikit artikel yang ditemukan di pencarian juga sudah outdated, namun hanya akibat masih nongkrong di page one masih digunakan. Banyak faktor yang membuatnya outdated perbedaan algoritma yang digunakan google untuk crawl tulisan yang baru dibuat

Dibuat ahli Seo, berikut ini merupakan trik menulis tulisan yang dijamin dapat menjadi raja di page one walaupun algoritma paling update google.

1. Utamakan User Experience


User experience atau pengalaman pengguna.

Titik ini kami tuliskan sebagai poin dasar karena saya anggap sebagai elemen paling mendasar dalam menulis artikel SEO friendly. Dan nantinya, poin-poin lain yang mempengaruhi tulisan ini juga banyak berhubungan user experience atau lebih mudah dibilang UX.
 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kenapa user experience ?


Tentu hampir mustahil dimanipulasi.

Mungkin kawan dapat membuat backlink atau konten yang klikable tapi,, user experience tidak mungkin dimanipulasi sebab mereka adalah pembaca situs kamu. Jadi, tidak salah jika UX menjadi salah satu faktor penting yang digunakan Google untuk meminimalisir penguasaan ranking di halaman pencarian google.

Arti dari user experience di sini adalah kegiatan dan pengalaman pembaca ketika mereka surfing blog sobat. Dilihat dari waktu yang diperlukan untuk membaca, respon untuk tulisan yang di klik, berapa halaman yang mereka buka, bagian-bagian blog mana yang pengunjung klik, dan sebagainya.

Gampangnya, semakin lama dan betah mereka di blog milikmu, maka makin berkualitas konten dari web itu.

Walaupun masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berpendapat bahwa Google dapat melacak hampir semua aktivitas browsing kamu, meski tidak memakai alat mereka seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.

Diungkapkan oleh seorang member Blackhatword dengan nama John Limbocker yang membahas cara Google memakai user experience sebagai salah satu alasan perankingan situs.

Jadi se-expert apapun teknik pembuatan artikel SEO Kawan, jika tidak mendengarkan user experience maka bisa jadi hasilnya menurun.

Apa saja yang termasuk ke dalam kategori pengalaman pengguna? Banyak.

Tulisan yang dibuat dengan apik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.

Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience antara lain :

  • Desain Website / Blog yang tidak membosankan

  • Pemasangan iklan yang tidak mengganggu

  • Navigasi yang mudah

  • Ukuran dan jenis font yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina

  • Mengurangi kesalahan penulisan (typo)

  • Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)

  • Data yang minimal
    Template yang Responsive


Kesimpulannya UX adalah, menyajikan tulisan dan website yang berkualitas dengan fokus pembaca sebagai ratu.

2. Gunakan Keyword pada Judul Artikel


Memasukkan keyword wajib dimasukkan jika Kamu ingin terasa ringan masuk dalam page one. Karena judul (title) adalah hal pertama yang di crawl Google untuk memperoleh pencarian suatu artikel.

Tidak memasukkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema artikel sobat.

Penyisipan keyword yang paling tepat pada title adalah yang kata pertama. Makin ke kiri makin Seo Friendly.

Tapi hal ini tidaklah suatu keharusan karena menyesuaikan juga dengan keseluruhan title agar tidak janggal dilihat dan konversi menjadi klik.

Maksa banget cuma karena ingin lebih SEO-friendly, judul konten kamu malah jadi aneh dan susah dibaca.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Umumnya yang sering terjadi di website-website dalam negeri, mudah ditemukan yang membuat manipulasi user (pembaca) hanya demi mengejar keyword-keyword utama masuk pada judul postingan.

Misalnya judul seperti ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model ditambah jenis padahal mempunyai arti yang mendekati sama sungguh terlalu
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik tapi penerapan yang tidak cocok dan terkesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik

jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak kaleng kaleng.

Misalnya adalah website AGC (auto generated content).

Kenapa mereka jarang menguasai SERP, apalagi untuk keyword-keyword potensial ? Menurut saya salah satunya dikarenakan judul dan deskripsi di snippet milik mereka rata-rata berantakan dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.

AGC menyasar di keyword-keyword long tail yang panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang tidak ditemukan dan seringkali tidak ada kompetitornya.

4. Tulis Artikel Panjang & Dalam


Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin kuat juga peringkatnya di mesin pencari.

Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna adalah pertimbangan utama.

Jika Anda bisa menulis tulisan yang panjang dengan fokus mengistimewakan user experience maka {pasti sangat baik|tentu saja itu lebih baik. Tetapi kalau Anda bersikeras membuat konten panjang hanya agar memenuhi target SEO misalnya(dengan isi tulisan sembarang dan tidak jelas arahnya) kita rasa cara kamu tersebut kurang tepat.

Apa yang admin maksud dengan artikel panjang dan dalam ?


Artikel yang bagus tidak cuma (banyak) jumlah kata-katanya, namun juga berisi topik secara mendalam.

Atau bahasa inggris biasa dinamai dengan istilah in-depth content.

Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta keyword di Google baru-baru ini mendapati kalau rata-rata kata dalam artikel di halaman 1 SERP yaitu 1.890 kata.

note : Hindari berputar putar pada topik yang tidak perlu cuma untuk tujuan mengejar banyaknya kata. Usahakan, sebisa mungkin pakai kalimat yang simpel dan tidak berputar putar, agar inti yang anda sampaikan bisa lebih mengena dan memuaskan pembaca.

5. Isi Internal Linking dalam tulisan


Pengertian Internal linking yaitu link {dalam postingan antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.

Bagaimana penentuan internal link untuk tiap artikel ?


Penentuan internal linking tidak ada ketentuan baku karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika sobat yakin 10 internal link per artikel malah memudahkan pengunjung maka silahkan saja.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Kalau ada yang berpendapat internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link per konten sebaiknya abaikan saja, pasti yang ngasih saran tidak update ilmu SEOnya.

Lihat Wikipedia sebagai contohnya, jumlah interlink website per page ? Ngga dibatasi.

Apakah mereka terkena Google ? Tentu tidak.

Berguna untuk meningkatkan user experience, internal linking juga akan membuat hubungan antara halaman dan halaman yang lain dari sisi SEO.

Kekuatan dari internal link, kalau salah satu halaman mendapat sebuah backlink, akan bertambah 85% kekuatan dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa dikenal dengan linkjuice.

6. External Linking pada Situs besar Sebagai Rujukan


Tidak jarang yang khawatir masalah ini. Akibat khawatir ranking webnya jatuh jika membuat link keluar akibatnya tidak sedikit yang memakai link nofollow saat membuat external linking.

Rohadiright.com menjelaskan, selama external link sobat untuk situs terpercaya yang relevan dengan isi konten, sebaiknya memberi dofollow link tidak memberi efek buruk ke web anda. Malah sebaliknya, Google akan menganggap web sobat sebagai web yang keren karena memakai rujukan situs yang memiliki nama baik.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

External link yang ditujukan web-web yang berkaitan dengan isi bahasan juga membantu pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber rujukan lain yang valid.

Tips :
Ketika membuat external link, gunakan attribut dofollow khusus web-web authority yang relevan dengan artikel, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (seumpama kamu mengenalkan sesuatu).

7. Hitung Keyword Density


Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|banyaknya tampilan keyword dalam satu konten.

Berapa keyword density yang pas untuk artikel yang SEO friendly ?


Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda tidak sedikit pakar Seo yang memberi saran di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma yang terbaru ini malahan kawan tidak harus terlalu memusingkan masalah itu. Keyword density memang cukup berpengaruh, tapi algoritma terbaru Google sudah cukup pintar untuk menilai kualitas untuk suatu artikel.

sobat malah kudu berhati-hati jika seringnya keyword density terlalu sering, karena bisa berefek buruk keyword stuffing.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.

Logikanya, jika artikel kawan bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kalian.

8. Gunakan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords


Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dibilang hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berkaitan dengan keyword utama).

Penjelasannya adalah

Sebagai Contoh, kamu lagi menulis tips tentang cara membuat tulisan yang SEO friendly, jadi kawan dapat memberi istilah-istilah yang memiliki arti mirip seperti bakso mempunyai arti yang mirip dengan bola daging. Atau dibuat menjadi istimewa dengan bakso setan walhasil dari judul misal cara membuat bakso anda dapat menyisipkan dalam kontenmu arti yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Serupa di atas, kalau kalian menembak keyword “baju muslim”, maka lebih bagus jika anda bisa mengikutsertakan istilah seperti busana muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kalian. kawan juga dapat memasukkan istilah-istilah yang berkaitan seperti model baju, gambar baju dan lain sebagainya.

LSI keyword di google related search

Trik mencari keyword-keyword LSI kalian dapat memakai Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.

9. Hindari penggunaan Bold, Italic, Underline


Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang kadang tidak tepat.

Menggunakan bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) pada kalimat bertujuan untuk membantu search engine mengenali keyword yang penting pada artikel kita.

Tapi pada kenyataannya, pemilik website yang menggunakannya secara melampaui batas dan menerapkannya hanya pada kata yang dituju saja.

Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi pencarian keyword, namun untuk segi pengalaman pengguna, janggal. Artikel memakai Bold, Italic dan Underline yang melampaui batas bisa membuat pembaca sakit mata dan cepat-cepat mencari website lain akibat artikel yang dilihat aneh.

Sisipkan Bold, Italic dan Underline pada tempatnya.

Memang sering digunakan untuk menguatkan keyword, pakailah bold saat butuh saja. Untuk italic seringnya dipakai pada kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang bermanfaat. anda dapat membuat kejutan pemakaian fitur ini dengan tetap mementingkan sisi pengalaman pengguna.

10. Sisipkan Elemen h1, h2 & h3


Elemen heading h1, h2 & h3 digunakan guna menentukan ide paling penting pada suatu tulisan.

Di bagian postingan default wordpress atau template default blogspot elemen h1 seringnya dipakai untuk Judul postingan, H2 untuk pokok penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk penjelasan pokok bahasan tulisan h2.

Lihatlah misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>

catatan: Penggunaan h2, h3 dapat lebih dari 1x dalam satu halaman postingan. Namun pemakaian h1 usahakan cuma 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu postingan.

11. Pakailah URL Pendek dan Sisipkan Keyword Utama


Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang bagus tidak yang kaya variasi keyword, tapi yang mudah dibaca oleh search engine seperti yang menjadi topik utama artikel itu.

Gambaran :
Judul : Cara Unik menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html

Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat

Banyak yang salah melakukannya. Memakai url tanpa mengubahnya sama sekali dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.

Dengan url panjang, bisa mendapat lebih banyak keyword yang dibidik, namun keyword utama malah tidak bisa masuk pejwan.

Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai sekitar 3 – 5 kata pada permalink.

Dalam aturan SEO, permalink termasuk dengan url domain disarankan tidak lebih dari 90 karakter.

12. Membuat Meta Deskripsi


Menyisipkan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih SEO friendly umumnya menjadikan artikel menjadi tidak readable.

Agar lebih mudah, sobat dapat menyisipkan keyword kamu di meta deskripsi untuk pengguna wp dapat menggunakan plugin AIO SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet pada search engine.

Penempatan keyword di meta deskripsi, kawan bisa lebih leluasa dan nyaman dalam menulis artikel untuk pengguna {khusunya|terutama] di paragraf pertama.

 16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula

Perlu diperhatikan bahwa walaupun meta deskripsi ini hanya ditampilkan pada search engine nah saat mendatangi situs anda, meta deskripsi ini juga dilihat visitor ketika googling di search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini tetap menarik dan memancing klik, tidak hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.

Google menentukan penggunaan meta deskripsi sekitar 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kamu dalam batasan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong saat ditampilkan|sebab kalau lebih dari maka deskripsi kalian akan dipotong.

Tips:
Untuk dikonversi menjadi klik dan membuat klik di SERP, kalian dapat berkreasi pada meta deskripsi yang menarik minat orang.

Beri tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pengunjung semakin tergoda untuk membuka dan mengunjungi konten yang sudah dibuat.

13. Masukkan Attribut Alt di Gambar


Google tidak dapat membaca file gambar , maka pemakaian attribut alt sangat penting untuk menggambarkan isi file image pada robot yang melakukan indeking di halaman itu.

Harus diperhatikan, yang dibaca oleh Google yaitu attribut alt, bukan judul maupun nama file image.

Biasanya, attribut alt digunakan untuk memasukkan dengan keyword utama.

Tips:
Jika kamu memakai image dari Google, jangan lupa untuk merubah title file biasanya memakai extensi .jpg, .png atau .jpeg supaya file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang anda download itu. Kalau perlu, kalian juga bisa merename meta-data dan kemudian sedikit sayatan image supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” menurut Google.

Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya memiliki performa yang lebih memuaskan search engine. Pastikan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Jangan lupa kompresi file jika dirasa terlalu memberatkan loading web .

14. Isi Gambar ke dalam tulisan seperti Images, Video atau yang sejenis


Semakin kaya informasi yang sobat sajikan, semakin mantap peluang Google mendeteksi tulisan kawan sebagai postingan yang berkarakter.

Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dilihat 94% lebih {lama|banyak|menarik| timbang artikel tanpa gambar yang cocok.

Dan terakhir, menegaskan dari Neomam.com, Rasio antara kecepatan membaca konten visual timbang tulisan adalah seperti sepersepuluh detik dibanding satu menit.

15. Gunakan Ragam Keyword


Poin terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly adalah inovasi keyword. hampir sama dengan keyword density dan LSI, yang admin maksud dengan inovasi keyword adalah penggunaan keyword utama secara sepenggal-sepenggal di satu artikel.

Inonasi Keyword ini membuat tulisan kamu menjadi lebih enak dibaca dan luwes. Bandingkan dengan pembuatan tulisan yang selalu menyertakan exatch match keywords.

16. Gunakan alat pembuat konten yang canggih


Membuat konten adalah hal yang membuat penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan memakai alat yang keren ini kamu dapat menciptakan ribuan tulisan unik dan siap bertahan menempati page one. Misalnya pada konten yang kita posting ini, saya menulis ulang konten rohadirigh.com kemudian saya rubah semakin unik menggunakan tool canggih ini.

Sayangnya untuk mendapatkannya sobat harus memiliki lisensi setiap tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan ketika kamu membuat artikel dengan sekali tekan bisa mencapai 4000 konten unik. Kelebihannya telah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.

Berbasis plugin yang bisa digunakan di wordpres kemudian bisa di export ke blogspot contohnya yang saya lakukan pada tulisan ini. Jika kamu berkeinginan silahkan kunjungi mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Karena dengan menjadi sebagai member saja telah banyak trik gratis yang dibimbing. Contohnya trik "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.

Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)


Kesimpulan
Menulis postingan yang SEO friendly untuk menarik visitor itu baik, sebab dapat meningkatkan penghasilan ke blog kalian. Tapi jangan memakai teknik-teknik optimasi on-page artikel kalian hanya semata-mata untuk SEO.

Pergantian algoritma google telah semakin modern, lagi lagi mesin pencari Google dengan bermacam macam algoritma baru misalnya dari Panda, Penguin sampai Hummingbird.

Tulislah konten yang memberikan nilai (berguna), mengedepankan user experience dan diimbangi seo sederhana seperti yang kami sebutkan di atas, kemudian disertai dengan polesan backlink guna optimasi off-page, maka kemungkinan besar tulisan kawan dapat merajai page one.

0 Response to "16 Cara Membuat Tulisan: Langkah Demi Langkah Untuk Pemula"

Catat Ulasan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel