9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu
Isnin, 28 Januari 2019
Add Comment
Metode penulisan artikel banyak tersedia di google. Mudah ditemukan orang sharing trik penulisan artikel yang baik. Seringnya ditulis sesuai pengalaman selama berkecimpung di dunia IM ada juga yang hanya menjiplak karya orang.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun hanya akibat masih merajai di pejwan masih digunakan. Banyak faktor yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah trik membuat artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Tentu hampir mustahil dibuat buat.
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena selain kendali kita selaku penulis konten. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.
Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka surfing situs kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kita, meski tidak memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun trik menulis tulisan SEO Anda, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
Ini harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras membuat konten panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara mendalam.
Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.
Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link per artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca sobat maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat webnya turun kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog anda sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat menjual produk/jasa).
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu postingan.
kamu malah wajib waspada jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, kalian sedang membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lagi jika kalian membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kalian bisa memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga bisa memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kamu.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dibaca membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat elemen-elemen terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu konten.
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama artikel itu.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan kurang seni.
Agar tidak menggangu, sobat bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan kita.
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja indeking pada halaman itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Biasanya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar dari Google, sebaiknya mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang anda unduh itu. Kalau bisa, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.
Semakin kaya informasi yang kalian isi, semakin besar peluang Google mengindek tulisan kamu menjadikannya tulisan yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Variasi Keyword ini membuat artikel kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan tool canggih ini.
Namun untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya buat pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly guna mencari visitor itu wajar, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel kawan hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin modern, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kamu dapat merajai page one.
Seringkali artikel yang ditemukan di pencarian juga telah outdated, namun hanya akibat masih merajai di pejwan masih digunakan. Banyak faktor yang membuatnya kadaluarsa perbedaan algoritma yang digunakan google untuk mengambil artikel yang baru dibuat
Dikeluarkan pakar Seo, di bawah ini adalah trik membuat artikel yang pasti bisa menjadi raja di page one dengan algoritma terbaru google.
Related
1. Utamakan User Experience
User experience atau pengalaman pengguna.
Sesuatu paling penting dari suatu situs yaitu pengalaman pengguna.. Sebelum membahas yang lain yang ada ditulisan ini tentu banyak berkaitan dengan user experience atau biasa disebut UX.

Alasan User Experience disebutkan pertama
Tidak seperti backlink dan konten, user experience tidak mungkin dimanipulasi karena selain kendali kita selaku penulis konten. So, tidak heran jika inilah salah satu pertimbangan penting yang menjadi patokan Google untuk menghilangkan penguasaan ranking di search engine milik google.
Pengertian dari UX di sini adalah kegiatan dan respon pengguna saat mereka surfing situs kawan. Mulai dari waktu yang dibutuhkan untuk membaca, respon untuk artikel yang dibaca, berapa halaman yang mereka buka, komponen situs mana yang mereka klik, dan bermacam macam interaksi lainnya.
Analoginya, kalau pengunjung betah di suatu web, bisa disimpulkan makin berkualitas isi dari web itu.
Meski soal ini masih menjadi perdebatan, tapi banyak yang berasumsi bahwa Google bisa menemukan hampir seluruh aktivitas browsing kita, meski tidak memakai alat google seperti Google analytic, Google toolbar ataupun Google chrome.
Ramai dibicarakan dalam situs Blackhatword dengan nama John Limbocker yang diulas cara Google menggunakan user experience menjadi salah satu alasan naiknya ranking situs.
Jadi sehebat apapun trik menulis tulisan SEO Anda, kalau tidak mementingkan pengalaman pengguna maka kemungkinan besar hasilnya tidak akan maksimal.
Kriteria user experience itu apa? Banyak.
Tulisan yang unik adalah termasuk dalam pengalaman pengguna.
Faktor-faktor lain yang menjadi nilai user experience diantaranya yaitu :
- Desain Website / Blog yang tidak membosankan
- Pemasangan iklan yang tidak mengganggu
- Navigasi yang mengena
- Ukuran dan jenis huruf yang mudah dibaca kalau perlu yang sudah mendukung retina
- Meminimalisir kesalahan penulisan (typo)
- Interaksi yang baik (komentar, diskusi, share, dsb)
- Memakai AMP
Template yang Responsive
Kesimpulannya UX yaitu, membuat tulisan dan website yang bermutu dengan fokus pengunjung sebagai tamu terhormat.
2. Pakai Keyword pada Judul Tulisen
Ini harus dilakukan jika Kamu ingin lebih mudah masuk dalam page one. Sebab judul (title) merupakan elemen pertama yang di crawl Google untuk memenuhi topik suatu tulisan.
Tidak menyisipkan keyword utama di title sama saja dengan membingungkan Google untuk mencari tahu tema postingan Anda.
Memasukkan keyword yang paling mudah terbaca google pada title adalah yang diawal kata. Kian ke kiri makin Seo Friendly.
Tapi poin ini tidaklah suatu kewajiban karena penempatan juga dengan keseluruhan title agar tetap enak dibaca dan mengundang klik.
Memaksakan diri hanya karena ingin lebih SEO-friendly, judul artikel kamu malah jadi hambar dan tidak readable.

Seringnya situs lokal, banyak yang justru mengorbankan user (pembaca) cuma untuk mengejar keyword-keyword berat di dalam judul postingan.
Seperti title dibawah ini
20 Model Jenis Komputer PC Terbaik Terbaru 2016
Kamu lihat sendiri memakai kata model dan juga jenis padahal memiliki makna yang mendekati sama berat di page one
Model Baju Batik Long Dress Muslim Terbaru 2016 Terbaik!
Yang ditarget adalah Long Dress Muslim atau Model Baju Batik namun penerapan yang tidak pas dan membuat kesan tidak readable.
Model dan Desain Baju Batik Sarimbit Modern Terbaru dan Terbaik
jarang yang ngeklik, ini pasti tulisannya tidak bermutu.
Misalnya adalah situs AGC (auto generated content).
Apakah mereka bisa menguasai pencarian, apalagi untuk keyword-keyword berat? Menurut saya salah satunya diakibatkan judul dan catatan singkat di snippet mereka tidak menarik pembaca dan tidak menggerakkan orang untuk membaca.
AGC biasanya unggul di keyword-keyword panjang dan keyword-keyword tidak jelas yang jarang dan biasanya tidak ada lawannya.
4. Tulis Artikel Panjang & Dalam
Ada yang beranggapan semakin banyak kata kata dalam artikel maka semakin baik pula peringkatnya di search engine.
Pendapat ini bisa benar, dapat juga salah. Fokus pada UX atau pengalaman pengguna menjadi pertimbangan utama.
Jika kamu bisa menulis tulisan yang panjang dengan tetap mengistimewakan pengunjung maka {pasti sangat bagus|tentu saja itu lebih bagus. Tetapi jika kamu bersikeras membuat konten panjang hanya untuk memenuhi poin SEO misalnya(diisi artikel acak-acakan dan muter-muter) kami rasa cara kamu tersebut tidak akan efisien.
Apa di maksud dengan artikel panjang dan dalam ?
Artikel yang bagus tidak cuma panjang , namun juga membahas tema secara mendalam.
Dalam istilah kerennya biasa disebut dengan istilah in-depth content.
Menurut riset dari Backlinko.com terhadap 1 juta pencarian pada Google baru-baru ini mendapati bahwasanya rata-rata panjang konten di halaman 1 pencarian adalah 1.890 kata.
penting : Hindari menambahkan kalimat atau topik yang tidak perlu cuma untuk meningkatkan jumlah kata. Sebaiknya, sebisa mungkin gunakan kata yang simpel dan tidak berputar putar, agar topik yang kamu jelaskan bisa lebih luas dan lengkap.
5. Gunakan Internal Linking dalam konten
Internal linking yaitu link {dalam artikel antar halaman dalam satu blog/website itu sendiri.
Berapa jumlah internal link per artikelnya ?
Penentuan internal linking tidak ada ukuran pasti karena ini juga berkaitan dengan user experience.{Jika kawan yakin 10 internal link tiap post tidak akan menyakiti mata pembaca sobat maka silahkan saja.

Dulu memang ada yang mengatakan internal link tidak boleh lebih dari 3-5 link tiap post maka biarkan saja, Karena memang dulu dianggap spam oleh google.
Lihat Wikipedia sebagai contohnya, total interlink website per artikel ? Ngga dibatasi.
Apakah mereka terkena Google ? No.
Selain bagus untuk meningkatkan pengalaman pengguna, internal linking juga akan memperkuat antara halaman yang satu dengan yang lain menurut SEO.
Kekuatan dari internal link, jika salah satu halaman mendapat satu backlink, akan bertambah 85% power dari backlink itu akan memperkuat dan masuk ke halaman lain yang memperoleh link dari halaman itu biasa disebut dengan linkjuice.
6. External Linking ke Situs besar yang Relevan
Pemain lama seringnya takut memasukkan external linking. Karena takut peringkat webnya turun kalau memberi link keluar maka tidak jarang yang menggunakan link nofollow ketika melakukan external linking.
Rohadiright.com berpendapat, asalkan external link sobat ke web-web authority yang sesuai dengan topik konten, sebaiknya menyisipkan dofollow link tidak memberi efek buruk ke web kamu. Malah sebaliknya, Google mungkin menganggap blog anda sebagai web yang terpercaya karena memakai rujukan web-web yang sudah di percaya.

External link ke situs yang sesuai dengan isi ulasan juga memudahkan pembaca untuk mendapatkan sumber-sumber referensi lain yang valid.
Tips :
Kesimpulannya untuk external link, pakai attribut dofollow khusus web-web terpercaya yang sesuai dengan topik tulisan, dan pakai attribut nofollow untuk link selain web authority (kalau sobat menjual produk/jasa).
7. Jangan Takut jumlah Keyword Density
Yang dimaksud dengan Keyword density adalah {seringnya|intensitas tampilnya keyword dalam satu konten.
Berapa keyword density yang ideal untuk artikel yang SEO friendly ?
Kalau dulu dijaman sebelum Google Panda banyak yang menyarankan di sekitar 3% – 5%, untuk algoritma sekarang ini langkah amannya kawan tidak kudu terlalu bingung masalah itu. Keyword density mungkin cukup berpengaruh, namun algoritma terbaru Google telah cukup cerdas untuk mempertimbangkan kualitas dari suatu postingan.
kamu malah wajib waspada jika tingginya keyword density terlalu sering, karena dapat dianggap sebagai keyword stuffing.

Lebih fokus ke user experience dan keyword density, maka LSI serta sinonim biasanya akan menyesuaikan dengan sendirinya.
Logikanya, jika artikel anda bagus dan berkualitas, serta membahas topik secara mendalam maka keyword-keyword yang ingin anda optimasi akan masuk dengan sendirinya melalui tulisan-tulisan kawan.
8. Masukkan Latent Semantic Indexing (LSI) Keywords
Walaupun berbeda pengertiannya, LSI bisa dikatakan hampir sama dengan persamaan kata atau kata yang memiliki arti serupa (kata-kata / istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama).
Penjelasannya adalah
Umpamanya, kalian sedang membuat tips tentang tips membuat konten yang SEO friendly, maka kalian bisa menambahkan kata kata mempunyai arti yang sama dengan hal itu seperti bakso mempunyai arti yang serupa dengan daging sapi bulat. Atau dibuat menjadi unik dengan bakso setan kesimpulannya dari judul misal cara membuat bakso sobat dapat memasukkan dalam tulisanmu persamaan kata yang merujuk pada judul menggunakan kata yang lebih beragam misalnya contoh di atas.

Contoh lagi jika kalian membidik keyword “baju muslim”, jadi lebih bagus jika kalian bisa memasukkan kata-kata misalnya baju muslim, gamis, abaya ke dalam artikel kamu. sobat juga bisa memasukkan kata yang berkaitan misalnya model baju, gambar baju dan lain sebagainya.
LSI keyword di google related search
Cara mencari keyword-keyword LSI kawan bisa menggunakan Google Suggestion/Autocomplete, Google Related Search atau plugin (untuk wordpress) yang sudah support fitur ini, misalnya SEOpressor.
9. Tidak memakai Bold, Italic, Underline
Terlihat biasa namun salah satu trik ampuh yang kadang tidak tepat.
Memakai bold (tebal), italic (miring) dan underline (garis bawah) kata fungsinya untuk mempermudah search engine memasukkan kata-kata yang penting di tulisan kamu.
Tapi yang terjadi, penulis yang memakainya dengan tidak wajar dan mengaplikasikannya cuma pada kata yang diinginkan saja.
Memang bisa sedikit mempermudah dari sisi penguatan keyword, tapi untuk sisi user experience, membingungkan. Tulisan memakai Bold, Italic dan Underline yang berlebihan bisa membuat visitor sakit mata dan langsung pergi karena artikel yang dibaca membingungkan.
Sisipkan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja.
Kalaupun untuk memperkuat keyword, pakailah bold sekali saja. Kalau italic seringnya digunakan untuk kata tidak baku, sedangkan underline untuk istilah atau catatan yang penting. kawan bisa mengimprovisasi pemakaian fitur ini dengan tetap memperhatikan sisi user experience.
10. Gunakan Elemen h1, h2 & h3
Komponen heading h1, h2 & h3 digunakan untuk membuat elemen-elemen terpenting pada suatu konten.
Khusus wordpress atau template default blogspot komponen h1 biasanya dipakai untuk Judul artikel, H2 untuk kalimat penting dalam postingan dan h3 digunakan untuk menjelaskan inti bahasan artikel h2.
Perhatikan misal berikut ini
<h1>Cara Membuat Bakso </h1>
Setelah itu bisa diselingi dengan kata pengantar dan lain sebagainya. Kemudian diikuti dengan tag h2 misalnya berikut ini.
<h2> Bahan membuat Bakso</h2>
<h3> Tips memilih bahan membuat Bakso</h3>
<h2> Cara Membuat Bakso </h2>
<h3> Tips Membuat Bakso lebih kenyal</h3>
note: Penggunaan h2, h3 bisa lebih dari 1x dalam satu halaman tulisan. Tapi pemakaian h1 sebaiknya hanya 1x saja sebab h1 merupakan ide utama suatu konten.
11. Pakailah URL singkat dan Gunakan Keyword Target
Memang berbeda dengan Judul artikel, permalink yang seo friendly bukan yang kaya variasi keyword, namun yang mudah dideteksi oleh search engine seperti yang dijadikan topik utama artikel itu.
Misal :
Judul : Cara Keren menulis artikel SEO friendly
Permalink asli : /cara-unik-menulis-artikel-seo-friendly-yang-belum-anda-tahu.html
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-menulis-artikel-seo-friendly.html
Judul : Cara Membuat Bakso Goreng yang Enak di rumah sendiri
Permalink asli : /cara-membuat-bakso-goreng-yang-enak-di-rumah-sendiri
Permalink yang bagus untuk SEO : /cara-membuat-bakso-goreng-lezat
Banyak yang salah melakukannya. Memakai url panjang-panjang dengan harapan lebih banyak keyword yang masuk.
Memang url panjang, bisa mendapat lebih beragam keyword yang dibidik, namun keyword utama akan sulit masuk pencarian.
Matt Cutts engineer Google berpendapat juga menyarankan untuk memakai tidak lebih dari 3 – 5 kata di permalink.
Umumnya, permalink termasuk dengan link domain disarankan kurang dari 90 karakter.
12. Membuat Meta Deskripsi
Menggunakan keyword utama pada kalimat pertama agar lebih gampang ditemukan google biasanya membuat postingan kurang seni.
Agar tidak menggangu, sobat bisa memasukkan keyword kalian pada meta deskripsi kalau pemakai wp sering menggunakan plugin Platinum SEO Pack. Meta deskripsi akan berubah menjadi snippet di search engine.
Penempatan keyword pada meta deskripsi, anda dapat lebih bebas dan luwes dalam membuat artikel untuk user {khusunya|terutama] pada kalimat awal.

Perlu digarisbawahi bahwa meski meta deskripsi ini hanya dilihat pencarian ketika mengunjungi situs kawan, meta deskripsi ini juga dilihat user ketika googling pada search engine, jadi pilih kalimat yang ada di meta deskripsi ini menjelaskan judul artikel dan memancing rasa penasaran, bukan hanya menjadi keyword-keyword dan LSI nya.
Google membatasi penggunaan meta deskripsi tidak lebih 160 kata, jadi buatlah sebaik mungkin meta deskripsi kawan dalam ketentuan jumlah karakter ini {supaya tidak terpotong di pencarian|karena kalau lebih dari maka deskripsi kawan akan dipotong.
Tips:
Untuk mengundang klik dan memperbesar CTR di SERP, kamu dapat membuat meta deskripsi yang membuat orang penasaran.
Misalnya dengan tanda titik-titik dibelakang deskripsi supaya calon pembaca menjadi tertarik untuk membuka dan membaca tulisan kita.
13. Memberi Attribut Alt pada Gambar
Google tidak dapat mengidentifikasi dengan baik file gambar , jadi penggunakan attribut alt diperlukan untuk menggambarkan isi file image pada robot yang bekerja indeking pada halaman itu.
Perlu digarisbawahi disini, yang diindex oleh Google yaitu attribut alt, bukan title ataupun nama file image.
Biasanya, attribut alt digunakan untuk menyisipkan dengan keyword utama.
Tips:
Kalau kalian menggunakan gambar dari Google, sebaiknya mengganti judul file biasanya berekstensi .jpg, .png atau .jpeg bertujuan agar file gambar sobat tidak sama dengan gambar yang anda unduh itu. Kalau bisa, sobat juga dapat memberi nama baru meta-data dan melakukan sedikit cropping gambar supaya file image tersebut seperti “baru dan unik” pada robot Google.
Tips 2:
Resolusi dan ukuran gambar yang lebih jernih biasanya mempunyai kualitas yang lebih memuaskan mesin pencari. Usahakan gunakan minimal ukuran 400px x 600px. Sebaiknya kompresi file kalau terasa memberatkan loading web ketika dibuka.
14. Pengunaan Ilustrasi ke dalam konten misalnya Images, Video atau yang sejenis
Semakin kaya informasi yang kalian isi, semakin besar peluang Google mengindek tulisan kamu menjadikannya tulisan yang berkarakter.
Penjelasan dari Quicksprout.com, tulisan diisi gambar yang coock dibaca 94% lebih {lama|banyak|menarik| dibanding konten tanpa gambar yang relevan.
Selain itu, menegaskan dari Neomam.com, perbandingan antara kecepatan membaca artikel visual dibanding tulisan adalah layaknya sepersepuluh detik dengan satu menit.
15. Pakailah Ragam Keyword
Langkah terakhir artikel cara menulis artikel SEO friendly yaitu inovasi keyword. Gambarannya pemakaian keyword utama secara sepenggal-sepenggal pada satu artikel.
Variasi Keyword ini membuat artikel kamu menjadi lebih enak dibaca dan tidak membingungkan. Bandingkan dengan penulisan yang membuat keyword berulang ulang.
16. Pakailah alat pembuat artikel yang canggih
Membuat konten adalah sesuatu yang menjadikan penulis konten merasa kesulitan, tetapi dengan adanya alat yang keren ini sobat dapat menciptakan ribuan artikel bukan copas dan siap bersaing menempati pejwan. Misalnya pada tulisan yang kita buat ini, kita melansir tulisan rohadirigh.com lalu saya rubah menjadi unik menggunakan tool canggih ini.
Namun untuk membelinya sobat harus memiliki lisensi untuk satu tahun. Tetapi hal ini akan terbayarkan saat sobat menciptakan artikel dengan sekali tekan dapat tembus 4000 konten unik. Kerennya sudah otomatis terjadwal pada satu waktu itu.
Menggunakan plugin yang bisa diinstal di wordpres kemudian bisa di pindah ke blogspot seperti yang saya buat pada artikel ini. Jika sobat berkeinginan silahkan masuk pada website resminya mendaftar sebagai member terlebih dahulu. Sebab dengan menjadi sebagai anggota saja sudah banyak trik jarang ditemukan di google yang dibimbing. Misalnya cara "Page one tanpa artikel" dsb. Silahkan join.
Join Menjadi member (gratis)

Beli Tool (refferal saya)

Kesimpulan
Membuat artikel tulisan yang SEO friendly guna mencari visitor itu wajar, karena dapat meningkatkan trafik pengunjung ke blog kawan. Namun jangan memakai trik optimasi on-page artikel kawan hanya agar mantap di SEO.
Sekarang ini algoritma mesin pencari telah semakin modern, ditambah mesin pencari Google dengan bermacam macam hewan peliharaannya seperti dari Panda, Penguin bahkan Hummingbird.
Tulislah postingan yang menambahkan value (berguna), mempertimbangkan user experience dan diimbangi dengan elemen-elemen on-page SEO misalnya yang sudah disebutkan di atas, ditambah dengan polesan backlink guna optimasi off-page, biasanya tulisan kamu dapat merajai page one.
0 Response to "9 Tips Menulis Artikel SEO Friendly, Penulis Wajib tahu"
Catat Ulasan